Senin, 19 November 2012 - 07:13:40 WIB
Polres Simalungun Diduga Tangkap Lepas Pemilik Ladang GanjaKategori: Sumatera Utara - Dibaca: 13 kali

Baca Juga:Penyebab Kebakaran Rumah Bripka Robi Asabi Masih Belum TerungkapProgram Bedah Kampung Menjadi Solusi Pemerintah Atasi KemiskinanPetugas Dishub Labuhanbatu Tertibkan Bus Masuk TerminalPemkab Bogor Diminta Segera Memperbaiki Jembatan Suka Tani

Simalungun, Jaya Pos

Nando Hutagalung, tersangka kurir ganja lainnya yang dihadirkan pada persidangan sebagai saksi saat persidangan tersangka Radiansosn Girsang mengatakan,  bahwasa pemilik ladang ganja Bertyn S alias pak Koco sempat ditangkap dan diborgol oleh pihak kepolisian dan melihat salah seorang anggota polisi sempat melakukan komunukasi dengan istri Bertyn S (pemilik ladang/red).

Bahkan, Nando Hutagalung sangat yakin bahwasa pemilik ladang ganja Bertyn S dilepas oleh polisi. “Karena begitu polisi selesai komunikasi dengan istrinya, kami tidak melihat Bertyn lagi,” ungkapnya di persidangan yang diketuai Majelis Hakim Monalisa Siagian SH, dan dua hakim anggota, Siti Hajar SH dan R Sitorus SH. Pernyataan Nando Hutagalung juga diamini oleh tersangka Radianson Girsang.

Sementara itu, Kapolres Simalungun, AKBP Agus Fajar SIK ketika dikonfirmasi melalui Kasat Narkoba AKP Masco Sembiring SH membantah telah melepaskan pemilik ladang ganja tersebut. “Bertyn melarikan diri saat anggota kita lengah, dia melarikan diri melalui jurang di belakang perkampungan dengan tangan diborgol,” ujarnya.

Karena anggotanya tidak mengetahui medan lokasinya mempermudah tersangka melarikan diri lebih jauh. “Namun sampai saat ini kita sudah kerahkan anggota untuk mencari pemilik ladang ganja tersebut,” katanya.

Sekedar diketahui bahwa ladang ganja seluas setengah hektar ditemukan di Desa Sibuntuhon, Kecematan Dolok Pardamean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Untuk mengelabui petugas, pemilik ladang menanam ganja tersebut di antara tanaman jagung dan kopi.

Penemuan ni merupakan hasil penyelidikan terhadap dua tersangka kasus narkoba NH dan RG yang ditangkap terpisah. “Polisi awalnya menangkap NH. Dia mengaku mendapat barang haram itu dari seorang kurir bernama RG yang kemudian memberi keterangan soal ladang ganja itu.

Berdasarkan keterangan tersangka, pengolahan ganja yang sudah dipanen dilakukan di sebuah gubuk tak jauh dari ladang. Pemilik menjual barang haram tersebut seharga Rp1,2 juta per kilogramnya. Pemilik mengamas dalam paket besar dan kecil.

Selain tersangka RG, polisi juga menangkap LS. Keduanya ditengarai sebagai kurir dari bisnis tersebut. Sayangnya, pemilik ladang ganja tersebut berhasil kabur.

Dari lokasi penemuan, petugas Polres Simalungun menyita ribuan batang tanaman ganja setinggi dua meter yang siap panen, timbangan dan alat penekan (pres) daun ganja. Seluruh barang bukti kemudian dibawa ke Mapolres Simalungun untuk penyelidikan lebih lanjut. Para tersangka dijerat Undang-Undang Narkotika dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara.Hrp


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerDinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (4662)Proyek KA di Sulsel Membawa Petaka, Danyon Zipur Jadi Tersangka (2990)Komentari Kasus e-KTP, Andar: Abraham Samad Itu 'Omdo' (1659)Pandangan Umum Fraksi PDIP, PAN, dan RNB Terhadap Nota Keuangan dan Raperda APBD Kota Depok TA 2018 (1085)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (605)Sutadi SH dan Oknum Polres Ketapang Diduga Bobol Rumah Walet Milik Akim (515)PT Jembatan Nusantara Melakukan Pembohongan Terhadap Pelamar Pekerjaan (464)Proyek Jalan Siduk-Ketapang Rp 27 M Diduga Bermasalah (336)Diabetes, Ancaman Yang Harus Diwaspadai (295)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (288)
Bedah JayaposAPBDes Katimoho Terindikasi DikorupsiGresik, Jaya Pos APBDes Desa Katimoho Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik Jawa Timur jadi sorotan. Pasalnya ...


Bendungan Karalloe Senilai 518 M Tidak Selesai PPK dan Kontraktor Enggan KomentarTangani Sengketa Tanah Damang Tewah Turun LapanganPT EBB Supply Puluhan Ribu Ton Solar Perhari ke Penambang di Sei KahayanRehab Sekolah Di Pandeglang Diduga Rawan PenyimpanganBPN Maros Akan Panggil Pemilik Sertifikat Ganda Pada Lahan Proyek Mamminasata Pekerjaan Jalan Pasirkadu-Perdana Dikeluhkan WargaPT. MAJI Diduga Serobot Lahan Kelompok Tani Karya Mandiri
Laporan KhususDinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Depok Gelar Workshop B2SADepok, Jaya Pos Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Depok mengelar acara Workshop penyusunan ...


Memperkenalkan Lebih Dini Budaya Batak Pada Anak-Anak Melalui Natal STM SarohaWaiting List Keberangkatan Jamaah Haji Kabupaten Ciamis Sudah Mencapai 2030Menggali Monumen Quo Lijn, Tim Pusat Sejarah Kepolisian Melakukan PenelitianSiapkan Aparatur Transportasi Handal, Padang Panjang Teken MoU dengan STTDPemkab Mukomuko Memperingati Maulid Nabi Mudammad SAW 1439 H/2017 MImbau Pemkab/Pemkot Ingatkan Masyarakat Lakukan Pencegahan KebakaranPengembangan Pemasaran Melalui Online