Senin, 17 Juni 2013 - 07:59:21 WIB
Banyak Pegawai dan Hakim di PN Pandeglang Kurang DisiplinKategori: Banten - Dibaca: 336 kali

Baca Juga:Ratusan Wali Murid Penerima KJP Antri Di Bank DKIMega Proyek Pelabuhan Boom, Diduga Jadi ATM Berjalan Oknum Dishub dan Penegak Hukum JatimAkibat Gerusan Sungai Alas, Ruas Jalan Kutacane - Gayo Lues Terancam AmblasRazia di Sejumlah Penginapan, Polisi Amankan Oknum PNS dan Pasangan Dibawah Umur

Pandeglang, Jaya Pos

Kurangnya pengawasan terhadap kinerja pegawai serta perilaku oknum hakim dalam menjalankan tugasnya sebagai penegak hukum di Pengadilan Negeri (PN) Pandeglang- Banten, membuat kinerja aparat penegak hukum itu, sedikit kendor.

Karena itu, Hernanto Purnama SH, salah seorang praktisi hukum angkat bicara dan meminta pihak berwenang dapat melakukan tugas pokok dan fungsi (tupoksi)nya untuk melakukan pengawasan di lingkungan pengadilan itu. “Pengawasan ini perlu dilakukan dan ditingkatkan mengingat Pengadilan Negeri adalah salah satu badan kekuasaan kehakiman yang berada di bawah Mahkamah Agung yang berwenang memeriksa, mengadili, dan memutus perkara pidana dan perdata sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” ujarnya.

Untuk menunjang pelaksanaan kegiatan operasional, lanjut sumber, perlu diterapkan tindakan pengawasan yang rutin dari pimpinan terhadap pegawainya. “Dimana kita ketahui akhir-akhir ini, kinerja hakim di seluruh Indonesia semakin disorot dan diawasi setelah tertangkapnya beberapa hakim ‘nakal’. Selama ini belum terdengar disorotnya kinerja para oknum hakim pada saat di persidangan karena selalu berlindung dibalik kewenangannya yang tidak dapat diganggu gugat dalam memimpin proses persidangan,” kata Hernanto.

Menurutnya, kewenangan dan kekuasaan yang begitu tinggi yang dimiliki hakim di ruang sidang pada saat memimpin persidangan sebaiknya tidak  dilakukan dengan serta merta. Jika hal itu dilakukan maka akan timbul penyalagunaan kekuasaan dan kewenagan (aboust of power) yang dapat merugikan para pencari keadilan yang sedang menjalani proses persidangan.

“Masyarakat menyandarkan harapan yang sangat besar kepada hakim yang benar-benar memiliki integritas dan profesionalisme sehingga tindakan dan tingkah lakunya menunjukkan ketidakberpihakan (impartiality), memiliki integritas moral, serta pada kemampuannya memberikan putusan yang baik,” ungkapnya.

Di lain sisi, ketika mengamati kinerja oknum hakim atau pegawai PN Pandeglang, salah satu aktivis LBH Saung Hukum Ajat SH mengharapkan agar pihak-pihak terkait  seharusnya melakukan atau menerapkan pelaksanaan pengawasan dan pembinaan terhadap hakim dan pegawai pengadilan. Pengaruh pengawasan dan pembinaan terhadap kinerja terhadap kinerja para hakim dan bagaimana penanganan pengaduan dari masyarakat terhadap aparat lembaga peradilan akan berdampak pada tegaknya supermasi hukum dan rasa keadilan masyarakat.

Sementara pantauan Jaya Pos, diduga kinerja para oknum hakim tidak sesuai dengan apa yang diamanatkan oleh peraturan perundang-undangan berupa PP No 30 tahun 1980 tentang Peraturan Disiplin Pegawai Negeri Sipil dan Surat Keputusan Mahkamah Agung No 76 tahun 2009 tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan.

Hasil investigasi di lapangan di Pengadilan Negeri Pandeglang-Banten, masih banyak terjadi pelanggaran khususnya pada saat jam kerja dimana para oknum hakim datang pada siang hari sehingga persidangan dimulai siang menjelang sore hari, membuat para pencari keadilan kelelahan menunggu sidang dimulai sehingga sampai ada yang tidur-tiduran sementara para oknum pegawai terlihat asik-asikan main game di ruang kerjanya.

Sementara itu, mengenai kinerja oknum hakim dalam persidangan salah satu contohnya ditemukan dalam penanganan perkara pidana (nomor perkara) 113, 114 dan 115 diduga ditemukan kejangalan menjelang sidang pembacaan putusan hingga dimulainya sidang untuk membaca putusan yang ditandai dengan keluarnya penasehat hukum (PH) yang mendampingi para terdakwa di ketiga perkara pidana tersebut.

Diharapkan kepada pihak yang lebih berwenang sebaiknya melakukan pengawasan dan menyoroti kinerja para oknum hakim agar dapat semakin baik, terutama tingkat kedisiplinannya agar diberlakukan pengawasan dan pembinaan di lingkungan peradilan.Iyan RL


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerWalikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (72069)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (61052)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (52806)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (20560)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (16391)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (15656)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (15308)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (15005)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (14830)Sanksi Tegas Menanti PNS yang Nambah Libur (11323)
Bedah JayaposKasus Suap, JPU Ketapang Tuntut Mantan Politikus PDI-P 1,5 Tahun PenjaraKetapang, Jaya Pos Perjalanan kasus suap dan gratifikasi yang menyeret mantan Ketua DPRD Ketapang, ...


KPU Pandeglang DidemoDinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman, Ciptakarya dan Penataan Ruang Kota Surabaya DipolisikanTambang Mas Liar Menjamur Lagi Di BengkayangKejati Kalteng Diminta Usut Dugaan Korupsi Proyek Penggantian Jembatan di KapuasSoal Hibah Gubernur 7 M Untung Bisa Dijerat TPPUKetua Kelompok Budi Karya Leniyanti Diduga Palsukan Data AnggotaBuntut Dugaan Penyelewengan Anggaran Pada Humas Mojokerto, Semakin Terkuak Dengan Adanya Jumpa Pers
Laporan KhususDesa Klambir Lima Kebon Adakan Pemilihan BPDHamparan Perak, Jaya Pos Desa Klambir Lima Kebun Kecamatan Hamparan Perak Deli Serdang mengadakan pemilihan ...


BumNag Sumpur Kudus Maju Dengan Segudang PrestasiDPRD Sampaikan Laporan Pansus Atas LKPJ Bupati Muba TA 2019Membangun Masa Depan Kabupaten Bogor Dengan PancakarsaFachrori Launching Calendar of Event Upaya Promosikan Wisata JambiDPRD Muba Serahkan Rekomendasi Terhadap LKPJ Bupati TA 2019Menpan RB Tjahjo Kumolo: MPP Pekanbaru Terbaik di IndonesiaSahirah Dzakyyah Memilih Ponpes Darul Ulum Untuk Pendidikannya