Kamis, 21 Maret 2013 - 07:08:01 WIB
Kinerja Kasudin P2B Jakpus DipertanyakanKategori: Jakarta - Dibaca: 252 kali

Baca Juga:Dana PNPM Perdesaan Kabupaten Touna DikucurkanSDN 017 Mamahan Jaya TerisolirWalikota Tangerang Gusar Lihat Stadion Benteng KumuhBupati Natuna Kunjungi Kecamatan Subi

Jakarta, Jaya Pos

Undang-Undang yang berkaitan dengan kegiatan membangun, hingga Peraturan Daerah ( Perda) No 7 tahun 2010 dan Peraturan Gubernur No 128 tahun 2012 dan aturan lain harus ditegakkan, khususnya di wilayah kota Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) agar tata kota di DKI Jakarta dapat terlaksana dengan baik.

Untuk itu, Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan (P2B) DKI Jakarta sebagai unit teknis harus bersikap tegas dan profesional terhadap dalam menindak setiap bangunan yang menyalahi aturan bahkan tidak mempunyai Izin Mendirikan Bangunan (IMB), dan harus diproses sesuai hukum yang berlaku di negeri ini.

Ifull Sugiono, salah satu aktivis pemuda di wilayah Kecamatan Gambir yang ditemui Jaya Pos di kediamannya, belum lama ini, meminta agar jajaran Dinas P2B tegas dan profesional didalam melakukan tupoksinya sebagai salah satu unit teknis untuk kegiatan pembangunan di DKI Jakarta.

Sebab menurutnya, bangunan bermasalah khususnya di Jakarta Pusat pertumbuhannya sangat pesat, seperti halnya di Jalan Balik Papan I No 6 Rt 007/06 Kelurahan Petojo Utara Kecamatan Gambir, memiliki IMB 05235/IMB/P/2012 tanggal 02/05/2012 untuk rumah tinggal tetapi oleh pemilik dibangun tampak seperti ruko sebanyak 5 unit dengan tinggi 3 lapis.

Ifull juga meminta kepada Sudin P2B Jakpus lebih proaktif terhadap keberadaan bangunan yang diduga bermasalah sehingga keserasian, dan estetika kota dapat terlaksana dengan baik.

Dirinya juga meminta kepada seluruh kegiatan proyek pemerintah daearah maupun kegiatan proyek pemerintah pusat, baik yang mengunakan anggaran APBD maupun APBN agar bisa memberikan panutan dan contoh yang baik dalam pelaksanaan kegiatan sehingga undang-undang, aturan maupun ketentuan dapat ditegakkan oleh masyarakat, karena setiap  pihak yang membangun baik pemerintah maupun masyarakat tidak ada bedanya di mata hukum. “Yang pasti, dalam membangun harus memiliki IMB dan peruntukan harus sesuai dengan fisik di lapangan,” ujar Ifull.

Di tempat dan waktu berbeda, Hendri Wilman Gultom SH, Ketua Jaringan Mahasiswa LIRA yang ditemui di salah satu rumah makan di bilangan Menteng, belum lama ini mengaku heran dan khawatir terhadap setiap kegiatan membangun di wilayah Jakarta, karena banyak ditemukan bangunan tidak memiliki izin atau sebaliknya memiliki izin namun tidak sesuai dengan fisik yang dibangun di lapangan.

Untuk itu, dirinya menghimbau, khususnya Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat agar dalam membangun sesuai dengan tata ruang (peruntukan) dan IMB, juga adanya wajib izin lingkungan. “Hal ini untuk menciptakan masyarakat agar tertib membangun tanpa adanya yang dirugikan. Janganlah memberikan contoh yang tak baik bagi wilayah,” tandasnya.

Namun kenyataannya, lanjut Hendri, jajaran P2B Jakarta Pusat, Pengawasan Perizinan Bangunan, dan jajaran Walikota Jakarta Pusat, tidak mengindahkan aturan tentang pembangunan. “Saya menduga setiap bangunan bermasalah justru dijadikan “mesin atm” oleh oknum di jajaran P2B,” ujarnya.

Ini terkuak, menurut dia, saat adanya pertemuan antara warga pemilik rumah yang menjadi korban dengan pihak pemrakarsa. “Dalam pertemuan, pihak pemrakarsa mengaku sudah habis banyak untuk P2B Jakarta Pusat.”

“Untuk itu saya atas nama masyarakat meminta kepada Gubernur DKI segera melakukan tindakan tegas terhadap oknum yang diduga bermain dan kongkalikong yang ‘merestui’ pelanggaran dalam pembangunan,” ujarnya.

Berikut beberapa bangunan yang diduga bermasalah di wilayah Jakarta Pusat, antara lain Kantor 7 lapis izin 5 lapis di Jl Musi No 28 Kel Cideng Kec Gambir. Kantor 7 lapis izin 5 lapis, di Jl Biak No 56 Kel Cideng Kec Gambir 1, Rumah tinggal 4 lantai di Jl Kesehatan XI No 18 Kel Petojo Sel Kec Gambir, Rumah tinggal 3 lantai di Jl Kesehatan XI No 10 Kel Petojo Sel Kec Gambir, Ruko 2 unit 3 lapis di Jl Duri Raya No 18 Kel Petojo Utara Kec Gambir dan lain sebagainya.Didit


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerWalikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (72294)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (61055)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (52810)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (20589)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (16393)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (15662)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (15311)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (15005)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (14831)Sanksi Tegas Menanti PNS yang Nambah Libur (11333)
Bedah JayaposKasus Suap, JPU Ketapang Tuntut Mantan Politikus PDI-P 1,5 Tahun PenjaraKetapang, Jaya Pos Perjalanan kasus suap dan gratifikasi yang menyeret mantan Ketua DPRD Ketapang, ...


KPU Pandeglang DidemoDinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman, Ciptakarya dan Penataan Ruang Kota Surabaya DipolisikanTambang Mas Liar Menjamur Lagi Di BengkayangKejati Kalteng Diminta Usut Dugaan Korupsi Proyek Penggantian Jembatan di KapuasSoal Hibah Gubernur 7 M Untung Bisa Dijerat TPPUKetua Kelompok Budi Karya Leniyanti Diduga Palsukan Data AnggotaBuntut Dugaan Penyelewengan Anggaran Pada Humas Mojokerto, Semakin Terkuak Dengan Adanya Jumpa Pers
Laporan KhususDesa Klambir Lima Kebon Adakan Pemilihan BPDHamparan Perak, Jaya Pos Desa Klambir Lima Kebun Kecamatan Hamparan Perak Deli Serdang mengadakan pemilihan ...


BumNag Sumpur Kudus Maju Dengan Segudang PrestasiDPRD Sampaikan Laporan Pansus Atas LKPJ Bupati Muba TA 2019Membangun Masa Depan Kabupaten Bogor Dengan PancakarsaFachrori Launching Calendar of Event Upaya Promosikan Wisata JambiDPRD Muba Serahkan Rekomendasi Terhadap LKPJ Bupati TA 2019Menpan RB Tjahjo Kumolo: MPP Pekanbaru Terbaik di IndonesiaSahirah Dzakyyah Memilih Ponpes Darul Ulum Untuk Pendidikannya