Kamis, 01 Mei 2014 - 07:01:59 WIB
Pejabat Pertanian Sumba Tengah Magang di BantaengKategori: Sulawesi Tengah - Dibaca: 272 kali

Baca Juga:Dinas Kebersihan dan Pertamanan Siap Pertahankan Piala AdipuraWarga Desa Punggur Kecil Kecamatan Kakap Berharap Anggota DPRD Terpilih Bisa Bawa Perubahan Desa Merupakan Unit Terdepan Dalam Pelayanan Kepada MasyarakatPemkab Lampung Berikan Gelar Adok Kepada Tokoh yang Berjasa

Bantaeng, Jaya Pos

Sebanyak 22 orang pejabat pertanian Kabupaten Sumba Tengah Provinsi Nusa Tenggara timur (NTT) melakukan praktek pemagangan di Kabupaten Bantaeng.

Kegiatan yang akan berlangsung selama 5 hari di daerah berjarak 120 kilometer arah selatan Kota Makassar, ibukota Provinsi Sulsel difokuskan terhadap pembelajaran pengembangan talas dan komoditas pertanian lainnya.

Rombongan para pejabat pertanian yang terdiri atas Sekretaris Dinas Pertanian Sumba Tengah Umbu Djoka, Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Made Sujana, pejabat Dinas Perkebunan, 5 mantri tani dan 6 orang Ketua Kelompok Tani itu diterima Plt Sekda Bantaeng H Abdul Latief Naikang di ruang rapat Sekda, Selasa (22/4).

Sekda Bantaeng pada kesempatan itu didampingi Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Ir Zainuddin dan pejabat teknis lingkup Pemda Bantaeng lainnya.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Sumba Tengah Ir Agustinus yang memimpin rombongan mengatakan, kegiatan magang dimaksudkan melihat langsung system pengembangan tanaman talas safira di daerah ini.

“Kami ingin belajar mulai dari pembibitan, penanaman atau budidaya serta komitmen masya­rakat terhadap pengembangan tanaman yang memiliki prospek pasar ekspor tersebut,” ujarnya.

Kunjungan ini juga merupakan tindak lanjut dari kunjungan Bupati Bantaeng HM Nurdin Abdullah ke Sumba Tengah pada 2013. ‘’Melalui kunjungan pemagangan ini, kami berharap banyak memperoleh informasi tentang pengalaman pengembangan jenis talas ini,’’ tambah Agustinus.
Plt Sekda Kabaupaten Bantaeng H Abdul Latief Naikang menyambut baik kehadiran pejabat pertanian Kabupaten Sumba Tengah yang melakukan pemagangan terhadap pengembangan talas safira.

‘’Kehadiran para pejabat pertanian dari Sumba memberi motivasi terhadap pengembangan lingkup pertanian di daerah ini. Bahkan pada 14/15 Mei 2014 akan datang para penyuluh pertanian dari Negara-negara Asean,’’ jelasnya.

Kunjungan dari berbagai daerah dan negara ke Bantaeng berkat inovasi baru di bidang pertanian yang dilakukan selama ini.
Dari sisi luas wilayah Bantaeng merupakan kabupaten terkecil di Sulsel, namun berkat berbagai inovasi yang di bawah komando Bupati, Bantaeng kini banyak dilirik.

Selain bidang pertanian, Bantaeng juga memiliki inovasi di bidang pelayanan kesehatan yang juga menjadi contoh nasional. Inovasi di bidang kesehatan tersebut diberi nama Brigade Siaga Bencana (BSB).

Melalui fasilitas BSB, masya­rakat cukup menghubungi telepon 113, ambulance bersama dokter dan perawat akan tiba di lokasi. Petugas akan memeriksa kemungkinan dilakukan perawatan di tempat atau harus ke rumah sakit/puskesmas.Mudahri


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59544)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51405)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (43016)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (14889)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14169)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (13995)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (13733)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13187)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (10962)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9168)
Bedah JayaposUNTIRTA Pertanyakan Tanah Hibah Yang Diberikan Pemkab PandeglangPandeglang, Jaya Pos Rektor beserta jajaran Universitas Sultan Ageung Tirtayasa (UNTIRTA) Serang, ...


Pekerjaan Bersumber DD di Desa Boddi Kecamatan Mandalle Terkesan AmburadulPungli di Lapas Kapuas Resahkan NapiMerek U-Ditch Bercampur Pek Saluran Pumpungan 3 Menyimpang Dinas Lakukan PembiaranDiduga Persulit Warga Mengurus Dokumen, Andar: Copot Lurah dan Kasie Pemerintahan Kelurahan RawamangDiduga Zonasi Kearipan Lokal Garut Labrak Permendikbud No 14 Tahun 2018Proses NUPTK Diwarnai PungliEmbung Pembawa Maut
Laporan KhususBupati Tanjab Barat Pimpin Rapat Persiapan HUT RI Ke 74 dan Tanjab Barat Ke 54Kualatungkal, Jaya Pos Bupati Tanjab Barat Dr. Ir. H. Safrial MS pimpin rapat perdana persiapan pelaksanaan ...


Pemerintah Segera Cairkan DAK Nonfisik Jenis Baru Tahun 2019Bupati Ketapang Pimpin Upacara Pembukaan TMMD 105 Adat Suku BatakJelang Pemecahan Rekor Dunia Menyelam Massal di ManadoWabup Mojokerto Berangkatkan Jalan Santai Hari Keluarga Nasional XXVI Tahun 2019Sekda : SOPD Gumas Diharapkan Capai Target APBD 2019Ratusan Peserta ICGE dari Berbagai Negara Hadir di Kota Padang Panjang