Kamis, 21 Maret 2013 - 07:41:30 WIB
Wabup Karimun Janjikan Reward Bagi Tim PNPM Terbaik di KarimunKategori: Kepri - Dibaca: 11 kali

Baca Juga:Satu Bocah yang Tenggelam di Sungai Bina Baru Belum DitemukanMampukah Kadisdik Garut Selesaikan Masalah di Lingkup Pendidikan ?Polres Bandung Adakan Program Bagi Polisi GendutBupati Siak Sampaikan Ekspose Penyelenggaraan Paten

Karimun, Jaya Pos

Pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masya­rakat (PNPM) Integrasi mendapat apresiasi positif dari Wakil Bupati Aunur Rafiq. Dia menilai program ini sudah menunjukkan kualitas dan kuantitasnya sehingga mampu meningkatkan angka kemiskinan.

“Selama ini (PNPM) sudah menunjukkan kualitas dan kuantitasnya. Makanya pemerintah daerah dan pemerintah provinsi menambah dana pendamping untuk tahun ini,” kata Rafiq usai membuka resmi pelatihan Pelaku PNPM Integrasi di Hotel Marina.

Kenaikan dana pendamping, sebut Rafiq, terjadi pada tahun anggaran 2013 ini. Dari Kabupaten Karimun sebesar Rp 2,2 Miliyar tahun lalu, tahun ini sudah sampai Rp 5,25 Miliyar dari total anggaran PNPM yang mencapai Rp 16 miliyar.

Atas keberhasilan PNPM, baik perkotaan maupun pedesaan selama ini, Rafiq dalam sambutannya menjanjikan reward atau hadiah kepada Tim PNPM terbaik sebagai bentuk penghargaan dan motivasi agar PNPM bisa lebih berhasil nyata dalam pembangunan.

“Nanti perlu kita siapkan reward bagi Tim PNPM terbaik. Artinya supaya ada motivasi lebih baik lagi. Dan program yang telah dilaksanakan juga perlu evaluasi agar ke depannya juga bisa lebih baik lagi,” katanya.

Rafiq menambahkan harapannya program tersebut berhasil tak hanya secara fisik tetapi juga dapat merubah karakter masyasakat ke depannya. Banyaknya bantuan dari daerah dan pusat untuk program penanggulang kemiskinan, namun perlu waktu lama merubah mental masyarakatnya.

“Bantuan yang besar kadang menjadi ketergantungan masyarakat kita yang sangat tinggi.  Seharusnya mereka yang sudah dapat bisa mandiri, dan bisa keluar dari uluran bantuan pemerintah,” tambahnya.

Sementara itu Suratno, Ketua Panitia Pelaksana Pelatihan mengatakan tujuan kegiatan pelatihan tersebut untuk memberikan pemahaman dasar, informasi dan strategi pendampingan serta penguatan kapasitas lurah, kepala desa, badan perwakilan desa, lembaga pemberdayaan masyarakat terkait program penanggulangan kemiskinan di wilayahnya masing-masing.

“Upaya penanggulangan kemiskinan memerlukan keterlibatan berbagai pihak, bukan hanya dari tim PNPM saja,” kata Suratno dalam laporan kegiatan pelatihan pelaku PNPM integrasi tersebut.

PNPM Integrasi merupakan program yang menggabungkan dua program sekaligus yang ada di Kabupaten Karimun. Yakni, PNPM Pedesaan dan PNPM Perkotaan. Diundangnya kepala desa, lurah dan stakeholder lainnya dalam pelatihan tersebut agar pihak-pihak tersebut bisa bersinergi dengan tim PNPM dalam praktitk pelaksanaan programnya.Roganda


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerDinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (4677)Proyek KA di Sulsel Membawa Petaka, Danyon Zipur Jadi Tersangka (2991)Komentari Kasus e-KTP, Andar: Abraham Samad Itu 'Omdo' (1659)Pandangan Umum Fraksi PDIP, PAN, dan RNB Terhadap Nota Keuangan dan Raperda APBD Kota Depok TA 2018 (1085)Sutadi SH dan Oknum Polres Ketapang Diduga Bobol Rumah Walet Milik Akim (659)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (605)PT Jembatan Nusantara Melakukan Pembohongan Terhadap Pelamar Pekerjaan (468)Proyek Jalan Siduk-Ketapang Rp 27 M Diduga Bermasalah (337)Diabetes, Ancaman Yang Harus Diwaspadai (297)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (289)
Bedah JayaposAPBDes Katimoho Terindikasi DikorupsiGresik, Jaya Pos APBDes Desa Katimoho Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik Jawa Timur jadi sorotan. Pasalnya ...


Bendungan Karalloe Senilai 518 M Tidak Selesai PPK dan Kontraktor Enggan KomentarTangani Sengketa Tanah Damang Tewah Turun LapanganPT EBB Supply Puluhan Ribu Ton Solar Perhari ke Penambang di Sei KahayanRehab Sekolah Di Pandeglang Diduga Rawan PenyimpanganBPN Maros Akan Panggil Pemilik Sertifikat Ganda Pada Lahan Proyek Mamminasata Pekerjaan Jalan Pasirkadu-Perdana Dikeluhkan WargaPT. MAJI Diduga Serobot Lahan Kelompok Tani Karya Mandiri
Laporan KhususDinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Depok Gelar Workshop B2SADepok, Jaya Pos Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Depok mengelar acara Workshop penyusunan ...


Memperkenalkan Lebih Dini Budaya Batak Pada Anak-Anak Melalui Natal STM SarohaWaiting List Keberangkatan Jamaah Haji Kabupaten Ciamis Sudah Mencapai 2030Menggali Monumen Quo Lijn, Tim Pusat Sejarah Kepolisian Melakukan PenelitianSiapkan Aparatur Transportasi Handal, Padang Panjang Teken MoU dengan STTDPemkab Mukomuko Memperingati Maulid Nabi Mudammad SAW 1439 H/2017 MImbau Pemkab/Pemkot Ingatkan Masyarakat Lakukan Pencegahan KebakaranPengembangan Pemasaran Melalui Online