Sabtu, 22 November 2014 - 09:58:07 WIB
Nelayan Kotabaru Demo Kuota BBM Solar HabisKategori: Kalimantan Selatan - Dibaca: 392 kali

Baca Juga:PT Super Andalas Steel Digugat Penemu Mesin Ketel Uap BoilerBerbagi 'Kue' di Dinas Pengairan Masih Jadi TradisiSekda : Gubernur Punya Wewenang Sebagai Wakil Pemerintah PusatWabub Motivasi Kader PMI Jaga Eksitensi Organisasi

Kotabaru, Jaya Pos

Lebih kurang 200 warga masyarakat dengan mata pencarian sebagai nelayan di Kab. Kotabaru Kalsel melakukan demo yang dikawal oleh jajaran Polres Kotabaru yang dipimpin oleh Wakapolres Kompol Roy Satya Putra dan Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP), Senin (17/11).

Sasaran demo para nelayan adalah Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kotabaru serta DPRD Kab Kotabaru. Kedatangan para nelayan dengan juru bicara Yudi Sunardi, H Usman Pahero, Hardiyandi  SH, dan SB Kamarudin di Dinas Kelautan dan Perikanan diterima langsung oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan  Kab Kotabaru Ir Talib MAP, Pengurus Koperasi KPN Samudra dan Manager Koperasi Agus Supiani SH (Kepala Desa Rampa) yang bertanggung jawab langsung atas penyaluran BBM solar bersubsidi melalui SPDN (Solar Packet Dealer untuk Nelayan) Kotabaru.

Dalam pertemuan/dialok di kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Kab Kotabaru, juru bicara/perwakilan nelayan mempertanyakan kuota BBM solar bersubsidi yang habis pada awal September yang seharusnya BBM solar bersubsidi tersebut habis pada bulan Desember 2014.

Padahal, kata Yudi Sunardi, SPDN Kotabaru telah mendapatkan kuota 2.495 KL atau 2.495.000 liter sesuai surat keputusan BPH Migas RI No. 06/PSO/BPH MIGAS/KOM/2014 tanggal 4 April 2014.

Walaupun telah dipotong kebijakan pemerintah 20% tentunya BBM solar bersubsidi untuk SPDN Kotabaru belum habis diawal bulan September 2014. Yudi Sunardi meminta kiranya manajer Koperasi, Agus Supiani SH dapat memberikan penjelasan nama-nama nelayan yang menerima BBM solar bersubsidi.

Berdasarkan laporan manajer Koperasi Agus Supiani SH, diduga ada mark up/pengge­lembungan penerimaan solar oleh nelayan seperti yang dialami nelayan RT 14 Desa Rampa berinisial ST.

Lain lagi nelayan RT 15 Desa Rampa yang tidak pernah mendapatkan BBM solar bersubsidi sangat berbeda dalam laporan manajer Koperasi. Perwakilan nelayan dalam pertemuan tersebut menduga telah terjadi penyalahgunaan penyaluran BBM solar bersubsidi.

Kepala Dinas Kelautara dan Perikanan Kab Kotabaru Ir Talib dalam pertemuan tersebut mengatakan bahwa BBM solar bersubsidi sejak bulan Januari sampai dengan Maret 2014 telah disalurkan sebanyak 288 KL dengan rincian bulan Januari 6 KL, Februari 71 KL dan Maret 211 KL.

Apa yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kab Kotabaru sangat berbeda dengan data/laporan yang dibuat oleh Manajer Koperasi KPN Samudera bahwa BBM solar bersubsidi pertama kali masuk ke tangki timbun pada Juni 2014 sebagaimana data yang diperlihatkan oleh perwakilan nelayan H Usman Pahero, SB Kamarudin, Hardiyandi SH.

Data yang diperlihatkan oleh perwakilan nelayan didukung oleh SK Dirjen Kelautan, Pesisir dan pulau-pulau kecil No 36/KET.DJKP3K/2013 tanggal 3 September 2013 tentang pemberian ijin pengelola SPDN Kotabaru pada KPN Samudera.  

Yudi Sunardi meminta pada penegak hukum di daerah maupun di pusat agar dapat memeriksa pengelola SPDN Kotabaru (KPN Samudera/Koperasi Pegawai Negeri Dinas Kelautan dan Perikanan Kab Kotabaru yang diduga banyak merugikan uang negara melalui BBM bersubsidi untuk nelayan di Kab Kotabaru sesuai hukum berlaku.

Telah mengadakan pertemuan di kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Kab Kotabaru, nelayan melanjutkan pertemuan dengan anggota DPRD Kab Kotabaru yang diterima langsung oleh Wakil Ketua H. Muhammad Ariep SH, dan Wakil Ketua Drs MUKNI AF.

Dalam pertemuan tersebut para wakil rakyat yang hadir mengatakan jika terbukti adanya penyalahgunaan BBM solar bersubsidi oleh pengelola SPDN Kotabaru pasti akan ditindak sesuai hukum yang berlaku.

Senada apa yang disampaikan oleh Waka Polres Kotabaru Kompol Roy Satya Putra bahwa Polres Kotabaru akan menindak tegas bagi yang menyalahgunakan BBM solar bersubsidi.BHD


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerWalikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (66635)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (60961)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (52723)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (18435)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (16290)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (15554)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (15269)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (14958)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (14721)Diduga Mabuk, Tarian Gemulai Siswi SMAN 1 Mojosari Mojokerto Viral (10936)
Bedah JayaposDiduga Honor Pencegahan Karhutla Tahun 2019 di Ketapang DisunatKetapang, Jaya Pos Sekjen Lembaga Swadaya Masyarakat Gerakan Anti Suap dan Anti Korupsi (LSM Gasak) Ketapang ...


Kejati Babel Usut Dugaan Penyimpangan Pembelian Biji TimahProyek Jl Pelang-Batu Tajam Ketapang Rp 56,4 M Terindikasi Gagal MutuKejari Kabupaten Bandung Setor Uang Pengganti Perkara Tipikor ke Kas NegaraDiduga Lakukan Pungli, Kepala Desa Dan Panitia PTSL Dilaporkan Ke Kejari PandeglangDiduga Belum Kantongi IMB, Pembangunan Tower Pemancar Dari Ratelindo Berjalan MulusPetugas Tahanan Kejari Kabupaten Bandung Amankan Pembesuk Bawa SabuDaud Pasaribu SH, : Fakta Persidangan, Objek Perkara Merupakan Harta Warisan Ibu Sinap Untuk Poniyem
Laporan KhususOrmas LACAK Mengajak Masyarakat Mengawal Terus Anggaran Negara Dalam Pemberantasan KorupsiCirebon, Jaya Pos Acep Rianto, Ketua Lacak meminta kepada masyarakat untuk mengawal terus anggaran negara ...


Kerajinan Ijuk Panumbangan Tembus Pasar Tanah AirKesakralan Gunung Pusuk Buhit Perlu DipertahankanDPRD Muba Tanggapi Audiensi Baznas MubaSiap Tanggap Bencana, Kodim 0711 Pemalang Menamam Rumput VertiverPemkab Gumas Gelar Forum Konsultasi Publik Penyempurnaan Rancangan RKPD 2021Kabid Humas Polda Sulsel Silaturrahmi Dengan Wartawan MarosEbid Diana Putra: Kita Akan Wujudkan Masyarakat Sejahtera