Minggu, 03 November 2013 - 09:53:09 WIB
Warga Panerokan Blokir Jalan Tempino-Muara BulianKategori: Jambi - Dibaca: 837 kali

Baca Juga:Perayaan Idul Adha 1434 Hijriah Pemkab Muba Berqurban 58 SapiPT Frans Putratex Penuhi Hak KaryawanPendidikan Gratis yang Tidak GratisKetua K3S Diduga Jadi Distributor LKS Untuk Seluruh SD di Wonoayu

Batang Hari, Jaya Pos

Masyarakat De­sa Penerokan Kecamatan Bajubang Ka­bupaten Ba­ta­ng­hari, akhirnya  memblokir Jalan Lin­tas Tempino - Mua­ra Bulian milik Provinsi Jambi di Desa Penerokan Kecamatan Bajubang. Aksi itu merupakan bentuk protes karena jalan yang menghubungkan Kota Muarabulian menuju Kota Jambi rusak berat.

Unjuk rasa warga juga memasangkan kayu. Selain itu, disisi bagian jalan rusak, mobil truk batubara BH 8792 MG ikut terbalik dan truk tronton B 9369 BEU juga ikut terperosok di lubang berke­dalaman 30 sentimeter serta mengakibatkan kema­cetan jalan di desa tersebut sekitar 1 km.

Saipul Anuar warga Desa Penerokan mengatakan bahwa aksi itu melumpuhkan arus lalu lintas selama 5 jam. Sehingga, Satuan Lalu Lintas Polres Batanghari, Camat dan Kapolsek Bajubang datang ke lokasi aksi penutupan jalan lintas milik Provinsi Jambi ini.

Menurut dia, kerusakan jalan ini sudah berlangsung selama 5 bulan tanpa ada perbaikan dari instansi terkait. Dan aksi protes lantaran pihak Pemprov Jambi tak peduli terhadap kerusakan jalan itu.

“Kerusakan jalan ini sudah lama, tanpa ada perbaikan dari pemerintah. Setiap hari masyarakat sekitar hanya melakukan penimbunan dengan menggunakan tanah. Sedangkan aksi ini bentuk dari pengamanan kita di lokasi kerusakan jalan,” kata Saipul Anuar di lokasi pemblokiran jalan lintas Provinsi Jambi ini, Kamis.(31/10).

Dia juga mengatakan, jika aksi ini tak juga direspons, warga akan mengamankan kerusakan jalan sampai Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jambi datang untuk memperbaiki kerusakan jalan tersebut.

Camat Bajubang, Ibnu Hajar yang ditemui di lokasi kegiatan mengapresiasi aksi protes warga itu. Dia menerangkan, dirinya sudah menghubungi pihak Dinas Pekerjaan Umum Batanghari untuk melihat lokasi kerusakan Jalan di Desa Penerokan.
“Tapi, perlu diketahui bahwa jalan itu sangat parah sehingga butuh perbaikan,” ujarnya.

Jalan Tempino Muara Bulian merupakan jalan Provinsi Jambi di Desa Penerokan Kecamatan Bajubang Kabupaten Batanghari, terpaksa diamankan warga agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Seperti mobil truk batubara yang terbalik dan juga truk tronton yang sangkut itu diakibat jalan rusak parah,” ujarnya.

Kasatlantas Polres Batanghari, Gunawan ketika di temui di lokasi mengatakan, bahwa pihak lantas sudah mengamankan mobil truk batubara yang terbalik dan tronton yang terperosok serta kemacetan jalan di Desa Penerokan ini.

“Untuk sementara arus lalulintas justru menjadi macet, karena adanya truk batubara terbalik dan teronton yang terperosok. Begitu juga dengan adanya pembelokiran jalan oleh warga setempat,” katanya lagi.

Ia menjelaskan, aksi penutupan jalan yang dilakukan  ini hanya merupakan pengamanan, tapi bukan penahanan mobil yang ingin melintasi jalan tersebut.

Sementara itu, Kapolsek Bajubang, Iptu Hardi  membenarkan, bahwa kerusakan jalan Provinsi Jambi ini sudah sekitar 5 Bulan. Namun, kerusakan itu tidak pernah di perbaiki dan warga setempat merasa kecewa dengan adanya kejadian seperti ini.

Jalan lintas Provinsi Jambi ini merupakan jalan untuk angkutan barang dan arus lalu lintas umum. Untuk sementara ini, warga hanya melakukan penimbunan jalan yang rusak.

Dengan kondisi jalan yang rusak, keinginan masyarakat satu tujuan, yaitu menutup jalan dengan cara memasang kayu di tengah jalan. “Kita juga sudah menghubungi pihak Provinsi untuk dapat datang kelokasi keruskan jalan, dan saat ini mereka dalam perjalanan,” kata Kapolsek.Andre


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerMembongkar Proyek Permai Grup (Bag 1), PT AJ Dapat Jatah Rp 35 M di Kementerian Perhubungan (120175)Komisi IX DPR RI dan Menteri Kesehatan Agar Meninjau Kembali Pembangunan Rumah Sakit Internasional (90110)Diduga Peras Pengusaha Toko Material dan Toko Emas, PPATK Diminta Audit Harta Pejabat KPP Pratama Ko (45151)SMPN 2 Pasar Kemis Butuh Ruang Kelas Baru (44038)PP Amanatul Ummah Tidak Penuhi Janjinya Pada Wali Murid (41572)Bayi Hasil Hubungan Gelap Dibuang di WC Sekitar Kabah ( Nestapa Pahlawan Devisa di Negeri Orang Bgn (37719)Tanah Milik H.Amiruddin Pase Jadi Ajang Kejahatan Koneksitas Hakim Dan Penyidik Kepolisian (35610)Perusahaan Martua Sitorus Ngemplang Pajak Rp 7,2 Triliun? (31601)Ibunda Ajeng Mamamia Dimejahijaukan (30312)Gurame PJTV Ajang Penyaluran Artis Penyanyi (22302)
Bedah JayaposProyek 7 Miliar Diduga Tidak Sesuai SpeckSamosir, Jaya Pos Proyek peningkatan jalan Onan Runggu-Lagundi yang dikerjakan PT Adikarya Teknik Perkasa ...


Diduga Kesra OKI Cari Keuntungan, Insentif Pengurus Jenazah dan Imam Masjid Tahun 2016 Tidak TersaluBangunan Embung Aek Natonang Akan Hancur Tidak Pada WaktunyaJumlah TKA PT WHW Ketapang Tak Jelas, Diduga Ada Pembohongan PublikKajari Sidoarjo Pelihara 'Markus' ?Dinas Bina Marga Disinyalir Dikendalikan Pemborong BermasalahJudi Samkwan Dan Jagung Marak di Binjai, Penegak Hukum 'Tertidur'Proyek Irigasi Nipah Kuning KKU Timbulkan Gejolak Sosial
Laporan KhususMasyarakat Di Jalan Natai Keladan Butuh Air BersihMelawi, Jaya Pos Masyarakat di Jalan Gang Natai Keladan, Desa Sidomulyo, Kecamatan Nanga Pinoh, Kabupaten ...


Plt Bupati Sukiman Letakan Batu Pertama Perumahan Rosewood ResidencePemkab PALI Gelar Syukuran 1 Tahun Kepemimpinan H Heri Amalindo dan Ferdian Andreas LaonyPemkab-DPRD Inhil Teken Nota Kesepakatan KUA-PPAS 2017Dirut PDAM Lematang Enim Resmi Dijabat Oleh Sortono SHUMK Kab Melawai Sebesar Rp.1.948,500,-Gubernur Jateng Pantau Pilkada BrebesPlt Bupati Rohul Lantik 62 Kades Terpilih di MAIC Pasir Pengaraian