Minggu, 23 Desember 2012 - 14:55:06 WIB
31 Orang Lulusan Akademi Kebidanan Pemkab Karo DiwisudaKategori: Sumatera Utara - Dibaca: 2010 kali

Baca Juga:Sempena HUT Bakorkamla, RCC Natuna Bagikan Life Jaket Ke Nelayan NatunaPolres Kab Kediri Gelar Pasukan Operasi Lilin SemeruCamat Akan Lapor ke PolisiPDAM Masih Minta Bantu Anggaran ke Pemkab

Tanah Karo,Jaya Pos

Sebanyak 31 orang  ahli madya kebidanan lulusan Akademi Kebidanan (Akbid) Pemkab Karo angkatan ketiga program khusus tahun 2009  diwisuda di Hotel Sinabung Berastagi Karo.

Sidang wisuda dimulai dengan pembukaan oleh Direktur Akbid Pemkab Karo Siang Br. Tarigan SPd,S.Kep. M. Kes dengan mengumandangkan  lagu Indonesia Raya oleh Paduan Suara Akbid Pemkab Karo.

Dalam laporan pendidikan ,Direktur Akbid Pemkab Karo menyampaikan, bahwa pada awalnya ada 39 orang peserta {mahasiswa) Akbid Pemkab Karo  Program Khusus angkatan 2009. Namun dalam perjalanan waktu, 8 orang mengundurkan diri dengan berbagai alasan.

Beliau juga menyampaikan, bahwa Akbid Pemkab Karo yang diasuh oleh 35 orang dosen dan 15 diantaranya sudah bergelar s2,telah  berusaha dengan sedaya mampu untuk menempa mahasiswa, khususnya program khusus,dengan menanamkan ilmu pengetahuan dan teknologi dan ketrampilan, ksususnya ketrampilan profesional sesuai bidang masing masing dengan harapan agar nantinya melalui tangan trampil para mahasiswa(wisudawati) kesehatan masyarakat dimana mereka mengabdi dapat semakin terjaga dan meningkat, terutama kesehatan ibu dan anak, dan ini sesuai dengan visi misi Pemkab Karo bidang kesehatan yang dapat diterjemahkan oleh Akbid Pemkab Karo.

Ditambahkannya juga, bahwa dalam proses pendidikan dan pengajaran di Akbid Pemkab Karo, mereka menjalin kerjasama dengan Politekkes Medan, Dinas Kesehatan Karo,RSU Kabanjahe, RSU Adam Malik Meda dan lain lain.

Secara khusus Direktur Akbid mengharapkan agar Pemkab Karo semakin memberikan perhatian kepada Akbid Pemkab Karo termasuk dengan suntikan dana untuk semakin dapat melengkapi fasilitas yang diperlukan dalam proses belajar mengajar sehingga lulusan Akbid semakin berkualitas kedepan terutama ketrampilan profesional.

Beliau juga mengharapkan agar SKB tiga menteri dan SK Mendiknas 354/E/O/2012 tertanggal 10 Oktober 2012 akan ada pengalihan pendidikan dari Kemenkes kepada Kemendiknas, maka program khusus tetap dibuka, dan juga agar instansi terkait dapat memberikan dukungan.

Acara kemudian dilanjutkan dengan mewisuda lulusan berupa  penyerahan ijajah secara simbolis oleh Direktur Akbid Pemkab Karo ,diikuti pemindahan jambul oleh  Pembantu Direktur  I Nortawati Br. Lahi M. Kes, penyerahan selempang oleh Pembantu Direktur II Riahna Br, Tarigan SPd, dan penyerahan plakat alumni oleh Pembantu Direktur III Julietta Girsang SKM.
 

Setelah diselingi  persembahan lagu oleh paduan suara Akbid, acara dilanjutkan dengan Pelantikan yang dilakukan oleh Kepala Dinas Kesehatan Tk. I Propinsi Sumatera Utara diwakili oleh Kabidtekes Drg Jauhari Mars setelah didahului pengucapan sumpah dan janji oleh para wisudawati, kemudian dilakukan penyerahan para wisudawati oleh Direktur Akbid kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Karo mewakili 4 Kabupaten asal (tempat bekerja para wisudawati yaitu Kabupaten Karo, Kabupaten Tobasa, Kabupaten Dairi dan Kabupaten Simalungun)    dan diterima oleh KTU Dinkes Kab. Karo Nikodemus Ginting SKM.

Dalam kata sambutannya,Kadinkes TK I Sumatera Utara yang diwakili Kabidtekes Drg Jauhari Mars, mengatakan bahwa Dinkes TK I Sumut , termasuk Akbid Pemkab Karo  bertugas untuk membangun kesehatan dan kesadaran sehat  masyarakat sacara fisk, mental, sosial budaya dan ekonomi.

Sambil diselingi guyonan segar, beliau juga mengatakan bahwa secara ratio, tenaga Bidan di Sumut sudah memadai (di Sumut ada 12.078 orang ) namun ada sedikit permasalahan yaitu penyebaran yang kurang merata, karena  tenaga bidan lebih banyak terkonsentrasi di kota dan pinggiran kota.  Diharapkan oleh beliau juga agar kompetensi lulusan kian ditingkatkan.

Sementara itu Bupati Karo yang diwakili oleh Asisten II Drs Simon Sembiring   mengharapkan agar sesuai dengan visi misi pembangunan Karo khususnya di bidang kesehatan,para wisudawati nantinya semakin berdedikasi dan trampil dalam tugas tugasnya.

Diakuinya bahwa bantuan Pemkab Karo secara finansial masih sangat terbatas, dan berharap bahwa tahun tahun mendatang bisa semakin meningkat sesuai kemampuan Pemkab.

Dalam acara wisuda tersebut juga dibacakan 3 orang lulusan terbaik angkatan ketiga program Khusus atas nama Moren D. Nadeak ( lulusan terbaik I, IP 3.41), Erliwati Br. Sagala (lulusan terbaik II, IP 3,38) dan Roselli Haloho ( lulusan terbaik III, IP 3,36). Selain disampaikan ucapan selamat, kepada mereka masing masing juga diberikan cindera mata.

Hadir dalam acara wisuda tersebut, selain Direktur Akbid Pemkab Karo Siang Br. Tarigan SPd, Skep. M. Kes, dan  para Pembantu Direktur juga Kepala Dinas Kesehatan TK I Sumut diwakili Drg Jauhari MARS, Kabidtekes Dinkes TK. I Sumut, Bupati Karo diwakili Asisten II Drs Simon Sembiring, Kadis Kesehatan Karo diwakili KTU Nikodemus Ginting SKM,mewakili Akper Arta dan Takasima, keluarga wisudawati dan para undangan.

Acara wisuda ditutup dengan resmi oleh Direktur Akbid Pemkab Karo disusul dengan  ramah tamah di antara para wisudawati dan keluarga serta undangan dan diakhiri dengan hiburan dan makan bersama. Asari


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerMembongkar Proyek Permai Grup (Bag 1), PT AJ Dapat Jatah Rp 35 M di Kementerian Perhubungan (120492)Komisi IX DPR RI dan Menteri Kesehatan Agar Meninjau Kembali Pembangunan Rumah Sakit Internasional (90314)Diduga Peras Pengusaha Toko Material dan Toko Emas, PPATK Diminta Audit Harta Pejabat KPP Pratama Ko (45318)SMPN 2 Pasar Kemis Butuh Ruang Kelas Baru (45049)Bayi Hasil Hubungan Gelap Dibuang di WC Sekitar Kabah ( Nestapa Pahlawan Devisa di Negeri Orang Bgn (43499)PP Amanatul Ummah Tidak Penuhi Janjinya Pada Wali Murid (42697)Tanah Milik H.Amiruddin Pase Jadi Ajang Kejahatan Koneksitas Hakim Dan Penyidik Kepolisian (36928)Perusahaan Martua Sitorus Ngemplang Pajak Rp 7,2 Triliun? (31836)Ibunda Ajeng Mamamia Dimejahijaukan (30612)Sudah Tiga Jenderal Polisi Pembawa Gerbong Terbelit Kasus (22555)
Bedah JayaposMafia Buah Sawit PT BGA Ketapang Diduga Orang Dalam PerusahaanKetapang, Jaya Pos Mafia buah sawit di PT Bumitama Gunajaya Agro (BGA) Kabupaten Ketapang, Provinsi ...


Limbah Pabrik CPO PT Alno Agro Utama Diduga Cemari Sungai KetahunPolisi Amankan Madu OplosanTerkait Dugaan Korupsi Dana BOS, Komite Minta Uang Tutup Mulut Rp 20 JutaAroma Bau Busuk, Bagi-Bagi Proyek Aspirasi DPRD Provinsi KalbarKejaksaan Tindak Lanjuti Dugaan Mark-Up Di Tubuh KONIPT BEB Buang Limbah SembarangKinerja Dinas PU Tapteng Buruk, Jalan Sibabangun Pulo Pakat dan Pulo Pakat-Siadatuon Dikerjakan As
Laporan KhususPlt Bupati Rohul H Sukiman Serahkan SK Kenaikan Pangkat Kepada 631 ASNPasir Pengaraian, Jaya Pos Sebanyak 631 Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Rokan ...


Tumenggung Adat Dayak Kabupaten Melawi DikukuhkanLegislator Minta Disperindag Lakukan Pengawasan Berkala Terkait Kelangkaan Elpiji 3 KgBupati Inhil Pimpin Upacara Hari Kesadaran NasionalDiusia 74 Tahun, Musi Rawas Darussalam Menuju SempurnaZola Ajak PMII Berantas NarkobaLakukan MAD Pertanggungjawaban TA. 2016, UPK DAPM Cahaya Jaya Mandiri Maju PesatInhil Jadi Tuan Rumah Peringatan Hari Kelapa Dunia