Rabu, 25 Februari 2015 - 06:47:20 WIB
Sekda Peduli Pada Kaum TaniKategori: Jambi - Dibaca: 401 kali

Baca Juga:Prolisdes Turus-Patia DipungliPelaksanaan DAK-P di SMKN-2 Kapuas Murung Diduga Sarat KKNGong Xi Fa Cai Kabupaten Melawi Berjalan DamaiSandy Hampir 1 Tahun Mengungsi di Rumah Keluarga

Kuala Tungkal, Jaya Pos

Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Tanjung Jabung Barat, Drs. H. Muklis, MSi peduli pada kaum tani, dengan memberikan bantuan berupa alat penyemprot hama padi sekaligus obat anti hama padi kepada petani padi yang ada di Desa Sei Gebar Parit 8 Kecamatan Kuala Betara, Selasa kemaren.

Turut hadir pada acara kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pertanian Ir. Zainuddin, Kepala Bapekanhut Widodo, perwakilan Dinas Pertanian Provinsi Jambi dan para anggota penyuluh pertanian yang tersebar di Kecamatan Kuala Betara. Adapun luas arel sawah padi di Parit 8 Desa Sei Gebar adalah 40 ha, dengan jumlah anggota kelompok tani 80 orang.

Dalam sambutan Sekretaris Daerah Kab. Tanjab Barat, Drs. H. Muklis, MSi mengajak petani untuk tekun dalam bertani padi, sebab Kabupaten Tanjung Jabung Barat memiliki arel lokasi tanah yang cukup luas, dan bila digarap dengan serius dan sungguh - sungguh pasti akan menambah daya beli dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Sekretaris Daerah Kab.Tanjab Barat juga menghimbau kepada petani untuk tidak menjual lahan yang ada untuk kebutuhan yang komsumtif. “Garaplah tanah yang ada untuk anak cucu kita nanti, agar mereka tidak kekurangan lahan pangan,” pesannya.

Dalam kunjungan kerja Sekretaris Daerah Kab. Tanjab Barat, mengadakan diskusi dan  tanya jawab langsung dengan para petani padi. Dalam tanya jawab ini, petani mengharapkan bantuan dari pemerintah daerah agar memberikan bantuan seperti tanaman palawija diantaranya bibit jagung, kedelai dan lainnya agar petani tidak berpatokan pada hasil jual padi saja.

Disamping itu, petani juga meminta kepada Sekretaris Daerah Kab. Tanjab Barat agar memberikan bantuan traktor, hingga mengerjakan lahan sawah padi lebih mudah dan gampang untuk dilakoni.

Menanggapi hal ituk, Sekretaris Daerah Kab. Tanjab Barat, berjanji akan memberikan bantuan bibit jagung kepada petani melalui Dinas Pertanian dan Badan Punyuluh Pertanian yang ada di Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Senada dengan hal tersebut, dalam laporan kadis Holtikultura Ir. Zainuddin juga mengatakan kedepannya nanti harus bisa swasembada beras di bidang pertanian khususnya padi. Disambungnya, pemerintah pusat terdahulu dalam mengembangkan ekonomi selalu memikirkan kondisi perut rakyat, jadi swasembada beras sangat sekali dibutuhkan seluruh lapisan masyarakat Kab. Tanjab Barat.

“Jadi, dalam hal ini saya sebagai Kepala Dinas Pertanian tidak akan malu - malu meminta bantuan kepada pemerintah daerah maupun pusat, guna untuk kesejahteraan khususnya para kaum tani, tetapi semua itu harus sesuai dengan prosudur yang ada.

Jika kita mengikuti prosudur yang ada, apapun yang diperlukan dan dibutuhkan dalam hal pertanian padi dapat terwujud, dan hasilnya juga bisa memuaskan para kaum tani, serta berkembang dengan pesat sehingga kita pun bisa lebih maju lagi,” tandasnya. KIW


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerWalikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (66460)Proyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (60952)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (52716)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (18423)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (16282)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (15541)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (15263)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (14952)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (14712)Diduga Mabuk, Tarian Gemulai Siswi SMAN 1 Mojosari Mojokerto Viral (10931)
Bedah JayaposProyek Jl Pelang-Batu Tajam Ketapang Rp 56,4 M Terindikasi Gagal MutuKetapang, Jaya Pos Proyek Peningkatan Jalan Pelang-Batu Tajam yang dilaksanakan oleh PT Marga Mulya senilai ...


Kejari Kabupaten Bandung Setor Uang Pengganti Perkara Tipikor ke Kas NegaraDiduga Lakukan Pungli, Kepala Desa Dan Panitia PTSL Dilaporkan Ke Kejari PandeglangDiduga Belum Kantongi IMB, Pembangunan Tower Pemancar Dari Ratelindo Berjalan MulusPetugas Tahanan Kejari Kabupaten Bandung Amankan Pembesuk Bawa SabuDaud Pasaribu SH, : Fakta Persidangan, Objek Perkara Merupakan Harta Warisan Ibu Sinap Untuk PoniyemDewan Kunjungi Proyek 2.2 Milyar, Pelaksana Tuding Bekas PPK Persulit MerekaMerasa Dirugikan, Afrets Elat Melaporkan Keluarga Tumbel ke Polresta Manado
Laporan KhususKesakralan Gunung Pusuk Buhit Perlu DipertahankanCatatan Aliman Tua Limbong (Wartawan Jaya Pos) Menurut beberapa sumber penelitian, para ilmuwan, setelah ...


DPRD Muba Tanggapi Audiensi Baznas MubaSiap Tanggap Bencana, Kodim 0711 Pemalang Menamam Rumput VertiverPemkab Gumas Gelar Forum Konsultasi Publik Penyempurnaan Rancangan RKPD 2021Kabid Humas Polda Sulsel Silaturrahmi Dengan Wartawan MarosEbid Diana Putra: Kita Akan Wujudkan Masyarakat SejahteraPemkab Sukabumi Kembali Pertahankan Opini WTPBupati Gumas Lantik 12 Pejabat Struktural Kecamatan Manuhing