Rabu, 08 Mei 2013 - 07:13:49 WIB
SPSI Kabupaten Sukabumi Jilat Keringat Karyawan GarmenKategori: Jawa Barat - Dibaca: 203 kali

Baca Juga:Pengolahan Kayu di Pulau Una-Una DihentikanRibuan Buruh Kepung Kantor Bupati PelalawanDana Bantuan Rp 15 Juta Untuk Desa Cijulang RaibBeralasan Sibuk, RY Mangkir dari Panggilan KPK

Sukabumi, Jaya Pos

Dewan Pimpinan Cabang SPSI (DPC-SPSI) Kabupaten Sukabumiminta dijatah seribu rupiah per karyawan dengan jumlah keseluruhan karyawan di bawah naungan SPSI sebanyak 60 ribu karyawan.

Menurut perhitungan global pendapatan SPSI dari kar­yawan total Rp 60 juta per bulan. Nominal yang cukup fantastis dari berbagai karyawan di­antaranya (Federasi Serikat Pe­kerja Pokok, Tembakau, Maka­nan dan Minuman (FSP-RT­MM SPSI) – (Serikat Pekerja Tekstil, Sandang dan Kulit (SP-TSK SPSI)-(Federasi Seri­kat Pekerja Pertaniandan Perkebunan (FSP-PP SPSI)-(Federasi Serikat Logam, Elektronik Logam/FSP-LEM SPSI)-(Fede­rasi Serikat Perkayuan dan Per­hotelan (FSP-KAHUT SPSI)-­(Fe­derasi Serikat Pekerja Pariwisata dan Perhotelan (FSP-PAR SPSI) yang diketahui Ma’mun sebagai Ketua SPSI KabupatenSukabumi.

Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) minta dijatah oleh para karyawan garmen sebesar seribu rupiah per karyawan setiap bulannya. Hal ini membuat para karyawan kerutkan kening, pasalnya jatah yang dipungut oleh SPSI diluar kesepakatan.

Hal ini dikatakan oleh salah satu karyawan garmen PT Royal Puspita. “Sebenarya kami tidak tahu apa maksud SPSI yang telah memotong secara sepihak tanpa kesepakatan dengan karyawan. Bukan hanya itu, nyatanya jika dikalikan secara keseluruhan cukup lumayan jumlahnya,” ujarnya.
Di PT Royal Puspita saja, jumlah karyawan kurang lebih sekitar 1500 orang. “Kami tidak tahu apa itu SPSI, maksud dan tujuanannyapun kami tidakpahamdandimana keberadaan SPSI itu,” sebutnya.

Sedangkan menurut Ma’mun, Ketua SPSI DPC Kabupaten Sukabumi mengaku adanya pemotongan itu dari gaji karyawan setiap bulannya, namun itupun berdasarkan kesepakatan antara karyawan pabrik dan pengurus SPSI yang ada di lokasi pabrik. “Itukan bukan untuk saya, tapi untuk kegiatan, seperti kalau ada karyawan yang hak-haknya tidak diberikan oleh perusahaan kami akan menegur baik secara lisan maupun ke jalur hokum siap membantu, tapi hanya yang ikut anggota SPSI sana saja,” ucapnya.

Lanjut Ma’mun, terkait potongan seribu dari gaji karya­wan mungkin saja kurangnya sosialisasi pengurus yang ada di pabrik mengenai itu,” tegasnya.Aswin Sopyan


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerKejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (19684)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (13267)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (12661)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (7807)Mandi Seperti Manusia Petugas Yakin Bonita Adalah Harimau 'Jadi-Jadian' (5169)Dua Siswa Kelas 3 SMKN Tutur Dikeluarkan, Disuruh Buat Pernyataan Pengunduran Diri (3705)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (3507)Proyek KA di Sulsel Membawa Petaka, Danyon Zipur Jadi Tersangka (3336)Tujuh Komoditas Unggulan Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Timur (2868)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (2763)
Bedah JayaposDiduga Menyinggung Institusi TNI Kapolres Karawang DimutasiIsu yang berkembang menyebutkan kalau Kapolres Karawang di mutasi karena adanya rekaman video yang viral di ...


Telkom Manado Tutup Mata Tiang Melintang Di Jalan Trans Sulawesi TateliKomnas PAN Subang Gugat Sertifikat HGB PT.Central Georgente Nusantara6 Bulan Tidak Ditindaklanjuti Kejagung Koleksi Laporan Pengaduan?Poktan Penerima Program Kedelai Keluhkan Kualitas BenihPutusan Merasa Tidak Adil, Penggugat Curahkan Kemarahannya Pada HakimBantuan Keuangan Khusus Senilai Rp 2 M Jadi Ajang Bancakan (Bag 3)Bantuan Keuangan Khusus Senilai Rp 2 Milyar Jadi Ajang Bancakan (bag 2)
Laporan KhususAmbulans Hanura Siap Layani Kepentingan Warga ManadoManado, Jaya Pos Komitmen Partai Hati Nurani Rakyat Provinsi Sulawesi Utara dibawah kepemimpinan Ketua ...


Acara sosialisasi BHPRD TA 2018Study KomparasiKegiatan Ketahanan Pangan NasionalKegiatan Peningkatan Kapasitas TP-PKKPisah Sambut Dandim 0307/Tanah Datar, Sekaligus Penyambutan Komandan Secata B dan Ketua PA PadangpanJelang Ramadhan, Harga Bahan Pokok di Depok Masih Stabil Bupati Labuhanbatu Apresiasi Pelaksanaan Isra Mi'raj Yang Diprakarsai Oleh Kodim 0209/LB