Senin, 03 Desember 2012 - 08:55:43 WIB
Polairud Ketapang Amankan Puluhan Karung Zircon IllegalKategori: Kalimantan Barat - Dibaca: 346 kali

Baca Juga:Plat Nomor Travel di Pekanbaru Wajib Warna KuningKejahatan di Jakarta Masih MerajalelaPutusan PN Jakarta Pusat DibatalkanMembongkar Praktik Monopoli dan Persekongkolan Tender (6)

Ketapang, Jaya Pos

Jajaran Polres Ketapang, Kalimantan Barat melalui Satuan Polisi Airud,  pada minggu (25/11) sekitar pukul 22.30 wib lalu berhasil mengamankan satu unit motor air yang sedang bermuatan puluhan karung berisi hasil tambang illegal dengan jenis zircon, namun sangat disayangkan  pemilik barang tersebut berhasil kabur, kini satu unit motor air dan puluhan karung zircon illegal tersebut disita oleh Polres Ketapang untuk dijadikan barang bukti.

Aktifitas illegal tersebut diketahui sekitar Jam 21.30 oleh nara sumber Jaya Pos berinisial DS pada pukul 21.00 wib. Mendapatkan informasi tersebut, DS menghubungi petugas Polairud Ketapang,  kemudian bersama petugas Polairud Ketapang, DS ke Tempat Kejadian Perkara (TKP), setelah sampai di TKP ternya benar ditemukan adanya satu unit motor air yang berisikan puluhan karung hasil tambang illegal yang semula informasinya adalah timah hitam. “Informasinya motor air itu bermuatan 10 ton timah hitam dan akan dibawa ke Malaysia” uangkap DS kepada Jaya Pos.

Sementara  hasil konfirmasi Jaya Pos kepada pihak Satpol Airud Ketapang, pada (28/11). Kasatpol Airud AKP Mulgianto menjelaskan bahwa motor air tersebut bermuatan  sekitar 90 karung yang berisi zircon berwarna hitam. Kapolres Ketapang AKBP I Wayan Sugiri ketika dikonfirmasi via pesan singkat tentang permasalahan tersebut, tidak memberikan keterangan sama sekali. Begitu pula Kasat Reskrim Polres Ketapang AKP Andi Oddang, ketika dikonfirmasi perihal tersebut tidak memberikan keterangan.

Zirkon atau yang juga sering ditulis dengan Zircon atau Pasir Zircon adalah  mineral yang menurut Peraturan Pemerintah No. 23 Tahun 2010 digolongkan kedalam mineral non logam, tetapi unsur Zr (Zirconium) dikelompokkan kedalam golongan mineral logam.

Apabila mineral ini diolah secara kimiawi menjadi ZrO2 + SiO2 maka ZrO2 yang diperoleh disebut Zirconia, menurut Peraturan Pemerintah Zirconia berubah menjadi  mineral Logam karena unsur Zr nya menjadi lebih tinggi.  Warna pasir zircon dapat bermacam-macam dapat putih bening hingga kuning, kehijauan, coklat kemerahan, kuning kecoklatan dan gelap.

Warna - warna zircon tersebut dipengaruhi oleh unsur-unsur yang dikandungnya seperti besi, mangaan, kalsium, sodium dan lain - lain. Sistem kristalnya  monoklin, prismatik, dipiramida dan ditetragonal dengan kilap lilin sampai logam, belahan sempurna sampai tidak beraturan. Kekerasan pasir zircon berdasarkan skala mohs berkisar antara 6,5 - 7,5, berat jenis berkisar antara 4,6 - 5,8 dan titik leburnya 2.500° C.

Kegunaan zircon, zirconia dan zirconium antara lain untuk selongsong reakator nuklir, sebagai bahan pelapis keramik mutu tinggi, refractory, catalysis, komponen electronic, permata dan lain - lain. Pasir zircon di Kalimantan Barat banyak dijumpai di Kabupaten Ketapang, namun di Kabupaten Ketapang exploitasi zircon masih banyak dilakukan secara illegal, Masyarakat berharap Jajaran Polres Ketapang lebih inten dan tidak setengah hati dalam memberantas tambang illegal  yang jelas – jelas dapat merugikan negara tersebut. Hardi


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59700)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (52465)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51552)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (15040)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14310)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14133)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13851)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13359)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (12415)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9332)
Bedah JayaposEksekusi bergaya premanisme, Hendra Laporkan ACC Finance ke BPSK Bukittinggi Bukittinggi, Jaya Pos Karena merasa dirugikan, Hendra Sutoto (39) melaporkan peristiwa yang dialaminya 3 ...


Kasus Tanah Kas Desa RancaudikTerkait Izin Tambang Pasir Laut Galesong, Diduga Antara Pengusaha dan Oknum di Dinas ESDM Ada KonspiBobroknya Pengerjaan Jalan di Kabupaten Dharmasraya, Hitungan Bulan Sudah RetakPenangkapan Kasus Narkoba Oleh Polres Pangkep Diduga Tidak Prosedural Dan RekayasaPembangunan Wisma Haji Lanjutan DipertanyakanPembangunan Gedung Produksi Kabupaten Dharmasraya Diduga Tidak Sesuai RABDenpom Pekanbaru Menertibkan Perjudian di Tapung
Laporan KhususPemdes Sukaramai Jalin Kerjasama Dengan Praktisi Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat Tentang PerikaKampar, Jaya Pos Pemerintahan Desa (Pemdes) Sukaramai menjalin kerjasama dengan pegiat/praktisi pelatihan ...


Ketua PWI OKU Tutup Acara Penyuluhan Bahasa Indonesia dan Melantik PWI PeduliPolsek Jatisari Adakan Sosialisasi Di PKBM Tunas Baru DPRD Muba Setujui Perubahan R-APBD TA 2019DPRD Minta Pemkab Muba Fokus Tingkatkan PADEka Kartika Lantik Anggota DPRD Provinsi Kepri45 Anggota DPRD Muba Periode 2019-2024 Resmi Dilantik50 Anggota DPRD Subang Periode 2019-2024 Dilantik