Kamis, 14 Februari 2013 - 07:30:46 WIB
PAUD Percontohan Dibangun di Teluk Lada-SobangKategori: Pendidikan - Dibaca: 1434 kali

Baca Juga:Bupati Indramayu Perintahkan Kuwu Kembalikan Beras ke DologDiduga Tidak Sesuai Bestek, Pengerjaan Bastem Sarana Air Bersih Sisakan MasalahWarga Kampung Beting Resmi Miliki RT/RWTerkait Kebakaran Gudang PT TLI, Dinas Kebakaran Pemda Majalengka Dituding Tak Tanggap

Pandeglang, Jaya Pos

Gedung Pendidikkan Anak Usia Dini (PAUD) saat ini tengah dibangun secara swakelola tepatnya di Kp Kubang Bale Desa Teluk Lada Kec Sobang Kab Pandeglang.

Gedung yang dibuat secara permanen tersebut rencananya akan dilengkapi beberapa sarana dan prasarana untuk bermain dan belajar bagi anak-anak  yang tentu saja disesuaikan dengan daya pikir serta perkembangan usia anak. Sehingga ketika usia anak sudah mulai memasuki tahapan belajar ke tingkat Sekolah Dasar (SD) diharapkan mampu beradaptasi setelah dibekali dasar-dasar pendidikan secara dini.

Hal itu diungkapkan Suharta, Staff UPT Disdik Kec Sobang yang membidangi Pengawasan untuk TK–SD, awal pekan lalu. Menurutnya, masyarakat sekitar layak berbangga dan bersyukur dengan berdirinya gedung PAUD meski saat kini kondisi fisiknya masih berada dalan tahapan penyelesaian. “Sebab, jika gedung PAUD ini sudah selesai dan izin operasionalnya sudah terbit kita tidak perlu repot memasukkan putra-putri kita yang akan menempuh system pembelajaran di usia dini,” katanya.

Disamping itu, lanjutnya, sudah jelas jika sudah berdiri sarana belajar dan bermain secara otomatis akan adanya perekrutan tenaga pendidik yang mampu memahami perkembangan usia dan pola pikir Anak.

Dan kalau bisa, ujarnya, hendaknya tenaga pendidik tersebut adalah orang-orang yang tidak jauh dari lokasi berdirinya PAUD itu, terutama bagi calon tenaga pendidik yang sudah mumpuni baik dari segi pendidikan yang sudah ditempuhnya maupun kesiapan mentalnya.

“Sebab kita tahu sendiri sikap dan tingkah anak yang masih berusia dibawah lima tahun. Jadi dalam hal itu kesiapan dan persiapan mental dan penanganan secara khusus merupakan modal dasar bagi calon tenaga pendidik itu sendiri,” ungkap Suharta.

H Efendi Hidayat, Kepala Desa Teluk Lada Kec Sobang mengharapkan, dengan dibangunnya gedung PAUD Terpadu Insan Cahaya Teluk Lada, masyarakat wajib mendukung dan membantu serta turut aktif berperan serta dalam program pembelajaran sebagaimana keinginan pemerintah dalam hal mencerdaskan dan pencerdasan anak-anak bangsa.

“Sehingga, jika anak-anak sudah dikenali dan mengenali perilaku-perilaku positif, dampaknya akan membawa perubahan yang signifikan. Artinya anak-anak nantinya akan mampu memilah dan memilih mana yang dianggap baik dan mana yang tidak baik,” lanjut Efendi.

Lebih dari itu, Efendi tidak lagi mengharapkan adanya regenarsi yang nantinya mengalami buta huruf dan buta aksara. “Sudah bukan jamannya lagi warga masyarakat Teluk Lada mengalami buta huruf dan buta aksara. Beranjak dari hal itu, sudah sepantasnya pembekalan ilmu sejak dini diterapkan secara terpadu. Apalagi PAUD yang berdiri di Desa Teluk Lada itu merupakan percontohan di antara PAUD lain yang ada di Kab Pandeglang,” tukasnya.

Sementara salah satu warga setempat kepada Jaya Pos merasa bersyukur atas kebijakan pembangunan gedung PAUD itu. “Kami bersyukur kalau ada PAUD di desa kami. Jika PAUD itu sudah beroperasi kami tidak perlu lagi jauh-jauh memasukkan anak kami menempuh pembelajaran di usia dini,” ujarnya menambahkan.Yan/Rus


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerMembongkar Proyek Permai Grup (Bag 1), PT AJ Dapat Jatah Rp 35 M di Kementerian Perhubungan (120826)Komisi IX DPR RI dan Menteri Kesehatan Agar Meninjau Kembali Pembangunan Rumah Sakit Internasional (90529)Bayi Hasil Hubungan Gelap Dibuang di WC Sekitar Kabah ( Nestapa Pahlawan Devisa di Negeri Orang Bgn (50810)SMPN 2 Pasar Kemis Butuh Ruang Kelas Baru (46625)Diduga Peras Pengusaha Toko Material dan Toko Emas, PPATK Diminta Audit Harta Pejabat KPP Pratama Ko (45470)PP Amanatul Ummah Tidak Penuhi Janjinya Pada Wali Murid (43778)Tanah Milik H.Amiruddin Pase Jadi Ajang Kejahatan Koneksitas Hakim Dan Penyidik Kepolisian (37104)Perusahaan Martua Sitorus Ngemplang Pajak Rp 7,2 Triliun? (32108)Ibunda Ajeng Mamamia Dimejahijaukan (30967)Sudah Tiga Jenderal Polisi Pembawa Gerbong Terbelit Kasus (23082)
Bedah JayaposMaskur Anang Diduga Korban Kriminalisasi PT WKSJambi, Jaya Pos Puluhan anggota Aliansi Demokrasi Indonesia (ADI) melakukan unjuk rasa di depan Pengadilan ...


Memalukan, Kabid DP3 Ketapang Berkelahi Dengan KontraktorKades Sungai Melayu Bangun Proyek Desa, Disinyalir Garap Hutan Lindung Bukit Belaban TujuhBiaya Pernikahan Di Subang MembengkakDiduga Gunakan Ijazah Palsu Kades Terancam DipecatPembuatan Pagar Puskesmas Pekanbaru Diduga Mark UpPenyelidikan Dugaan Korupsi Proyek TPA di Kajari Pekanbaru Diduga MandegBupati Yasti Tutup PT Conch Diduga Aktifitas Tak Mengatongi Ijin
Laporan KhususNikman Pimpin Tim 3 Safari Ramadhan Kunjungi Kecamatan Rebang TangkasWay Kanan, Jaya Pos Momen silaturahmi ramadhan para pejabat Pemerintah Kabupaten Way Kanan yang dilaksanakan ...


Kali Kedua, Kabupaten OKU Raih WTP 2017Jabar Memilik Tingkat Kerawanan Bencana Alam yang TinggiHasil RUPS Perusda Bupati Rohul Komitmen Majukan Pasar Modern Kampung PadangBupati Inhil Himbau Masyarakat Pro-Aktif Ikut Awasi Pelaksanaan Program DMIJAgam Kembali Raih Opini WTPKembali Pimpin Rohul Suparman Ajak Berlayar Seluruh Aparatur BerprestasiPT BGA Region IV Adakan Pelatihan Pengendalian dan Penanggulangan Karhutla Lanjutan