Kamis, 21 Maret 2013 - 07:41:30 WIB
Wabup Karimun Janjikan Reward Bagi Tim PNPM Terbaik di KarimunKategori: Kepri - Dibaca: 317 kali

Baca Juga:Satu Bocah yang Tenggelam di Sungai Bina Baru Belum DitemukanMampukah Kadisdik Garut Selesaikan Masalah di Lingkup Pendidikan ?Polres Bandung Adakan Program Bagi Polisi GendutBupati Siak Sampaikan Ekspose Penyelenggaraan Paten

Karimun, Jaya Pos

Pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masya­rakat (PNPM) Integrasi mendapat apresiasi positif dari Wakil Bupati Aunur Rafiq. Dia menilai program ini sudah menunjukkan kualitas dan kuantitasnya sehingga mampu meningkatkan angka kemiskinan.

“Selama ini (PNPM) sudah menunjukkan kualitas dan kuantitasnya. Makanya pemerintah daerah dan pemerintah provinsi menambah dana pendamping untuk tahun ini,” kata Rafiq usai membuka resmi pelatihan Pelaku PNPM Integrasi di Hotel Marina.

Kenaikan dana pendamping, sebut Rafiq, terjadi pada tahun anggaran 2013 ini. Dari Kabupaten Karimun sebesar Rp 2,2 Miliyar tahun lalu, tahun ini sudah sampai Rp 5,25 Miliyar dari total anggaran PNPM yang mencapai Rp 16 miliyar.

Atas keberhasilan PNPM, baik perkotaan maupun pedesaan selama ini, Rafiq dalam sambutannya menjanjikan reward atau hadiah kepada Tim PNPM terbaik sebagai bentuk penghargaan dan motivasi agar PNPM bisa lebih berhasil nyata dalam pembangunan.

“Nanti perlu kita siapkan reward bagi Tim PNPM terbaik. Artinya supaya ada motivasi lebih baik lagi. Dan program yang telah dilaksanakan juga perlu evaluasi agar ke depannya juga bisa lebih baik lagi,” katanya.

Rafiq menambahkan harapannya program tersebut berhasil tak hanya secara fisik tetapi juga dapat merubah karakter masyasakat ke depannya. Banyaknya bantuan dari daerah dan pusat untuk program penanggulang kemiskinan, namun perlu waktu lama merubah mental masyarakatnya.

“Bantuan yang besar kadang menjadi ketergantungan masyarakat kita yang sangat tinggi.  Seharusnya mereka yang sudah dapat bisa mandiri, dan bisa keluar dari uluran bantuan pemerintah,” tambahnya.

Sementara itu Suratno, Ketua Panitia Pelaksana Pelatihan mengatakan tujuan kegiatan pelatihan tersebut untuk memberikan pemahaman dasar, informasi dan strategi pendampingan serta penguatan kapasitas lurah, kepala desa, badan perwakilan desa, lembaga pemberdayaan masyarakat terkait program penanggulangan kemiskinan di wilayahnya masing-masing.

“Upaya penanggulangan kemiskinan memerlukan keterlibatan berbagai pihak, bukan hanya dari tim PNPM saja,” kata Suratno dalam laporan kegiatan pelatihan pelaku PNPM integrasi tersebut.

PNPM Integrasi merupakan program yang menggabungkan dua program sekaligus yang ada di Kabupaten Karimun. Yakni, PNPM Pedesaan dan PNPM Perkotaan. Diundangnya kepala desa, lurah dan stakeholder lainnya dalam pelatihan tersebut agar pihak-pihak tersebut bisa bersinergi dengan tim PNPM dalam praktitk pelaksanaan programnya.Roganda


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerMembongkar Proyek Permai Grup (Bag 1), PT AJ Dapat Jatah Rp 35 M di Kementerian Perhubungan (116215)Komisi IX DPR RI dan Menteri Kesehatan Agar Meninjau Kembali Pembangunan Rumah Sakit Internasional (87730)Diduga Peras Pengusaha Toko Material dan Toko Emas, PPATK Diminta Audit Harta Pejabat KPP Pratama Ko (40662)PP Amanatul Ummah Tidak Penuhi Janjinya Pada Wali Murid (22147)Tanah Milik H.Amiruddin Pase Jadi Ajang Kejahatan Koneksitas Hakim Dan Penyidik Kepolisian (22140)SMPN 2 Pasar Kemis Butuh Ruang Kelas Baru (16303)Ibunda Ajeng Mamamia Dimejahijaukan (15511)Gurame PJTV Ajang Penyaluran Artis Penyanyi (14941)Sudah Tiga Jenderal Polisi Pembawa Gerbong Terbelit Kasus (13936)Dilaporkan Ke KPK, Pejabat DKI Korupsi Tanah Rp 49 Miliar (12116)
Bedah JayaposDana Pemeliharaan Pamsimas Diduga Ditilep Oknum DesaSubang, Jaya Pos Kesulitan memperoleh air bersih, khususnya air minum hingga kini masih berlangsung ...


Langgar PP Nomor 109 Tahun 2012, Perusahaan Rokok Pasang Baliho Tanpa Pesan 'Merokok Membunuhmu'Usut Dugaan Korupsi Perjalanan Dinas di Bappeda Musi RawasPembangunan Embung Senilai Rp 2 Milyar di Banyuwangi Gagal KonstruksiPT Triomas Diduga Merambah Kawasan Giosfer di SiakDiduga Terjadi Praktek Kongkalingkong, Menhub Batalkan Lelang Proyek Rp 39,3 Milyar di ATKP MakassarPPK ATKP Makassar Memilih Bungkam Soal Proyek Pengerukan Dan Pematangan Lahan Senilai 39,6 M508 Indomaret Disegel, Lahan Atensi Mafia Dinas Hilang
Laporan KhususKemiskinan Memaksaku Menjdi TKW (Bgn 1)Oleh : Alexander Sibarani (Wartawan Harian Jaya Pos) Bekerja jauh di negeri orang dengan harapan terbebas ...


Group Facebooker K2AM Gelar Baksos Panti Jompo BinjaiMaju Calon Bupati 2015-2020, Carlos Melgares Eks Warga Spayol Siap Membangun SamosirBantaeng Buka Program 1 Juta Rumah untuk NelayanSDAP Banten Tingkatkan Ketersediaan Air Baku dan Irigasi Yang LayakDisdik Gagas KKN Berbasis Desa TerpaduPeringatan Hardiknas Meriah di Kabupaten OKUBPMP2T Kabupaten Pelalawan Melayani Dengan Sepenuh Hati