Kamis, 14 Februari 2013 - 07:30:46 WIB
PAUD Percontohan Dibangun di Teluk Lada-SobangKategori: Pendidikan - Dibaca: 13 kali

Baca Juga:Bupati Indramayu Perintahkan Kuwu Kembalikan Beras ke DologDiduga Tidak Sesuai Bestek, Pengerjaan Bastem Sarana Air Bersih Sisakan MasalahWarga Kampung Beting Resmi Miliki RT/RWTerkait Kebakaran Gudang PT TLI, Dinas Kebakaran Pemda Majalengka Dituding Tak Tanggap

Pandeglang, Jaya Pos

Gedung Pendidikkan Anak Usia Dini (PAUD) saat ini tengah dibangun secara swakelola tepatnya di Kp Kubang Bale Desa Teluk Lada Kec Sobang Kab Pandeglang.

Gedung yang dibuat secara permanen tersebut rencananya akan dilengkapi beberapa sarana dan prasarana untuk bermain dan belajar bagi anak-anak  yang tentu saja disesuaikan dengan daya pikir serta perkembangan usia anak. Sehingga ketika usia anak sudah mulai memasuki tahapan belajar ke tingkat Sekolah Dasar (SD) diharapkan mampu beradaptasi setelah dibekali dasar-dasar pendidikan secara dini.

Hal itu diungkapkan Suharta, Staff UPT Disdik Kec Sobang yang membidangi Pengawasan untuk TK–SD, awal pekan lalu. Menurutnya, masyarakat sekitar layak berbangga dan bersyukur dengan berdirinya gedung PAUD meski saat kini kondisi fisiknya masih berada dalan tahapan penyelesaian. “Sebab, jika gedung PAUD ini sudah selesai dan izin operasionalnya sudah terbit kita tidak perlu repot memasukkan putra-putri kita yang akan menempuh system pembelajaran di usia dini,” katanya.

Disamping itu, lanjutnya, sudah jelas jika sudah berdiri sarana belajar dan bermain secara otomatis akan adanya perekrutan tenaga pendidik yang mampu memahami perkembangan usia dan pola pikir Anak.

Dan kalau bisa, ujarnya, hendaknya tenaga pendidik tersebut adalah orang-orang yang tidak jauh dari lokasi berdirinya PAUD itu, terutama bagi calon tenaga pendidik yang sudah mumpuni baik dari segi pendidikan yang sudah ditempuhnya maupun kesiapan mentalnya.

“Sebab kita tahu sendiri sikap dan tingkah anak yang masih berusia dibawah lima tahun. Jadi dalam hal itu kesiapan dan persiapan mental dan penanganan secara khusus merupakan modal dasar bagi calon tenaga pendidik itu sendiri,” ungkap Suharta.

H Efendi Hidayat, Kepala Desa Teluk Lada Kec Sobang mengharapkan, dengan dibangunnya gedung PAUD Terpadu Insan Cahaya Teluk Lada, masyarakat wajib mendukung dan membantu serta turut aktif berperan serta dalam program pembelajaran sebagaimana keinginan pemerintah dalam hal mencerdaskan dan pencerdasan anak-anak bangsa.

“Sehingga, jika anak-anak sudah dikenali dan mengenali perilaku-perilaku positif, dampaknya akan membawa perubahan yang signifikan. Artinya anak-anak nantinya akan mampu memilah dan memilih mana yang dianggap baik dan mana yang tidak baik,” lanjut Efendi.

Lebih dari itu, Efendi tidak lagi mengharapkan adanya regenarsi yang nantinya mengalami buta huruf dan buta aksara. “Sudah bukan jamannya lagi warga masyarakat Teluk Lada mengalami buta huruf dan buta aksara. Beranjak dari hal itu, sudah sepantasnya pembekalan ilmu sejak dini diterapkan secara terpadu. Apalagi PAUD yang berdiri di Desa Teluk Lada itu merupakan percontohan di antara PAUD lain yang ada di Kab Pandeglang,” tukasnya.

Sementara salah satu warga setempat kepada Jaya Pos merasa bersyukur atas kebijakan pembangunan gedung PAUD itu. “Kami bersyukur kalau ada PAUD di desa kami. Jika PAUD itu sudah beroperasi kami tidak perlu lagi jauh-jauh memasukkan anak kami menempuh pembelajaran di usia dini,” ujarnya menambahkan.Yan/Rus


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerDinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (4678)Proyek KA di Sulsel Membawa Petaka, Danyon Zipur Jadi Tersangka (2991)Komentari Kasus e-KTP, Andar: Abraham Samad Itu 'Omdo' (1659)Pandangan Umum Fraksi PDIP, PAN, dan RNB Terhadap Nota Keuangan dan Raperda APBD Kota Depok TA 2018 (1085)Sutadi SH dan Oknum Polres Ketapang Diduga Bobol Rumah Walet Milik Akim (660)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (605)PT Jembatan Nusantara Melakukan Pembohongan Terhadap Pelamar Pekerjaan (468)Proyek Jalan Siduk-Ketapang Rp 27 M Diduga Bermasalah (337)Diabetes, Ancaman Yang Harus Diwaspadai (297)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (289)
Bedah JayaposAPBDes Katimoho Terindikasi DikorupsiGresik, Jaya Pos APBDes Desa Katimoho Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik Jawa Timur jadi sorotan. Pasalnya ...


Bendungan Karalloe Senilai 518 M Tidak Selesai PPK dan Kontraktor Enggan KomentarTangani Sengketa Tanah Damang Tewah Turun LapanganPT EBB Supply Puluhan Ribu Ton Solar Perhari ke Penambang di Sei KahayanRehab Sekolah Di Pandeglang Diduga Rawan PenyimpanganBPN Maros Akan Panggil Pemilik Sertifikat Ganda Pada Lahan Proyek Mamminasata Pekerjaan Jalan Pasirkadu-Perdana Dikeluhkan WargaPT. MAJI Diduga Serobot Lahan Kelompok Tani Karya Mandiri
Laporan KhususDinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Depok Gelar Workshop B2SADepok, Jaya Pos Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Depok mengelar acara Workshop penyusunan ...


Memperkenalkan Lebih Dini Budaya Batak Pada Anak-Anak Melalui Natal STM SarohaWaiting List Keberangkatan Jamaah Haji Kabupaten Ciamis Sudah Mencapai 2030Menggali Monumen Quo Lijn, Tim Pusat Sejarah Kepolisian Melakukan PenelitianSiapkan Aparatur Transportasi Handal, Padang Panjang Teken MoU dengan STTDPemkab Mukomuko Memperingati Maulid Nabi Mudammad SAW 1439 H/2017 MImbau Pemkab/Pemkot Ingatkan Masyarakat Lakukan Pencegahan KebakaranPengembangan Pemasaran Melalui Online