Kamis, 21 Maret 2013 - 07:41:30 WIB
Wabup Karimun Janjikan Reward Bagi Tim PNPM Terbaik di KarimunKategori: Kepri - Dibaca: 400 kali

Baca Juga:Satu Bocah yang Tenggelam di Sungai Bina Baru Belum DitemukanMampukah Kadisdik Garut Selesaikan Masalah di Lingkup Pendidikan ?Polres Bandung Adakan Program Bagi Polisi GendutBupati Siak Sampaikan Ekspose Penyelenggaraan Paten

Karimun, Jaya Pos

Pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masya­rakat (PNPM) Integrasi mendapat apresiasi positif dari Wakil Bupati Aunur Rafiq. Dia menilai program ini sudah menunjukkan kualitas dan kuantitasnya sehingga mampu meningkatkan angka kemiskinan.

“Selama ini (PNPM) sudah menunjukkan kualitas dan kuantitasnya. Makanya pemerintah daerah dan pemerintah provinsi menambah dana pendamping untuk tahun ini,” kata Rafiq usai membuka resmi pelatihan Pelaku PNPM Integrasi di Hotel Marina.

Kenaikan dana pendamping, sebut Rafiq, terjadi pada tahun anggaran 2013 ini. Dari Kabupaten Karimun sebesar Rp 2,2 Miliyar tahun lalu, tahun ini sudah sampai Rp 5,25 Miliyar dari total anggaran PNPM yang mencapai Rp 16 miliyar.

Atas keberhasilan PNPM, baik perkotaan maupun pedesaan selama ini, Rafiq dalam sambutannya menjanjikan reward atau hadiah kepada Tim PNPM terbaik sebagai bentuk penghargaan dan motivasi agar PNPM bisa lebih berhasil nyata dalam pembangunan.

“Nanti perlu kita siapkan reward bagi Tim PNPM terbaik. Artinya supaya ada motivasi lebih baik lagi. Dan program yang telah dilaksanakan juga perlu evaluasi agar ke depannya juga bisa lebih baik lagi,” katanya.

Rafiq menambahkan harapannya program tersebut berhasil tak hanya secara fisik tetapi juga dapat merubah karakter masyasakat ke depannya. Banyaknya bantuan dari daerah dan pusat untuk program penanggulang kemiskinan, namun perlu waktu lama merubah mental masyarakatnya.

“Bantuan yang besar kadang menjadi ketergantungan masyarakat kita yang sangat tinggi.  Seharusnya mereka yang sudah dapat bisa mandiri, dan bisa keluar dari uluran bantuan pemerintah,” tambahnya.

Sementara itu Suratno, Ketua Panitia Pelaksana Pelatihan mengatakan tujuan kegiatan pelatihan tersebut untuk memberikan pemahaman dasar, informasi dan strategi pendampingan serta penguatan kapasitas lurah, kepala desa, badan perwakilan desa, lembaga pemberdayaan masyarakat terkait program penanggulangan kemiskinan di wilayahnya masing-masing.

“Upaya penanggulangan kemiskinan memerlukan keterlibatan berbagai pihak, bukan hanya dari tim PNPM saja,” kata Suratno dalam laporan kegiatan pelatihan pelaku PNPM integrasi tersebut.

PNPM Integrasi merupakan program yang menggabungkan dua program sekaligus yang ada di Kabupaten Karimun. Yakni, PNPM Pedesaan dan PNPM Perkotaan. Diundangnya kepala desa, lurah dan stakeholder lainnya dalam pelatihan tersebut agar pihak-pihak tersebut bisa bersinergi dengan tim PNPM dalam praktitk pelaksanaan programnya.Roganda


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerMembongkar Proyek Permai Grup (Bag 1), PT AJ Dapat Jatah Rp 35 M di Kementerian Perhubungan (117711)Komisi IX DPR RI dan Menteri Kesehatan Agar Meninjau Kembali Pembangunan Rumah Sakit Internasional (88803)Diduga Peras Pengusaha Toko Material dan Toko Emas, PPATK Diminta Audit Harta Pejabat KPP Pratama Ko (43791)PP Amanatul Ummah Tidak Penuhi Janjinya Pada Wali Murid (33923)SMPN 2 Pasar Kemis Butuh Ruang Kelas Baru (31731)Tanah Milik H.Amiruddin Pase Jadi Ajang Kejahatan Koneksitas Hakim Dan Penyidik Kepolisian (31453)Bayi Hasil Hubungan Gelap Dibuang di WC Sekitar Kabah ( Nestapa Pahlawan Devisa di Negeri Orang Bgn (29859)Ibunda Ajeng Mamamia Dimejahijaukan (27176)Gurame PJTV Ajang Penyaluran Artis Penyanyi (20637)Sudah Tiga Jenderal Polisi Pembawa Gerbong Terbelit Kasus (17576)
Bedah JayaposMafia Proyek di Disbimarta Kota Bekasi GentayanganKota Bekasi, Jaya Pos Pembangunan di Kota Bekasi nyaris dilaksanakan setengah hati, tidak memperhatikan ...


WALHI Minta Pemda dan Aparat Penegak Hukum Tindak Tegas PT Agro MukoKasus Dugaan Korupsi DAK Disdik Ketapang Rp17 M "Lenyap"Pembangunan Pasar Sukodono Rp 6,5 M Jadi Ajang BancakanProyek PU Bina Marga di Kesemen Nyaris Hancur TotalPemerintah Masih Tutup Mata, 6 Tahun Jembatan Cibarani Ambruk Sampai Saat Ini Belum Ada PerbaikanAktivitas Empat Perusahan PT Semen Tonasa Mendapat Kecaman dan Sorotan TajamDiduga Menggunakan Alamat Palsu PT Shavana Tiaramas Menang Tender Alkes 19,8 M
Laporan KhususKomisi IV Evaluasi Tujuh SKPDBanten, Jaya Pos Pimpinan dan Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Banten melakukan evaluasi pelaksanaan APBD ...


Komisi II Sambut Baik Bantuan dari Kementerian Koperasi dan UMKMPuskesmas Melawi Dapat Mobil AmbulanceGedung UGD Puskesmas Pemuar Rusak ParahPeran dan Fungsi DPRD DimaksimalkanKomisi II Kunjungi Kantor PD Pasar JayaRapat Paripurna DPRD Kabupaten Musi Rawas Berlangsung SuksesGernas Kakao dan Sambung Pucuk Program Unggulan Dinas Perkebunan Sulsel