Minggu, 03 November 2013 - 09:53:09 WIB
Warga Panerokan Blokir Jalan Tempino-Muara BulianKategori: Jambi - Dibaca: 19 kali

Baca Juga:Perayaan Idul Adha 1434 Hijriah Pemkab Muba Berqurban 58 SapiPT Frans Putratex Penuhi Hak KaryawanPendidikan Gratis yang Tidak GratisKetua K3S Diduga Jadi Distributor LKS Untuk Seluruh SD di Wonoayu

Batang Hari, Jaya Pos

Masyarakat De­sa Penerokan Kecamatan Bajubang Ka­bupaten Ba­ta­ng­hari, akhirnya  memblokir Jalan Lin­tas Tempino - Mua­ra Bulian milik Provinsi Jambi di Desa Penerokan Kecamatan Bajubang. Aksi itu merupakan bentuk protes karena jalan yang menghubungkan Kota Muarabulian menuju Kota Jambi rusak berat.

Unjuk rasa warga juga memasangkan kayu. Selain itu, disisi bagian jalan rusak, mobil truk batubara BH 8792 MG ikut terbalik dan truk tronton B 9369 BEU juga ikut terperosok di lubang berke­dalaman 30 sentimeter serta mengakibatkan kema­cetan jalan di desa tersebut sekitar 1 km.

Saipul Anuar warga Desa Penerokan mengatakan bahwa aksi itu melumpuhkan arus lalu lintas selama 5 jam. Sehingga, Satuan Lalu Lintas Polres Batanghari, Camat dan Kapolsek Bajubang datang ke lokasi aksi penutupan jalan lintas milik Provinsi Jambi ini.

Menurut dia, kerusakan jalan ini sudah berlangsung selama 5 bulan tanpa ada perbaikan dari instansi terkait. Dan aksi protes lantaran pihak Pemprov Jambi tak peduli terhadap kerusakan jalan itu.

“Kerusakan jalan ini sudah lama, tanpa ada perbaikan dari pemerintah. Setiap hari masyarakat sekitar hanya melakukan penimbunan dengan menggunakan tanah. Sedangkan aksi ini bentuk dari pengamanan kita di lokasi kerusakan jalan,” kata Saipul Anuar di lokasi pemblokiran jalan lintas Provinsi Jambi ini, Kamis.(31/10).

Dia juga mengatakan, jika aksi ini tak juga direspons, warga akan mengamankan kerusakan jalan sampai Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jambi datang untuk memperbaiki kerusakan jalan tersebut.

Camat Bajubang, Ibnu Hajar yang ditemui di lokasi kegiatan mengapresiasi aksi protes warga itu. Dia menerangkan, dirinya sudah menghubungi pihak Dinas Pekerjaan Umum Batanghari untuk melihat lokasi kerusakan Jalan di Desa Penerokan.
“Tapi, perlu diketahui bahwa jalan itu sangat parah sehingga butuh perbaikan,” ujarnya.

Jalan Tempino Muara Bulian merupakan jalan Provinsi Jambi di Desa Penerokan Kecamatan Bajubang Kabupaten Batanghari, terpaksa diamankan warga agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Seperti mobil truk batubara yang terbalik dan juga truk tronton yang sangkut itu diakibat jalan rusak parah,” ujarnya.

Kasatlantas Polres Batanghari, Gunawan ketika di temui di lokasi mengatakan, bahwa pihak lantas sudah mengamankan mobil truk batubara yang terbalik dan tronton yang terperosok serta kemacetan jalan di Desa Penerokan ini.

“Untuk sementara arus lalulintas justru menjadi macet, karena adanya truk batubara terbalik dan teronton yang terperosok. Begitu juga dengan adanya pembelokiran jalan oleh warga setempat,” katanya lagi.

Ia menjelaskan, aksi penutupan jalan yang dilakukan  ini hanya merupakan pengamanan, tapi bukan penahanan mobil yang ingin melintasi jalan tersebut.

Sementara itu, Kapolsek Bajubang, Iptu Hardi  membenarkan, bahwa kerusakan jalan Provinsi Jambi ini sudah sekitar 5 Bulan. Namun, kerusakan itu tidak pernah di perbaiki dan warga setempat merasa kecewa dengan adanya kejadian seperti ini.

Jalan lintas Provinsi Jambi ini merupakan jalan untuk angkutan barang dan arus lalu lintas umum. Untuk sementara ini, warga hanya melakukan penimbunan jalan yang rusak.

Dengan kondisi jalan yang rusak, keinginan masyarakat satu tujuan, yaitu menutup jalan dengan cara memasang kayu di tengah jalan. “Kita juga sudah menghubungi pihak Provinsi untuk dapat datang kelokasi keruskan jalan, dan saat ini mereka dalam perjalanan,” kata Kapolsek.Andre


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerDinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (4662)Proyek KA di Sulsel Membawa Petaka, Danyon Zipur Jadi Tersangka (2990)Komentari Kasus e-KTP, Andar: Abraham Samad Itu 'Omdo' (1659)Pandangan Umum Fraksi PDIP, PAN, dan RNB Terhadap Nota Keuangan dan Raperda APBD Kota Depok TA 2018 (1085)PT IIGF Adakan Baksos di Desa Telajung (605)Sutadi SH dan Oknum Polres Ketapang Diduga Bobol Rumah Walet Milik Akim (514)PT Jembatan Nusantara Melakukan Pembohongan Terhadap Pelamar Pekerjaan (464)Proyek Jalan Siduk-Ketapang Rp 27 M Diduga Bermasalah (336)Diabetes, Ancaman Yang Harus Diwaspadai (295)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (288)
Bedah JayaposAPBDes Katimoho Terindikasi DikorupsiGresik, Jaya Pos APBDes Desa Katimoho Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik Jawa Timur jadi sorotan. Pasalnya ...


Bendungan Karalloe Senilai 518 M Tidak Selesai PPK dan Kontraktor Enggan KomentarTangani Sengketa Tanah Damang Tewah Turun LapanganPT EBB Supply Puluhan Ribu Ton Solar Perhari ke Penambang di Sei KahayanRehab Sekolah Di Pandeglang Diduga Rawan PenyimpanganBPN Maros Akan Panggil Pemilik Sertifikat Ganda Pada Lahan Proyek Mamminasata Pekerjaan Jalan Pasirkadu-Perdana Dikeluhkan WargaPT. MAJI Diduga Serobot Lahan Kelompok Tani Karya Mandiri
Laporan KhususDinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Depok Gelar Workshop B2SADepok, Jaya Pos Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Depok mengelar acara Workshop penyusunan ...


Memperkenalkan Lebih Dini Budaya Batak Pada Anak-Anak Melalui Natal STM SarohaWaiting List Keberangkatan Jamaah Haji Kabupaten Ciamis Sudah Mencapai 2030Menggali Monumen Quo Lijn, Tim Pusat Sejarah Kepolisian Melakukan PenelitianSiapkan Aparatur Transportasi Handal, Padang Panjang Teken MoU dengan STTDPemkab Mukomuko Memperingati Maulid Nabi Mudammad SAW 1439 H/2017 MImbau Pemkab/Pemkot Ingatkan Masyarakat Lakukan Pencegahan KebakaranPengembangan Pemasaran Melalui Online