Jumat, 20 Maret 2020 - 08:02:32 WIB
Pemkab Ciamis Sosialisasi Covid-19 di Lingkup DisdikKategori: Jawa Barat - Dibaca: 37 kali

Baca Juga:Pemilik Sabu Divonis 2 Tahun PenjaraAKP H Dedi Budiana SH MH: Tingkatkan Pola Pikir Anggota Ciptakan Polisi Profesional dan ModernDiduga Banyak Proyek Fiktif dan Kongkalikong, Kadis PURT Pangkep Takut Buka Mulut3 Orang Mengaku Wartawan Tilep Uang 2,5 juta

Ciamis, Jaya Pos

Gubernur Jawa Barat H Ridwan Kamil menetapkan pada tanggal 3 Maret 2020, bahwa Jawa Barat Siaga Satu Covid-19 (Corona Virus Disease-19).
Menanggapi hal tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Bidang P2P mensosialisasikan Covid-19 yang diikuti seluruh Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan se-Kabupaten Ciamis, Selasa (10/03), bertempat di Gedung Islamic Centre.

Bupati Ciamis H Herdiat Sunarya menghimbau masyarakat terkait adanya virus Corona dimana Jawa Barat dinyatakan Siaga Satu, agar tidak Panik Buying dengan menimbun persediaan makanan secara berlebihan. “Sebagai bentuk pencegahan dini, biasakanlah dengan pola hidup sehat dan bersih termasuk olah raga yang teratur, juga pola makan yang baik,” pesannya.

Virus Corona Disease-19 berasal dari Wuhan China yang kini sudah menyebar sampai ke-73 negara dengan jumlah 105.837 orang terdampak.
Pemkab Ciamis menyikapi, dalam melakukan pencegahan dengan cara memberikan sosialisasi kepada masyarakat. Menurutnya, Pemkab sebelumnya sudah memperingatkan dengan program gerakan Jumat Bersih (Jumsih), sebagai bentuk upaya perilaku untuk pencegahan dini. “Tidak usah panik, ketakutan yang berlebihan, kita harus banyak berdo’a, Insya Allah masyarakat akan dijauhkan dari virus Corona, bila perlu kita laksanakan istighosah,” sebutnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis H Tatang menambahkan, sosialisasi Covid-19 di lingkup Disdik dilaksanakan atas dasar pernyataan Gubernur Jabar melalui Bupati menetapkan status Siaga Satu pada tanggal 3 Maret 2020. Pelaksanaan ini merupakan instruksi Bupati tentang peningkatan kewaspadaan juga antisipasi Covid-19 di Kabupaten Cia­mis yang diterbitkan pada tanggal 4 Maret 2020.

H Tatang berharap, seluruh peserta yang hadir dalam kegiatan ini dapat mewaspadai dan mengantisipasi Covid-19 sebagaimana instruksi Bupati.
Kepala Bidang P2P Dinkes Kabupaten Ciamis dr H Bayu Yudiawan, menjelaskan, definisi operasional guna penatalaksana kasus corona, kata kuncinya untuk definisi penatalaksanaan kasus ada dua. Indikator pertama mereka bepergian tidak ke daerah yang beresiko atau terjangkit, atau kontak erat tidak dengan orang yang beresiko kasus. Indikator ke dua, dia sakit atau tidak, misalkan dia sakit terutama sakit batuk dan influenza apalagi dengan tanda tenemoniakan tetapi dia tidak bepergian, itu tidak masuk kriteria virus Corona, aman-aman saja.

“Yang menjadi indikator pertama apakah dia bepergian ke daerah yang terjangkit virus Corona lalu kontak tidak dengan yang terindikasi virus Corona, akan tetapi dia tidak menunjukan sakit itu juga termasuk ke ODP (Orang Dalam Pemantauan). Misalkan dia terjangkit akan tetapi dia tidak sakit, itu ODP, dipersilahkan untuk di rumah dan batasi aktivitas,” ujarnya.(Mamay)


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerWalikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (72294)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (61055)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (52810)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (20590)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (16393)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (15662)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (15311)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (15005)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (14831)Sanksi Tegas Menanti PNS yang Nambah Libur (11333)
Bedah JayaposKasus Suap, JPU Ketapang Tuntut Mantan Politikus PDI-P 1,5 Tahun PenjaraKetapang, Jaya Pos Perjalanan kasus suap dan gratifikasi yang menyeret mantan Ketua DPRD Ketapang, ...


KPU Pandeglang DidemoDinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman, Ciptakarya dan Penataan Ruang Kota Surabaya DipolisikanTambang Mas Liar Menjamur Lagi Di BengkayangKejati Kalteng Diminta Usut Dugaan Korupsi Proyek Penggantian Jembatan di KapuasSoal Hibah Gubernur 7 M Untung Bisa Dijerat TPPUKetua Kelompok Budi Karya Leniyanti Diduga Palsukan Data AnggotaBuntut Dugaan Penyelewengan Anggaran Pada Humas Mojokerto, Semakin Terkuak Dengan Adanya Jumpa Pers
Laporan KhususDesa Klambir Lima Kebon Adakan Pemilihan BPDHamparan Perak, Jaya Pos Desa Klambir Lima Kebun Kecamatan Hamparan Perak Deli Serdang mengadakan pemilihan ...


BumNag Sumpur Kudus Maju Dengan Segudang PrestasiDPRD Sampaikan Laporan Pansus Atas LKPJ Bupati Muba TA 2019Membangun Masa Depan Kabupaten Bogor Dengan PancakarsaFachrori Launching Calendar of Event Upaya Promosikan Wisata JambiDPRD Muba Serahkan Rekomendasi Terhadap LKPJ Bupati TA 2019Menpan RB Tjahjo Kumolo: MPP Pekanbaru Terbaik di IndonesiaSahirah Dzakyyah Memilih Ponpes Darul Ulum Untuk Pendidikannya