Jumat, 12 April 2013 - 05:41:25 WIB
Walikota Bukittinggi Sulap Jl Soekarno Hatta Jadi PasarKategori: Sumatera Barat - Dibaca: 124 kali

Baca Juga:Polda Sulteng Bangun Kemitraan Dengan Elemen Masyarakat dan Pemkab TounaDiduga Pelaku Penganiayaan Masih BerkeliaranPJU Padam Anggaran Pemeliharaan Diduga DitilepGondang Ogung SDN 002 Tambak Meriahkan Pembukaan O2SN Kab Pelalawan

Bukittinggi, Jaya Pos

DPRD Bukittimggi menyesalkan tindakan Walikota Ismet Amzis yang memberikan izin Pedagang Kaki Lima (PKL) berjualan di badan jalan Sukarno-Hatta. Diduga perilaku ini ingin mengambil hati pedagang untuk tujuan politik dalam Pilkada 2015. Namun janganlah melakukan melanggar peraturan.

Seperti dikatakan H Darwin A.PtS.Si MM, Wakil Ketua DPRD Bukittinggi kepada Jaya Pos di ruangannya, baru-baru ini, menurutnya yang namanya jalan raya dibangun untuk kelancaran lalu lintas. Apalagi Jl Sukarno-Hatta yang telah dibuat dua jalur tujuannya supaya arus kendaraan dari kedua belah arah menjadi lancar (tidak macet). Sekarang dengan kebijakan Isme Amzis sebagai Walikota, satu arah ditutup. Ironisnya, malah membebaskan PKL berjualan di bandang jalan, ini tindakan yang sangat konyol.

Perilaku Walikota ini, kata Darwin, diduga bisikan Tim Sukses untuk mengambil hati pedagang agar mendapat dukungan menjadi calon walikota tahun 2015 mendatang. Tapi harusnya, dia juga mikir akibatnya terhadap pengendara. “Kalau ada keinginan untuk jadi walikota periode mendatang sah-sah saja, itu hak pribadi yang bersangkutan, tapi jangan sampai melanggar aturan begini, masak jalan raya diresmikan tempat berjualan PKL,” katanya.

Di kota-kota lain, memang ada yang namanya pasar tumpah, artinya pasar tersebut penuh sesak sehingga meluber ke jalan. Tapi di Bukittinggi lain, di dalam pasar bawah kosong, malah orang diizinkan berdagang di jalan raya dan membuat pengendara yang membayar pajak kendaraan dan punya hak memakai jalan harus rela memutar arah karena jalan mereka dirampas PKL dengan izin walikota.

Masih menurut Darwin, ada masyarakat yang mengadu kepadanya. Satu setengah tahun kepemimpinan Ismet Amzis setelah dilantik, walikota ini selalu sakit gigi. Sekarang kebalikannya masyarakat yang merasa sakit gigi melihat ulahnya yang membuat kebijakan yang merugikan pengendara.

Perbuatan walikota ini sangat berbahaya, harusnya berpedoman kepada peristiwa Jalan Lereng. Dulunya, jalan Lereng ini dapat dilewati kendaraan truk sampah roda enam. Kemudian ada kebijakan walikota saat itu, membolehkan PKL berjualan dengan pakai paying.

“Sekarang coba lihat apa yang terjadi, jalan Lereng telah berubah menjadi Pasar Lereng, bahkan sudah ada pula yang namanya Persatuan Pedagang Pasar Lereng. Sekarang pasar ini menjadi permanen oleh PKL dan tidak dapat diteribkan lagi, jangankan truk sampah, mobil roda empat pun tidak bisa lewat,” sebutnya.

Bukan hanya pandai mengkritik saja, menurutnya, kalau memang mau menyelamatkan hati PKL dari kebencian kepada walikota, ada yang lebih baik. “Kita telah membangun terminal Angkot/Andes di bekas Wowo dengan biaya puluhan milyar rupiah, kenapa Angdes masih parkir di depan kantor Koramil?” katanya.

Sebaiknya, menurutnya, Angdes di depan kantor Koramil disatukan di Terminal Angdes di eks Wowo, dan PKL dapat memakai tempat mangkal Angdes sehingga jalan raya tidak terganggu, hak pengguna jalan dan trotoar hak pejalan kaki tidak dirampas PKL seperti sekarang. “Silahkan saja mencari populeritas namun jangan menabrak aturan kayak gini dong,” tandasnya.Zakirman


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerKejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (19685)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (13267)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (12661)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (7807)Mandi Seperti Manusia Petugas Yakin Bonita Adalah Harimau 'Jadi-Jadian' (5169)Dua Siswa Kelas 3 SMKN Tutur Dikeluarkan, Disuruh Buat Pernyataan Pengunduran Diri (3705)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (3507)Proyek KA di Sulsel Membawa Petaka, Danyon Zipur Jadi Tersangka (3336)Tujuh Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur (2868)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (2763)
Bedah JayaposDiduga Menyinggung Institusi TNI Kapolres Karawang DimutasiIsu yang berkembang menyebutkan kalau Kapolres Karawang di mutasi karena adanya rekaman video yang viral di ...


Telkom Manado Tutup Mata Tiang Melintang Di Jalan Trans Sulawesi TateliKomnas PAN Subang Gugat Sertifikat HGB PT.Central Georgente Nusantara6 Bulan Tidak Ditindaklanjuti Kejagung Koleksi Laporan Pengaduan?Poktan Penerima Program Kedelai Keluhkan Kualitas BenihPutusan Merasa Tidak Adil, Penggugat Curahkan Kemarahannya Pada HakimBantuan Keuangan Khusus Senilai Rp 2 M Jadi Ajang Bancakan (Bag 3)Bantuan Keuangan Khusus Senilai Rp 2 Milyar Jadi Ajang Bancakan (bag 2)
Laporan KhususAmbulans Hanura Siap Layani Kepentingan Warga ManadoManado, Jaya Pos Komitmen Partai Hati Nurani Rakyat Provinsi Sulawesi Utara dibawah kepemimpinan Ketua ...


Acara sosialisasi BHPRD TA 2018Study KomparasiKegiatan Ketahanan Pangan NasionalKegiatan Peningkatan Kapasitas TP-PKKPisah Sambut Dandim 0307/Tanah Datar, Sekaligus Penyambutan Komandan Secata B dan Ketua PA PadangpanJelang Ramadhan, Harga Bahan Pokok di Depok Masih Stabil Bupati Labuhanbatu Apresiasi Pelaksanaan Isra Mi'raj Yang Diprakarsai Oleh Kodim 0209/LB