Kamis, 14 Februari 2013 - 07:30:46 WIB
PAUD Percontohan Dibangun di Teluk Lada-SobangKategori: Pendidikan - Dibaca: 880 kali

Baca Juga:Bupati Indramayu Perintahkan Kuwu Kembalikan Beras ke DologDiduga Tidak Sesuai Bestek, Pengerjaan Bastem Sarana Air Bersih Sisakan MasalahWarga Kampung Beting Resmi Miliki RT/RWTerkait Kebakaran Gudang PT TLI, Dinas Kebakaran Pemda Majalengka Dituding Tak Tanggap

Pandeglang, Jaya Pos

Gedung Pendidikkan Anak Usia Dini (PAUD) saat ini tengah dibangun secara swakelola tepatnya di Kp Kubang Bale Desa Teluk Lada Kec Sobang Kab Pandeglang.

Gedung yang dibuat secara permanen tersebut rencananya akan dilengkapi beberapa sarana dan prasarana untuk bermain dan belajar bagi anak-anak  yang tentu saja disesuaikan dengan daya pikir serta perkembangan usia anak. Sehingga ketika usia anak sudah mulai memasuki tahapan belajar ke tingkat Sekolah Dasar (SD) diharapkan mampu beradaptasi setelah dibekali dasar-dasar pendidikan secara dini.

Hal itu diungkapkan Suharta, Staff UPT Disdik Kec Sobang yang membidangi Pengawasan untuk TK–SD, awal pekan lalu. Menurutnya, masyarakat sekitar layak berbangga dan bersyukur dengan berdirinya gedung PAUD meski saat kini kondisi fisiknya masih berada dalan tahapan penyelesaian. “Sebab, jika gedung PAUD ini sudah selesai dan izin operasionalnya sudah terbit kita tidak perlu repot memasukkan putra-putri kita yang akan menempuh system pembelajaran di usia dini,” katanya.

Disamping itu, lanjutnya, sudah jelas jika sudah berdiri sarana belajar dan bermain secara otomatis akan adanya perekrutan tenaga pendidik yang mampu memahami perkembangan usia dan pola pikir Anak.

Dan kalau bisa, ujarnya, hendaknya tenaga pendidik tersebut adalah orang-orang yang tidak jauh dari lokasi berdirinya PAUD itu, terutama bagi calon tenaga pendidik yang sudah mumpuni baik dari segi pendidikan yang sudah ditempuhnya maupun kesiapan mentalnya.

“Sebab kita tahu sendiri sikap dan tingkah anak yang masih berusia dibawah lima tahun. Jadi dalam hal itu kesiapan dan persiapan mental dan penanganan secara khusus merupakan modal dasar bagi calon tenaga pendidik itu sendiri,” ungkap Suharta.

H Efendi Hidayat, Kepala Desa Teluk Lada Kec Sobang mengharapkan, dengan dibangunnya gedung PAUD Terpadu Insan Cahaya Teluk Lada, masyarakat wajib mendukung dan membantu serta turut aktif berperan serta dalam program pembelajaran sebagaimana keinginan pemerintah dalam hal mencerdaskan dan pencerdasan anak-anak bangsa.

“Sehingga, jika anak-anak sudah dikenali dan mengenali perilaku-perilaku positif, dampaknya akan membawa perubahan yang signifikan. Artinya anak-anak nantinya akan mampu memilah dan memilih mana yang dianggap baik dan mana yang tidak baik,” lanjut Efendi.

Lebih dari itu, Efendi tidak lagi mengharapkan adanya regenarsi yang nantinya mengalami buta huruf dan buta aksara. “Sudah bukan jamannya lagi warga masyarakat Teluk Lada mengalami buta huruf dan buta aksara. Beranjak dari hal itu, sudah sepantasnya pembekalan ilmu sejak dini diterapkan secara terpadu. Apalagi PAUD yang berdiri di Desa Teluk Lada itu merupakan percontohan di antara PAUD lain yang ada di Kab Pandeglang,” tukasnya.

Sementara salah satu warga setempat kepada Jaya Pos merasa bersyukur atas kebijakan pembangunan gedung PAUD itu. “Kami bersyukur kalau ada PAUD di desa kami. Jika PAUD itu sudah beroperasi kami tidak perlu lagi jauh-jauh memasukkan anak kami menempuh pembelajaran di usia dini,” ujarnya menambahkan.Yan/Rus


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerMembongkar Proyek Permai Grup (Bag 1), PT AJ Dapat Jatah Rp 35 M di Kementerian Perhubungan (117686)Komisi IX DPR RI dan Menteri Kesehatan Agar Meninjau Kembali Pembangunan Rumah Sakit Internasional (88788)Diduga Peras Pengusaha Toko Material dan Toko Emas, PPATK Diminta Audit Harta Pejabat KPP Pratama Ko (43781)PP Amanatul Ummah Tidak Penuhi Janjinya Pada Wali Murid (33856)SMPN 2 Pasar Kemis Butuh Ruang Kelas Baru (31652)Tanah Milik H.Amiruddin Pase Jadi Ajang Kejahatan Koneksitas Hakim Dan Penyidik Kepolisian (31404)Bayi Hasil Hubungan Gelap Dibuang di WC Sekitar Kabah ( Nestapa Pahlawan Devisa di Negeri Orang Bgn (29778)Ibunda Ajeng Mamamia Dimejahijaukan (27147)Gurame PJTV Ajang Penyaluran Artis Penyanyi (20628)Sudah Tiga Jenderal Polisi Pembawa Gerbong Terbelit Kasus (17538)
Bedah JayaposWALHI Minta Pemda dan Aparat Penegak Hukum Tindak Tegas PT Agro MukoBengkulu, Jaya Pos Dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh perusahaan (PMA), Perkebunan Kelapa Sawit PT Agro ...


Kasus Dugaan Korupsi DAK Disdik Ketapang Rp17 M "Lenyap"Pembangunan Pasar Sukodono Rp 6,5 M Jadi Ajang BancakanProyek PU Bina Marga di Kesemen Nyaris Hancur TotalPemerintah Masih Tutup Mata, 6 Tahun Jembatan Cibarani Ambruk Sampai Saat Ini Belum Ada PerbaikanAktivitas Empat Perusahan PT Semen Tonasa Mendapat Kecaman dan Sorotan TajamDiduga Menggunakan Alamat Palsu PT Shavana Tiaramas Menang Tender Alkes 19,8 MProyek Bendung Leuwi Nangka Jebol
Laporan KhususPeran dan Fungsi DPRD DimaksimalkanBanten, Jaya Pos Ketua DPRD Provinsi Banten, Asep Rahmatullah akan memaksimalkan peran dan fungsi dewan ...


Komisi II Kunjungi Kantor PD Pasar JayaRapat Paripurna DPRD Kabupaten Musi Rawas Berlangsung SuksesGernas Kakao dan Sambung Pucuk Program Unggulan Dinas Perkebunan SulselPj Bupati OI Resmikan Jembatan Gantung di Desa EmbacangPerencanaan Pembangunan Daerah Harus DimaksimalkanPDAM Kabupaten Melawi Target Piutang Capai 80%DPRD Kabupaten Melawi Bahas Ulang APBD