Selasa, 04 Desember 2012 - 07:14:16 WIB
Tunggakan Pelanggan PLN Ranting Balai Selasa Capai Rp 2 MKategori: Sumatera Barat - Dibaca: 227 kali

Baca Juga:Humas PN Medan Kasus Korupsi Makin Meningkat di SumutAkibat Dana Bantuan Untuk Desa Terlambat, Para Kades di Bandung Barat Kecewa Kepada BupatiHari Guru dan Peresmian Absensi Flash di SMAN 5 MedanPemerintah Harus Perhatikan Nasib 3.066 Warga Gusuran

Pessel, Jaya Pos

Perusahaan listrik Negara (PLN) Ranting Balai Selasa Kabupaten Pesisir Selatan mengalami tunggakan yang signifikan mencapai 2 milyar rupiah. Di tengah krisis ekonomi yang melanda masyarakat, PLN Ranting Balai Selasa tetap memberikan pelayanan terha­dap masyarakat berupa program listrik desa, dengan mengupayakan agar masyarakat pedesaan menikmati arus listrik.

Tingginya tunggakan pelanggan PLN serta besarnya cost pembiayaan membuat PLN terus mengalami kerugian dari segi pembiayaan, seperti yang dialami PLN Ranting Balai Selasa.

Tingginya tunggakan pelanggan serta besarnya cost pembiayaan, PLN harus lakukan pembenahan dan koreksi dimana celah atau pentilasi pemborosan yang telah terjadi, agar PLN kedepan tetap berkesinambungan serta eksis dalam memberikan kontribusi yang sangat besar serta penting bagi masyarakat.

Sesuai motto yang telah disosialisasikan PLN kepada masyarakat: “Yang Penting Matikan Yang Tidak Penting”, itu langkah penghematan yang sangat mudah diterapkan oleh masyarakat terutama pengguna arus listrik, agar masyarakat pengguna arus listrik bisa berhemat dalam pemakaian arus listrik.

“Untuk mengantipasi pemasangan liar yang dilakukan oleh oknum biro yang tidak bertanggung jawab, petugas PLN jangan tutup mata, atau melakukan kongkalikong dengan oknum biro instalatir nakal yang tidak bertanggung jawab serta dapat merugikan keuangan negara,” ungkap Ujang Prbl, salah satu tokoh masyarakat kepada Jaya Pos, baru baru ini.

Zaidir, Manager PLN ranting Balai Selasa yang ditemui di ruang kerjanya menjelaskan, tunggakan pelanggan PLN ranting Balai Selasa mencapai angka 2 milyar, meliputi beberapa wilayah kerja mulai dari Kecamatan Lengayang sampai Kecamatan Lunang Silaut.

Beban tunggakan pelanggan yang dihadapi PLN Ranting Balai Selasa tak terlepas dari kesadaran masyarakat pengguna arus listrik. Untuk membayar kewajibannya, sebagai pelanggan arus listrik, lebih lanjut zaidir menjelaskan untuk kebutuhan minyak PLN Ranting Balai Selasa mencapai 72 ribu liter perhari, dengan pemakaian minyak non subsidi. “Belum lagi adanya instalatir nakal yang tidak terdeteksi oleh petugas lapangan, maraknya instlatir nakal tingginya daya dan besarnya biaya yang ditanggung oleh PLN,” ungkap Zaidir.

Untuk mengatasi tingginya tunggakan, pelanggan PLN ranting Balai Selasa mengadakan operasi penertiban yang dibantu oleh tim panitia khusus (pansus) PLN Cabang Padang yang dijadwalkan operasi kerja selama 4 hari. Tim yang dikomandoi oleh Kordinator Lapangan Asri Hasan selaku Sepervisor Opdis Optimis.

“Penurunan tunggakan palanggan mengalami penurunan yang sangat segnifikan operasi yang berjalan 2 hari mengalami penurunan sebesar 400 juta, itu berkat kerja sama tim dengan pihak yang terkait mulai dari unsur muspika kecamatan serta perangkat desa/wali nagari juga melibatkan tokoh masyarakat,” ungkap Asri Hasan.

Lebih lanjut Asri Hasan menjelaskan, berdasarkan kerja tim yang rapi melakukan pola pendekatan secara persuasif kepada pelanggan tunggakan PLN, secara otomatis akan mengalami penurunan yang sangat segnifikan. “Mudah-mudahan masyarakat terutama pemakai arus listrik menimbulkan kesadaran untuk membayar kewajibannya sebagai pengguna arus listrik,” tambahnya.M Ali Nurdin/Budi Astria


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59646)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51494)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (49387)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14977)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14258)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14075)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13805)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13301)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (11855)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9274)
Bedah JayaposPunya Beking di Kejagung, Pejabat Masih "Kutip" KontraktorSumber, Jaya Pos Seakan tak pernah jera, sejumlah instansi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Cirebon diduga ...


Pengelolaan DAK 64 Miliar, Disdik Ketapang Diduga Berkubang di Pusaran KKNTender Dibatalkan, Ada Tekanan Dahsyat ?Proyek Talud Pengaman Pantai Pering Diduga Tidak Sesuai SpekAPBDes Pademonegoro Diduga Masuk Kantong KadesRealisasi APBDes Sidokepung Kecamatan Buduran Tidak TransparanLahan Pertanian Milik Pemprov Jatim Disewakan di Kecamatan Tutur, Uangnya Kemana ?Kasus Suap Mega Proyek Meikarta, Sekda Pemprov Jabar Jadi Tersangka Baru
Laporan KhususAmryatul Anam dan Melan Puspitasari Terpillih Menjadi Pradana Ambalan Pandu-KunthiJawa Tengah, Jaya Pos Amryatul Anam dan Melan Puspitasari terpilih menjadi Pradana Ambalan Pandu-Kunthi pada ...


Sekang Dewek Nggo Dewek Volly Pantai, Staf Teritorial JuaraBupati Tasikmalaya: Teruslah Berkreasi, Berkarya Dalam Gerakan PramukaRaperda Perubahan APBD 2019 Disahkan20 Anggota DPRD Kota Padang Panjang Dilantik dan DisumpahIlyas Panji Alam Sholat Idul Adha di Masjid An-NurPUBLIKASI KINERJA DINAS LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN BOGOR TAHUN 2019Bertemu di IPDN, Bupati Bantaeng Bincang Akrab dengan Wapres