Kamis, 22 Januari 2015 - 05:29:48 WIB
Kepala Dinas Perhubungan Subang DiresolusiKategori: Jawa Barat - Dibaca: 454 kali

Baca Juga:Kabag Umum Setwan OKU Akhirnya Melaporkan Anggota Dewan ke PolisiMelangit, Harga Tanah di Sekadau Mencapai Rp 300 RibuTahun 2014, Polres Bukittinggi Tangani 1.171 KasusKinerja Jajaran Polsek Sei Sembilan Patut Diapresiasi

Subang, Jaya Pos

Merasa saking kelewat kesal atas dugaan keserakahan dan sikap araogansi Kepala Dinas Pehubungan (Kadishub) Kabupaten Subang Provinsi Jabar,  Harlan Ardinata, sejumlah pejabat Eselon III dan IV di instansi itu belakangan diketahui meresolusi pimpinannya sendiri untuk lengser dari jabatannya.

Surat mosi tidak percaya (resolusi-red) yang ditandatangani sejumlah pejabat dan pegawai lainnya itu telah dilayangkan kepada Bupati Subang H Ojang Sohandi SSTp MSi, intinya menuntut Harlan yang sudah menjabat selama lima tahunan itu segera dilengserkan.

Mereka munuding Harlan terlalu serakah dan kebijakannya kerap dinilai banyak menyimpang, diantaranya ketika mengelola anggaran kantor, tidak sedikit anggaran program di setiap bidang yang tidak direalisasikan, sehingga berpotensi merugikan keuangan negara.

Para Kabid selaku Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) mengaku tidak dilibatkan (difungsikan) untuk mengelola kegiatan/program sesuai tertuang di Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA), Menurut mereka Kadishub lebih suka menunjuk orang/kroninya yang nota bene bukan PPTK, sehingga disinyalir bila pembuatan  Surat Pertanggung Jawaban ada tindakan maladministrasi (SPJ fiktip).

Sebagai ilustrasi lanjut sumber, dalam pelaksanaan urusan perhubungan TA 2013 dari 4 program saja menyerap dana APBD kabupaten sebesar Rp 1,7 miliaran, membiayai terdiri dari (1). Program pembangunan prasarana dan fasilitas perhubungan Rp 545.043.500, (2).P rogram rehabilitasi dan pemeliharaan prasarana dan fasilitas LLAJ Rp 484.592.500, (3). Program peningkatan pelayanan angkutan Rp 164.300.000, dan (4). Program peningkatan dan pengamanan lalu lintas Rp 604.946.500. Sementara untuk mendukung pelaksanaan urusan perhubungan disediakan dari APBD Kabupaten TA 2013 sebesar Rp 9.869.912.158,76.

“Anggaran yang mestinya dikelola di masing-masing bidang, seperti program pembangunan prasarana dan fasilitas perhubungan, rehabilitasi dan pemeliharaan prasarana dan fasilitas LLAJ, peningkatan pelayanan angkutan, peningkatan dan pengamanan lalu lintas, tidak direalisasikan sepenuhnya, maka untuk menggantinya dimabil dari hasil kegiatan di kantor,” ujar seorang pejabat teras Dishub yang belum  bersedia disebut jati dirinya.

Sumber lain membeberkan, dugaan perbuatan KKN Kadishub itu ketika diduga menilep pundi-pundi sejumlah dana yang bersumber dari pajak dan retribusi perparkiran, retribusi pengujian kendaraan bermotor, retribusi ijin trayek, retribusi MCK dan retribusi dispensai kelas jalan  yang masih terus dipungut, seperti di TPR Kecamatan Jalancagak, Cipeundeuy, Pamanukan, Pagaden dan Ciasem, padahal jenis retribusi ini sudah dihapus sesuai UU No 18 tahun 1997 dan Inmendagri No 10 tahun 1998 tentang Pencabutan Perda Tk I dan Tk II, tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

“Lebih ironis lagi, pungutan pajak dan retribusi perparkiran dikontrakan dengan pihak ketiga. Hal ini tidak sejalan dengan Psl 26 UU No 18 tahun 1997, tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, sebagaimana telah diubah dengan UU No 34 tahun 2000, dan terakhir UU No 28 tahun 2009,” ujarnya.

Sekretaris Dishub Subang Yosef Pramastoni SH MM kepada sejumlah awak media saat dikonfirmasi membenarkan adanya gerakan mosi tidak percaya terhadap kepemimpinan Harlan. “ Permasalahan ini sesungguhnya sudah lama bergejolak, hanya saja mereka gamang terhadap pak Kadis, Maka itu salah satu cara menyampaikan keinginannya lewat gerakan mosi tidak percaya,” ujarnya singkat.

Kadishub Kabupaten Subang Harlan Ardinata Ssos MSi belum bisa dimintai keterangan, saat disambangi di kantornya  dirinya tidak berada di tempat. “Pak Kadis sedang rapat di kabupaten pak,” ujar seorang stafnya.Esuh/Abh


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerWalikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (66759)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (60963)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (52724)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (18451)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (16292)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (15556)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (15270)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (14964)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (14726)Diduga Mabuk, Tarian Gemulai Siswi SMAN 1 Mojosari Mojokerto Viral (10937)
Bedah JayaposMurkayani S, Terdakwa Penipuan CPNS Dituntut 2 Tahun 6 Bulan PenjaraPekanbaru, Jaya Pos Kasus penipuan yang menjerat Murkayani yang sudah berlangsung 6 tahun lalu, yaitu pada ...


Diduga Gunakan Dana Desa FiktifDiduga Honor Pencegahan Karhutla Tahun 2019 di Ketapang DisunatKejati Babel Usut Dugaan Penyimpangan Pembelian Biji TimahProyek Jl Pelang-Batu Tajam Ketapang Rp 56,4 M Terindikasi Gagal MutuKejari Kabupaten Bandung Setor Uang Pengganti Perkara Tipikor ke Kas NegaraDiduga Lakukan Pungli, Kepala Desa Dan Panitia PTSL Dilaporkan Ke Kejari PandeglangDiduga Belum Kantongi IMB, Pembangunan Tower Pemancar Dari Ratelindo Berjalan Mulus
Laporan KhususKPP Pratama Bukittinggi Bersinergi dengan Pemko PadangpanjangPadangpanjang, Jaya Pos Walikota Padangpanjang Fadly Amran BBA Datuak Paduko Malano menerima tamu dari ...


Desa Sukamulya Maju Dan Berkembang Pesat Berkat Kepemimpinan H. NawawiOrmas LACAK Mengajak Masyarakat Mengawal Terus Anggaran Negara Dalam Pemberantasan KorupsiKerajinan Ijuk Panumbangan Tembus Pasar Tanah AirKesakralan Gunung Pusuk Buhit Perlu DipertahankanDPRD Muba Tanggapi Audiensi Baznas MubaSiap Tanggap Bencana, Kodim 0711 Pemalang Menamam Rumput VertiverPemkab Gumas Gelar Forum Konsultasi Publik Penyempurnaan Rancangan RKPD 2021