Sabtu, 22 November 2014 - 09:58:07 WIB
Nelayan Kotabaru Demo Kuota BBM Solar HabisKategori: Kalimantan Selatan - Dibaca: 375 kali

Baca Juga:PT Super Andalas Steel Digugat Penemu Mesin Ketel Uap BoilerBerbagi 'Kue' di Dinas Pengairan Masih Jadi TradisiSekda : Gubernur Punya Wewenang Sebagai Wakil Pemerintah PusatWabub Motivasi Kader PMI Jaga Eksitensi Organisasi

Kotabaru, Jaya Pos

Lebih kurang 200 warga masyarakat dengan mata pencarian sebagai nelayan di Kab. Kotabaru Kalsel melakukan demo yang dikawal oleh jajaran Polres Kotabaru yang dipimpin oleh Wakapolres Kompol Roy Satya Putra dan Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP), Senin (17/11).

Sasaran demo para nelayan adalah Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kotabaru serta DPRD Kab Kotabaru. Kedatangan para nelayan dengan juru bicara Yudi Sunardi, H Usman Pahero, Hardiyandi  SH, dan SB Kamarudin di Dinas Kelautan dan Perikanan diterima langsung oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan  Kab Kotabaru Ir Talib MAP, Pengurus Koperasi KPN Samudra dan Manager Koperasi Agus Supiani SH (Kepala Desa Rampa) yang bertanggung jawab langsung atas penyaluran BBM solar bersubsidi melalui SPDN (Solar Packet Dealer untuk Nelayan) Kotabaru.

Dalam pertemuan/dialok di kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Kab Kotabaru, juru bicara/perwakilan nelayan mempertanyakan kuota BBM solar bersubsidi yang habis pada awal September yang seharusnya BBM solar bersubsidi tersebut habis pada bulan Desember 2014.

Padahal, kata Yudi Sunardi, SPDN Kotabaru telah mendapatkan kuota 2.495 KL atau 2.495.000 liter sesuai surat keputusan BPH Migas RI No. 06/PSO/BPH MIGAS/KOM/2014 tanggal 4 April 2014.

Walaupun telah dipotong kebijakan pemerintah 20% tentunya BBM solar bersubsidi untuk SPDN Kotabaru belum habis diawal bulan September 2014. Yudi Sunardi meminta kiranya manajer Koperasi, Agus Supiani SH dapat memberikan penjelasan nama-nama nelayan yang menerima BBM solar bersubsidi.

Berdasarkan laporan manajer Koperasi Agus Supiani SH, diduga ada mark up/pengge­lembungan penerimaan solar oleh nelayan seperti yang dialami nelayan RT 14 Desa Rampa berinisial ST.

Lain lagi nelayan RT 15 Desa Rampa yang tidak pernah mendapatkan BBM solar bersubsidi sangat berbeda dalam laporan manajer Koperasi. Perwakilan nelayan dalam pertemuan tersebut menduga telah terjadi penyalahgunaan penyaluran BBM solar bersubsidi.

Kepala Dinas Kelautara dan Perikanan Kab Kotabaru Ir Talib dalam pertemuan tersebut mengatakan bahwa BBM solar bersubsidi sejak bulan Januari sampai dengan Maret 2014 telah disalurkan sebanyak 288 KL dengan rincian bulan Januari 6 KL, Februari 71 KL dan Maret 211 KL.

Apa yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kab Kotabaru sangat berbeda dengan data/laporan yang dibuat oleh Manajer Koperasi KPN Samudera bahwa BBM solar bersubsidi pertama kali masuk ke tangki timbun pada Juni 2014 sebagaimana data yang diperlihatkan oleh perwakilan nelayan H Usman Pahero, SB Kamarudin, Hardiyandi SH.

Data yang diperlihatkan oleh perwakilan nelayan didukung oleh SK Dirjen Kelautan, Pesisir dan pulau-pulau kecil No 36/KET.DJKP3K/2013 tanggal 3 September 2013 tentang pemberian ijin pengelola SPDN Kotabaru pada KPN Samudera.  

Yudi Sunardi meminta pada penegak hukum di daerah maupun di pusat agar dapat memeriksa pengelola SPDN Kotabaru (KPN Samudera/Koperasi Pegawai Negeri Dinas Kelautan dan Perikanan Kab Kotabaru yang diduga banyak merugikan uang negara melalui BBM bersubsidi untuk nelayan di Kab Kotabaru sesuai hukum berlaku.

Telah mengadakan pertemuan di kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Kab Kotabaru, nelayan melanjutkan pertemuan dengan anggota DPRD Kab Kotabaru yang diterima langsung oleh Wakil Ketua H. Muhammad Ariep SH, dan Wakil Ketua Drs MUKNI AF.

Dalam pertemuan tersebut para wakil rakyat yang hadir mengatakan jika terbukti adanya penyalahgunaan BBM solar bersubsidi oleh pengelola SPDN Kotabaru pasti akan ditindak sesuai hukum yang berlaku.

Senada apa yang disampaikan oleh Waka Polres Kotabaru Kompol Roy Satya Putra bahwa Polres Kotabaru akan menindak tegas bagi yang menyalahgunakan BBM solar bersubsidi.BHD


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (60714)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (60661)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (52497)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (16032)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (15418)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (15308)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (15088)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (14770)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (14392)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (10309)
Bedah JayaposBPD Tak Kujung Dilantik Desa Balongbendo Terancam LumpuhSidoarjo, Jaya Pos Warga Desa Balongbendo Kecamatan Balongbendo Kabupaten Sidoarjo Re­sah, pasalnya ...


Demi Untung Banyak, Ketua Panitia Gunakan Tanah Urug Tidak Sesuai SpekLujeng Sudarto Desak Kejari Bangil Ungkap Aktor Intelektual Kasus DisporaTanpa SP Grop Wilmar Mutasi Karyawan Semena MenaProyek Rehab Bangunan Pelabuhan Diduga MenyimpangPT Adira Finance Pasaman Barat Terkesan Tutup Mata Terhadap Konsumen yang TertipuDugaan SPJ Fiktif di DisdukCapil BukittinggiKegiatan Pembangunan di Desa Gedangrowo Jadi Bancakan
Laporan KhususSemarak Festival Bunga Dan Buah Nusantara 2019Bogor, Jaya Pos Euforia acara Festival Bunga dan Buah Nusantara (FBBN) 2019 yang telah berakhir pada Minggu ...


Pembangunan Jalan di Provinsi Jambi, Dinas PUPR Terus Berkoordinasi Dengan Kepala BalaiBupati OKU Hadiri Peringatan Hari Guru Nasional 2019Tingkatkan Kualitas Batik Jambi Rahima Gandeng Desainer Eddy BettyGubernur Jambi Anggarkan Bantuan dan Fasilitasi Kesepakatan PMI, DMI dan LPP TVRI Untuk MasyarakatKecamatan Kurun Juara Umum Festival Tandak Intan KaharinganPemkab Asahan Laksanakan Upacara Peringatan HKN Peringati HKN Ke-55, Pemkab Gumas Gelar Senam Sehat dan Germas Hidup Sehat