Rabu, 07 Mei 2014 - 05:48:27 WIB
Padangpanjang Sudah Menjadi Langganan Penghargaan PusatKategori: Sumatera Barat - Dibaca: 293 kali

Baca Juga:PT Pertamina EP dan PT BGP Indonesia Berikan Kompensasi Seismic Kepada WargaBupati Resmikan BNI Kantor Kas Grand TarumaSAI AFI Tour Berhasil Membimbing Jamaah Umrah dari Berbagai Kota/KabupatenPolres Jakut "Lepaskan" Tersangka Pengeroyokan Jhon Erik Siahaan

Padangpanjang, Jaya Pos

Sebagai salah satu kota kecil di Sumatera Barat, Kota Padangpanjang terus berbenah untuk mensejajarkan diri dengan kota-kota lain di provinsi itu, bahkan hingga tingkat nasional.

Prestasi demi prestasi terus ditorehkan oleh kota seluas 23 km persegi dengan penduduk sekitar 51.547 jiwa. Malahan, Padangpanjang sudah menjadi langganan penghargaan dari pemerintah pusat.

Dalam tahun 2013 kemarin saja, Padangpanjang kembali meraih semua anugerah piala bergengsi tingkat nasional. Seperti Piala Wahana Tata Nugraha (WTN) untuk ke 11 kalinya, Piala Adipura ke 10 kalinya, Anugerah Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pertama kali, dari BPK Perwakilan Sumatera Barat. Lalu, Piala Kota Sehat Swasti Saba Wistara untuk kali ketiga, dan anugerah Parahita Ekapraya tentang daerah yang berkomitmen soal PUG Pengarustamaan Gender di berbagai bidang. Apalagi, ketiga penghargaan dari pemerintah pusat itu langsung diterima oleh Walikota Padangpanjang Hendri Arnis, yang baru menahkodai Padangpanjang sejak 1 Oktober lalu.

Tidak mudah memang untuk meraih keberhasilan secara berturut-turut. Semua bisa terwujud berkat kerja sama dari seluruh aparatur pemerintah yang ada di Padangpanjang. Dalam kepemimpinan Hendri Arnis dan Mawardi yang baru berjalan lebih kurang tiga bulan, pasangan ini sudah meletakkan pondasi pembangunan Padangpanjang untuk masa yang akan datang.

Terhadap penghargaan yang sudah diraih, akan dipertahankan. Kabag Humas Pemko Padangpanjang Dalmenda menyampaikan, sejak mulai memimpin di kota berjuluk “Serambi Mekah” itu pasangan Hendri Arnis-Mawardi telah menyusun program pembangan yang akan menjadi target utamanya selama tahun 2013.

Selain menuntaskan pelaksanaan APBD 2013 sesuai dengan RPJMD 2008-2013, yang terdiri dari penyusunan KUA dan PPAS Perubahan APBD Kota Padangpanjang Tahun 2013, Penyusunan APBD Perubahan Kota Padangpanjang tahun 2013 dan menuntaskan pelaksanaan program dan kegiatan APBD Kota Padangpanjang tahun 2013. “Dalam program kerja 100 hari pasangan walikota dan wakil walikota juga merampungkan penyusunan APBD Kota Padangpanjang tahun 2014 yang telah disetujui oleh DPRD setempat pada sidang paripurna tanggal 15 Desember 2013. Saat ini rancangan APBD tersebut sedang dievaluasi oleh Gubernur Provinsi Sumatera Barat,” kata Ampera Salim.

Dalam menata pembangunan sesuai dengan program kerja 100 harinya, Hendri Arnis juga melakukan pembenahan pasar Kota Padangpanjang, termasuk melakukan kajian kelanjutan pembangunan pasar dari berbagai aspek (sosial, teknis, yuridis, dan keuangan) yang melibatkan pedagang dan investor pembangunan pasar serta Muspida Kota Padangpanjang.

Melakukan penertiban di kawasan pasar baik lalu lintas, perparkiran dan penataan pedagang kaki lima bekerjasama dengan semua lembaga terkait (termasuk TNI dan Polri), yang didahului dengan tindakan persuasif selama 1 bulan penuh.

“Dalam peningkatan pelayanan dan kinerja aparatur juga dilakukan konsolidasi dengan seluruh SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Padangpanjang. Melaksanakan kampanye disiplin jam shalat dan pelaksanaan shalat berjamaah kepada seluruh pegawai dan melaksanakan kegiatan turun lapangan ke seluruh SKPD dan masyarakat untuk menjaring permasalahan yang ada dan mencarikan solusi yang tepat untuk dapat dimasukkan ke dalam rencana pembangunan daerah ke depan,” sebut Ampera Salim.

Selain itu, lanjut Ampera Salim, pasangan Hendri Arnis dan Mawardi juga melakukan identifikasi rencana pengembangan RSUD Kota Padangpanjang, identifikasi rencana pengembangan industri kapur, identifikasi rencana pengembangan industri kulit dan identifikasi rencana pembangunan beberapa gedung kantor Pemerintah Daerah.

Disampaikan Ampera Salim, sedangkan untuk rencana Program dan Kegiatan Tahun 2014, Hendri Arnis bersama Mawardi telah membagi urusan pembangunan menjadi 13 bidang. Sehingga, dengan adanya pembagian bidang tersebut lebih memudahkan dalam mengukur target capain dan evaluasi.

“Yang pertama sekali adalah bidang pendidikan, dengan program berupa peningkatan sarana dan sarana pendidikan di Kota Padangpanjang dan Peningkatan prestasi peserta didik yang disertai dengan kemampuan siswa di bidang agama islam seperti hafiz quran,” jelasnya.

Untuk bidang Kesehatan, akan dilakukan optimalisasi peran puskesmas dalam pelayanan kesehatan masyarakat, peningkatan kemandirian masyarakat di bidang kesehatan, keikutsertaan dalam Program JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) melalui BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial), penyusunan Kajian Pengembangan Rumah Sakit dan peningkatan pemeliharaan sarana dan prasarana RSUD serta revisi Master Plan RSUD.

Selain itu, juga ada bidang Pekerjaan Umum, bidang Perencanaan, bidang Perhubungan dan Kominfo,  bidang Lingkungan Hidup, bidang Kependudukan dan Catatan Sipil, bidang Sosial dan Tenaga Kerja, bidang pertambangan, energi dan perindustrian, bidang Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata serta Otonomi Daerah.Domas


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerWalikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (66750)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (60963)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (52723)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (18451)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (16292)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (15556)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (15270)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (14963)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (14726)Diduga Mabuk, Tarian Gemulai Siswi SMAN 1 Mojosari Mojokerto Viral (10937)
Bedah JayaposMurkayani S, Terdakwa Penipuan CPNS Dituntut 2 Tahun 6 Bulan PenjaraPekanbaru, Jaya Pos Kasus penipuan yang menjerat Murkayani yang sudah berlangsung 6 tahun lalu, yaitu pada ...


Diduga Gunakan Dana Desa FiktifDiduga Honor Pencegahan Karhutla Tahun 2019 di Ketapang DisunatKejati Babel Usut Dugaan Penyimpangan Pembelian Biji TimahProyek Jl Pelang-Batu Tajam Ketapang Rp 56,4 M Terindikasi Gagal MutuKejari Kabupaten Bandung Setor Uang Pengganti Perkara Tipikor ke Kas NegaraDiduga Lakukan Pungli, Kepala Desa Dan Panitia PTSL Dilaporkan Ke Kejari PandeglangDiduga Belum Kantongi IMB, Pembangunan Tower Pemancar Dari Ratelindo Berjalan Mulus
Laporan KhususKPP Pratama Bukittinggi Bersinergi dengan Pemko PadangpanjangPadangpanjang, Jaya Pos Walikota Padangpanjang Fadly Amran BBA Datuak Paduko Malano menerima tamu dari ...


Desa Sukamulya Maju Dan Berkembang Pesat Berkat Kepemimpinan H. NawawiOrmas LACAK Mengajak Masyarakat Mengawal Terus Anggaran Negara Dalam Pemberantasan KorupsiKerajinan Ijuk Panumbangan Tembus Pasar Tanah AirKesakralan Gunung Pusuk Buhit Perlu DipertahankanDPRD Muba Tanggapi Audiensi Baznas MubaSiap Tanggap Bencana, Kodim 0711 Pemalang Menamam Rumput VertiverPemkab Gumas Gelar Forum Konsultasi Publik Penyempurnaan Rancangan RKPD 2021