Kamis, 21 Maret 2013 - 07:41:30 WIB
Wabup Karimun Janjikan Reward Bagi Tim PNPM Terbaik di KarimunKategori: Kepri - Dibaca: 56 kali

Baca Juga:Satu Bocah yang Tenggelam di Sungai Bina Baru Belum DitemukanMampukah Kadisdik Garut Selesaikan Masalah di Lingkup Pendidikan ?Polres Bandung Adakan Program Bagi Polisi GendutBupati Siak Sampaikan Ekspose Penyelenggaraan Paten

Karimun, Jaya Pos

Pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masya­rakat (PNPM) Integrasi mendapat apresiasi positif dari Wakil Bupati Aunur Rafiq. Dia menilai program ini sudah menunjukkan kualitas dan kuantitasnya sehingga mampu meningkatkan angka kemiskinan.

“Selama ini (PNPM) sudah menunjukkan kualitas dan kuantitasnya. Makanya pemerintah daerah dan pemerintah provinsi menambah dana pendamping untuk tahun ini,” kata Rafiq usai membuka resmi pelatihan Pelaku PNPM Integrasi di Hotel Marina.

Kenaikan dana pendamping, sebut Rafiq, terjadi pada tahun anggaran 2013 ini. Dari Kabupaten Karimun sebesar Rp 2,2 Miliyar tahun lalu, tahun ini sudah sampai Rp 5,25 Miliyar dari total anggaran PNPM yang mencapai Rp 16 miliyar.

Atas keberhasilan PNPM, baik perkotaan maupun pedesaan selama ini, Rafiq dalam sambutannya menjanjikan reward atau hadiah kepada Tim PNPM terbaik sebagai bentuk penghargaan dan motivasi agar PNPM bisa lebih berhasil nyata dalam pembangunan.

“Nanti perlu kita siapkan reward bagi Tim PNPM terbaik. Artinya supaya ada motivasi lebih baik lagi. Dan program yang telah dilaksanakan juga perlu evaluasi agar ke depannya juga bisa lebih baik lagi,” katanya.

Rafiq menambahkan harapannya program tersebut berhasil tak hanya secara fisik tetapi juga dapat merubah karakter masyasakat ke depannya. Banyaknya bantuan dari daerah dan pusat untuk program penanggulang kemiskinan, namun perlu waktu lama merubah mental masyarakatnya.

“Bantuan yang besar kadang menjadi ketergantungan masyarakat kita yang sangat tinggi.  Seharusnya mereka yang sudah dapat bisa mandiri, dan bisa keluar dari uluran bantuan pemerintah,” tambahnya.

Sementara itu Suratno, Ketua Panitia Pelaksana Pelatihan mengatakan tujuan kegiatan pelatihan tersebut untuk memberikan pemahaman dasar, informasi dan strategi pendampingan serta penguatan kapasitas lurah, kepala desa, badan perwakilan desa, lembaga pemberdayaan masyarakat terkait program penanggulangan kemiskinan di wilayahnya masing-masing.

“Upaya penanggulangan kemiskinan memerlukan keterlibatan berbagai pihak, bukan hanya dari tim PNPM saja,” kata Suratno dalam laporan kegiatan pelatihan pelaku PNPM integrasi tersebut.

PNPM Integrasi merupakan program yang menggabungkan dua program sekaligus yang ada di Kabupaten Karimun. Yakni, PNPM Pedesaan dan PNPM Perkotaan. Diundangnya kepala desa, lurah dan stakeholder lainnya dalam pelatihan tersebut agar pihak-pihak tersebut bisa bersinergi dengan tim PNPM dalam praktitk pelaksanaan programnya.Roganda


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerKejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (18811)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (13261)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (12657)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (7799)Mandi Seperti Manusia Petugas Yakin Bonita Adalah Harimau 'Jadi-Jadian' (5164)Dua Siswa Kelas 3 SMKN Tutur Dikeluarkan, Disuruh Buat Pernyataan Pengunduran Diri (3697)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (3505)Proyek KA di Sulsel Membawa Petaka, Danyon Zipur Jadi Tersangka (3333)Tujuh Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur (2819)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (2755)
Bedah JayaposKomnas PAN Subang Gugat Sertifikat HGB PT.Central Georgente NusantaraSubang, Jaya Pos Sidang gugatan perbuatan melawan hukum atas terbitnya sertifikat Hak Guna Bangunan (HGB), ...


6 Bulan Tidak Ditindaklanjuti Kejagung Koleksi Laporan Pengaduan?Poktan Penerima Program Kedelai Keluhkan Kualitas BenihPutusan Merasa Tidak Adil, Penggugat Curahkan Kemarahannya Pada HakimBantuan Keuangan Khusus Senilai Rp 2 M Jadi Ajang Bancakan (Bag 3)Bantuan Keuangan Khusus Senilai Rp 2 Milyar Jadi Ajang Bancakan (bag 2)Sering Dilalui Truk Tanah Milik PT Basuki, Jalan Menuju Kompleks Perkantoran Parbaba Rusak ParahDiduga Gunakan Ijazah Palsu, Kadus Dipecat
Laporan KhususStudy KomparasiAcara Study Komparasi dari DPRD Kabupaten Minaha Utara Provinsi Sulawesi Utara diterima dan dipimpin oleh ...


Kegiatan Ketahanan Pangan NasionalKegiatan Peningkatan Kapasitas TP-PKKPisah Sambut Dandim 0307/Tanah Datar, Sekaligus Penyambutan Komandan Secata B dan Ketua PA PadangpanJelang Ramadhan, Harga Bahan Pokok di Depok Masih Stabil Bupati Labuhanbatu Apresiasi Pelaksanaan Isra Mi'raj Yang Diprakarsai Oleh Kodim 0209/LBBupati Instruksikan Warga Pungut Sampah di Deli SerdangKautsar Sarankan Bangun Monumen Reformasi, Walikota: Lokasinya di Banda Aceh