Minggu, 03 November 2013 - 09:53:09 WIB
Warga Panerokan Blokir Jalan Tempino-Muara BulianKategori: Jambi - Dibaca: 387 kali

Baca Juga:Perayaan Idul Adha 1434 Hijriah Pemkab Muba Berqurban 58 SapiPT Frans Putratex Penuhi Hak KaryawanPendidikan Gratis yang Tidak GratisKetua K3S Diduga Jadi Distributor LKS Untuk Seluruh SD di Wonoayu

Batang Hari, Jaya Pos

Masyarakat De­sa Penerokan Kecamatan Bajubang Ka­bupaten Ba­ta­ng­hari, akhirnya  memblokir Jalan Lin­tas Tempino - Mua­ra Bulian milik Provinsi Jambi di Desa Penerokan Kecamatan Bajubang. Aksi itu merupakan bentuk protes karena jalan yang menghubungkan Kota Muarabulian menuju Kota Jambi rusak berat.

Unjuk rasa warga juga memasangkan kayu. Selain itu, disisi bagian jalan rusak, mobil truk batubara BH 8792 MG ikut terbalik dan truk tronton B 9369 BEU juga ikut terperosok di lubang berke­dalaman 30 sentimeter serta mengakibatkan kema­cetan jalan di desa tersebut sekitar 1 km.

Saipul Anuar warga Desa Penerokan mengatakan bahwa aksi itu melumpuhkan arus lalu lintas selama 5 jam. Sehingga, Satuan Lalu Lintas Polres Batanghari, Camat dan Kapolsek Bajubang datang ke lokasi aksi penutupan jalan lintas milik Provinsi Jambi ini.

Menurut dia, kerusakan jalan ini sudah berlangsung selama 5 bulan tanpa ada perbaikan dari instansi terkait. Dan aksi protes lantaran pihak Pemprov Jambi tak peduli terhadap kerusakan jalan itu.

“Kerusakan jalan ini sudah lama, tanpa ada perbaikan dari pemerintah. Setiap hari masyarakat sekitar hanya melakukan penimbunan dengan menggunakan tanah. Sedangkan aksi ini bentuk dari pengamanan kita di lokasi kerusakan jalan,” kata Saipul Anuar di lokasi pemblokiran jalan lintas Provinsi Jambi ini, Kamis.(31/10).

Dia juga mengatakan, jika aksi ini tak juga direspons, warga akan mengamankan kerusakan jalan sampai Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jambi datang untuk memperbaiki kerusakan jalan tersebut.

Camat Bajubang, Ibnu Hajar yang ditemui di lokasi kegiatan mengapresiasi aksi protes warga itu. Dia menerangkan, dirinya sudah menghubungi pihak Dinas Pekerjaan Umum Batanghari untuk melihat lokasi kerusakan Jalan di Desa Penerokan.
“Tapi, perlu diketahui bahwa jalan itu sangat parah sehingga butuh perbaikan,” ujarnya.

Jalan Tempino Muara Bulian merupakan jalan Provinsi Jambi di Desa Penerokan Kecamatan Bajubang Kabupaten Batanghari, terpaksa diamankan warga agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Seperti mobil truk batubara yang terbalik dan juga truk tronton yang sangkut itu diakibat jalan rusak parah,” ujarnya.

Kasatlantas Polres Batanghari, Gunawan ketika di temui di lokasi mengatakan, bahwa pihak lantas sudah mengamankan mobil truk batubara yang terbalik dan tronton yang terperosok serta kemacetan jalan di Desa Penerokan ini.

“Untuk sementara arus lalulintas justru menjadi macet, karena adanya truk batubara terbalik dan teronton yang terperosok. Begitu juga dengan adanya pembelokiran jalan oleh warga setempat,” katanya lagi.

Ia menjelaskan, aksi penutupan jalan yang dilakukan  ini hanya merupakan pengamanan, tapi bukan penahanan mobil yang ingin melintasi jalan tersebut.

Sementara itu, Kapolsek Bajubang, Iptu Hardi  membenarkan, bahwa kerusakan jalan Provinsi Jambi ini sudah sekitar 5 Bulan. Namun, kerusakan itu tidak pernah di perbaiki dan warga setempat merasa kecewa dengan adanya kejadian seperti ini.

Jalan lintas Provinsi Jambi ini merupakan jalan untuk angkutan barang dan arus lalu lintas umum. Untuk sementara ini, warga hanya melakukan penimbunan jalan yang rusak.

Dengan kondisi jalan yang rusak, keinginan masyarakat satu tujuan, yaitu menutup jalan dengan cara memasang kayu di tengah jalan. “Kita juga sudah menghubungi pihak Provinsi untuk dapat datang kelokasi keruskan jalan, dan saat ini mereka dalam perjalanan,” kata Kapolsek.Andre


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerMembongkar Proyek Permai Grup (Bag 1), PT AJ Dapat Jatah Rp 35 M di Kementerian Perhubungan (116219)Komisi IX DPR RI dan Menteri Kesehatan Agar Meninjau Kembali Pembangunan Rumah Sakit Internasional (87731)Diduga Peras Pengusaha Toko Material dan Toko Emas, PPATK Diminta Audit Harta Pejabat KPP Pratama Ko (40677)PP Amanatul Ummah Tidak Penuhi Janjinya Pada Wali Murid (22238)Tanah Milik H.Amiruddin Pase Jadi Ajang Kejahatan Koneksitas Hakim Dan Penyidik Kepolisian (22181)SMPN 2 Pasar Kemis Butuh Ruang Kelas Baru (16352)Ibunda Ajeng Mamamia Dimejahijaukan (15801)Gurame PJTV Ajang Penyaluran Artis Penyanyi (14977)Sudah Tiga Jenderal Polisi Pembawa Gerbong Terbelit Kasus (13945)Dilaporkan Ke KPK, Pejabat DKI Korupsi Tanah Rp 49 Miliar (12120)
Bedah JayaposPengadaan Mamin Diduga Fiktif di Dinsos Provinsi JatimSurabaya, Jaya Pos   Seperti diberitakan pada edisi sebelumnya, terkait pengadaan makanan dan ...


Dana Pemeliharaan Pamsimas Diduga Ditilep Oknum DesaLanggar PP Nomor 109 Tahun 2012, Perusahaan Rokok Pasang Baliho Tanpa Pesan 'Merokok Membunuhmu'Usut Dugaan Korupsi Perjalanan Dinas di Bappeda Musi RawasPembangunan Embung Senilai Rp 2 Milyar di Banyuwangi Gagal KonstruksiPT Triomas Diduga Merambah Kawasan Giosfer di SiakDiduga Terjadi Praktek Kongkalingkong, Menhub Batalkan Lelang Proyek Rp 39,3 Milyar di ATKP MakassarPPK ATKP Makassar Memilih Bungkam Soal Proyek Pengerukan Dan Pematangan Lahan Senilai 39,6 M
Laporan KhususOKI Pertahankan Opini WTP Ke Empat Kali dari BPK RIKayuagung, Jaya Pos Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ...


Kemiskinan Memaksaku Menjdi TKW (Bgn 1)Group Facebooker K2AM Gelar Baksos Panti Jompo BinjaiMaju Calon Bupati 2015-2020, Carlos Melgares Eks Warga Spayol Siap Membangun SamosirBantaeng Buka Program 1 Juta Rumah untuk NelayanSDAP Banten Tingkatkan Ketersediaan Air Baku dan Irigasi Yang LayakDisdik Gagas KKN Berbasis Desa TerpaduPeringatan Hardiknas Meriah di Kabupaten OKU