Kamis, 14 Februari 2013 - 07:30:46 WIB
PAUD Percontohan Dibangun di Teluk Lada-SobangKategori: Pendidikan - Dibaca: 129 kali

Baca Juga:Bupati Indramayu Perintahkan Kuwu Kembalikan Beras ke DologDiduga Tidak Sesuai Bestek, Pengerjaan Bastem Sarana Air Bersih Sisakan MasalahWarga Kampung Beting Resmi Miliki RT/RWTerkait Kebakaran Gudang PT TLI, Dinas Kebakaran Pemda Majalengka Dituding Tak Tanggap

Pandeglang, Jaya Pos

Gedung Pendidikkan Anak Usia Dini (PAUD) saat ini tengah dibangun secara swakelola tepatnya di Kp Kubang Bale Desa Teluk Lada Kec Sobang Kab Pandeglang.

Gedung yang dibuat secara permanen tersebut rencananya akan dilengkapi beberapa sarana dan prasarana untuk bermain dan belajar bagi anak-anak  yang tentu saja disesuaikan dengan daya pikir serta perkembangan usia anak. Sehingga ketika usia anak sudah mulai memasuki tahapan belajar ke tingkat Sekolah Dasar (SD) diharapkan mampu beradaptasi setelah dibekali dasar-dasar pendidikan secara dini.

Hal itu diungkapkan Suharta, Staff UPT Disdik Kec Sobang yang membidangi Pengawasan untuk TK–SD, awal pekan lalu. Menurutnya, masyarakat sekitar layak berbangga dan bersyukur dengan berdirinya gedung PAUD meski saat kini kondisi fisiknya masih berada dalan tahapan penyelesaian. “Sebab, jika gedung PAUD ini sudah selesai dan izin operasionalnya sudah terbit kita tidak perlu repot memasukkan putra-putri kita yang akan menempuh system pembelajaran di usia dini,” katanya.

Disamping itu, lanjutnya, sudah jelas jika sudah berdiri sarana belajar dan bermain secara otomatis akan adanya perekrutan tenaga pendidik yang mampu memahami perkembangan usia dan pola pikir Anak.

Dan kalau bisa, ujarnya, hendaknya tenaga pendidik tersebut adalah orang-orang yang tidak jauh dari lokasi berdirinya PAUD itu, terutama bagi calon tenaga pendidik yang sudah mumpuni baik dari segi pendidikan yang sudah ditempuhnya maupun kesiapan mentalnya.

“Sebab kita tahu sendiri sikap dan tingkah anak yang masih berusia dibawah lima tahun. Jadi dalam hal itu kesiapan dan persiapan mental dan penanganan secara khusus merupakan modal dasar bagi calon tenaga pendidik itu sendiri,” ungkap Suharta.

H Efendi Hidayat, Kepala Desa Teluk Lada Kec Sobang mengharapkan, dengan dibangunnya gedung PAUD Terpadu Insan Cahaya Teluk Lada, masyarakat wajib mendukung dan membantu serta turut aktif berperan serta dalam program pembelajaran sebagaimana keinginan pemerintah dalam hal mencerdaskan dan pencerdasan anak-anak bangsa.

“Sehingga, jika anak-anak sudah dikenali dan mengenali perilaku-perilaku positif, dampaknya akan membawa perubahan yang signifikan. Artinya anak-anak nantinya akan mampu memilah dan memilih mana yang dianggap baik dan mana yang tidak baik,” lanjut Efendi.

Lebih dari itu, Efendi tidak lagi mengharapkan adanya regenarsi yang nantinya mengalami buta huruf dan buta aksara. “Sudah bukan jamannya lagi warga masyarakat Teluk Lada mengalami buta huruf dan buta aksara. Beranjak dari hal itu, sudah sepantasnya pembekalan ilmu sejak dini diterapkan secara terpadu. Apalagi PAUD yang berdiri di Desa Teluk Lada itu merupakan percontohan di antara PAUD lain yang ada di Kab Pandeglang,” tukasnya.

Sementara salah satu warga setempat kepada Jaya Pos merasa bersyukur atas kebijakan pembangunan gedung PAUD itu. “Kami bersyukur kalau ada PAUD di desa kami. Jika PAUD itu sudah beroperasi kami tidak perlu lagi jauh-jauh memasukkan anak kami menempuh pembelajaran di usia dini,” ujarnya menambahkan.Yan/Rus


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerKejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (18811)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (13261)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (12657)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (7799)Mandi Seperti Manusia Petugas Yakin Bonita Adalah Harimau 'Jadi-Jadian' (5164)Dua Siswa Kelas 3 SMKN Tutur Dikeluarkan, Disuruh Buat Pernyataan Pengunduran Diri (3697)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (3505)Proyek KA di Sulsel Membawa Petaka, Danyon Zipur Jadi Tersangka (3333)Tujuh Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur (2819)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (2755)
Bedah JayaposKomnas PAN Subang Gugat Sertifikat HGB PT.Central Georgente NusantaraSubang, Jaya Pos Sidang gugatan perbuatan melawan hukum atas terbitnya sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB), ...


6 Bulan Tidak Ditindaklanjuti Kejagung Koleksi Laporan Pengaduan?Poktan Penerima Program Kedelai Keluhkan Kualitas BenihPutusan Merasa Tidak Adil, Penggugat Curahkan Kemarahannya Pada HakimBantuan Keuangan Khusus Senilai Rp 2 M Jadi Ajang Bancakan (Bag 3)Bantuan Keuangan Khusus Senilai Rp 2 Milyar Jadi Ajang Bancakan (bag 2)Sering Dilalui Truk Tanah Milik PT Basuki, Jalan Menuju Kompleks Perkantoran Parbaba Rusak ParahDiduga Gunakan Ijazah Palsu, Kadus Dipecat
Laporan KhususStudy KomparasiAcara Study Komparasi dari DPRD Kabupaten Minaha Utara Provinsi Sulawesi Utara diterima dan dipimpin oleh ...


Kegiatan Ketahanan Pangan NasionalKegiatan Peningkatan Kapasitas TP-PKKPisah Sambut Dandim 0307/Tanah Datar, Sekaligus Penyambutan Komandan Secata B dan Ketua PA PadangpanJelang Ramadhan, Harga Bahan Pokok di Depok Masih Stabil Bupati Labuhanbatu Apresiasi Pelaksanaan Isra Mi'raj Yang Diprakarsai Oleh Kodim 0209/LBBupati Instruksikan Warga Pungut Sampah di Deli SerdangKautsar Sarankan Bangun Monumen Reformasi, Walikota: Lokasinya di Banda Aceh