Kamis, 21 Maret 2013 - 07:41:30 WIB
Wabup Karimun Janjikan Reward Bagi Tim PNPM Terbaik di KarimunKategori: Kepri - Dibaca: 432 kali

Baca Juga:Satu Bocah yang Tenggelam di Sungai Bina Baru Belum DitemukanMampukah Kadisdik Garut Selesaikan Masalah di Lingkup Pendidikan ?Polres Bandung Adakan Program Bagi Polisi GendutBupati Siak Sampaikan Ekspose Penyelenggaraan Paten

Karimun, Jaya Pos

Pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masya­rakat (PNPM) Integrasi mendapat apresiasi positif dari Wakil Bupati Aunur Rafiq. Dia menilai program ini sudah menunjukkan kualitas dan kuantitasnya sehingga mampu meningkatkan angka kemiskinan.

“Selama ini (PNPM) sudah menunjukkan kualitas dan kuantitasnya. Makanya pemerintah daerah dan pemerintah provinsi menambah dana pendamping untuk tahun ini,” kata Rafiq usai membuka resmi pelatihan Pelaku PNPM Integrasi di Hotel Marina.

Kenaikan dana pendamping, sebut Rafiq, terjadi pada tahun anggaran 2013 ini. Dari Kabupaten Karimun sebesar Rp 2,2 Miliyar tahun lalu, tahun ini sudah sampai Rp 5,25 Miliyar dari total anggaran PNPM yang mencapai Rp 16 miliyar.

Atas keberhasilan PNPM, baik perkotaan maupun pedesaan selama ini, Rafiq dalam sambutannya menjanjikan reward atau hadiah kepada Tim PNPM terbaik sebagai bentuk penghargaan dan motivasi agar PNPM bisa lebih berhasil nyata dalam pembangunan.

“Nanti perlu kita siapkan reward bagi Tim PNPM terbaik. Artinya supaya ada motivasi lebih baik lagi. Dan program yang telah dilaksanakan juga perlu evaluasi agar ke depannya juga bisa lebih baik lagi,” katanya.

Rafiq menambahkan harapannya program tersebut berhasil tak hanya secara fisik tetapi juga dapat merubah karakter masyasakat ke depannya. Banyaknya bantuan dari daerah dan pusat untuk program penanggulang kemiskinan, namun perlu waktu lama merubah mental masyarakatnya.

“Bantuan yang besar kadang menjadi ketergantungan masyarakat kita yang sangat tinggi.  Seharusnya mereka yang sudah dapat bisa mandiri, dan bisa keluar dari uluran bantuan pemerintah,” tambahnya.

Sementara itu Suratno, Ketua Panitia Pelaksana Pelatihan mengatakan tujuan kegiatan pelatihan tersebut untuk memberikan pemahaman dasar, informasi dan strategi pendampingan serta penguatan kapasitas lurah, kepala desa, badan perwakilan desa, lembaga pemberdayaan masyarakat terkait program penanggulangan kemiskinan di wilayahnya masing-masing.

“Upaya penanggulangan kemiskinan memerlukan keterlibatan berbagai pihak, bukan hanya dari tim PNPM saja,” kata Suratno dalam laporan kegiatan pelatihan pelaku PNPM integrasi tersebut.

PNPM Integrasi merupakan program yang menggabungkan dua program sekaligus yang ada di Kabupaten Karimun. Yakni, PNPM Pedesaan dan PNPM Perkotaan. Diundangnya kepala desa, lurah dan stakeholder lainnya dalam pelatihan tersebut agar pihak-pihak tersebut bisa bersinergi dengan tim PNPM dalam praktitk pelaksanaan programnya.Roganda


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerMembongkar Proyek Permai Grup (Bag 1), PT AJ Dapat Jatah Rp 35 M di Kementerian Perhubungan (118303)Komisi IX DPR RI dan Menteri Kesehatan Agar Meninjau Kembali Pembangunan Rumah Sakit Internasional (89090)Diduga Peras Pengusaha Toko Material dan Toko Emas, PPATK Diminta Audit Harta Pejabat KPP Pratama Ko (44156)SMPN 2 Pasar Kemis Butuh Ruang Kelas Baru (36747)PP Amanatul Ummah Tidak Penuhi Janjinya Pada Wali Murid (36272)Tanah Milik H.Amiruddin Pase Jadi Ajang Kejahatan Koneksitas Hakim Dan Penyidik Kepolisian (32776)Bayi Hasil Hubungan Gelap Dibuang di WC Sekitar Kabah ( Nestapa Pahlawan Devisa di Negeri Orang Bgn (32353)Ibunda Ajeng Mamamia Dimejahijaukan (27986)Gurame PJTV Ajang Penyaluran Artis Penyanyi (21198)Sudah Tiga Jenderal Polisi Pembawa Gerbong Terbelit Kasus (18983)
Bedah JayaposPerusahaan Tidak Lulus karena Tidak Lampirkan Jaminan Penawaran (3)Kota Bekasi, Jaya Pos Lelang Ulang berdasarkan pemeriksaan terhadap Summary Report lelang diketahui terdapat ...


RSUD Kabupaten Melawi Tunggu Hitungan BPKProses Hukum LHP-BPK RI Atas Disbimarta Kota Bekasi Mandak (2)Sosialisasi Sadar Usaha Dengan Tema "Ayo Kerja" Di Minut Berlangsung TegangProses Hukum LHP-BPK RI Mandek (1)Periksa Direksi PT Panjang Jiwo, Reklame Billboard Miras Anggur Cap Orang Tua IlegalAnggota DPRD Maros Temukan Penyimpangan Pada Proyek PPI BontobahariDi Kantor Balai Wilayah 1 Provinsi Kalbar
Laporan KhususK2AM Kembali Gelar Baksos di Medan Beri Bantuan Terhadap Anak Jalanan Medan, Jaya Pos Setelah beberapa kali melakukan bakti social (baksos), kali ini K2AM mengadakan kegiatan ...


Masyarakat Selektif Dengan OrmasDinas Kehutanan dan Perkebunan Lab. Batu Adakan Pelatihan Pusat Seminary Bukit Gibeon Ajibata DiresmikanBupati Suparman Akan Tingkatkan Kesejahteraan GuruNusantara Mengaji AL-Quran Hingga Khatam 600 KaliAnggota DPR RI dari Fraksi NasDem Usulkan Tambahan DAK Untuk MelawiPolres Banyumas Teladan Dalam Sikap Terdepan Dalam Pelayanan