Minggu, 18 Maret 2012 - 17:55:56 WIB
Jenson Button Dari McLaren Menangkan GP F1 AustraliaKategori: Olahraga - Dibaca: 370 kali

Baca Juga:Pemakaian Gedung Baru SMAN 1 Pangururan DiresmikanBKM Sejahtera Kelurahan Matawai, Ciptakan Partisipasi KSM Dalam Pelaksanaan Kegiatan PNPM-P2KPTerlibat Berbagai Kasus, Kredibilitas Polri Ditantang Mampukah Polri Menjawabnya?Terkait Kisruh Menara BTS Bunga Mayang Sudin P2B Jaksel Menjadi Tergugat di PTUN

Melbourne, Jaya Pos

Jenson Button dari McLaren Mercedes berhasil memenangkan GP F1 Australia yang berlangtsung di sirkuit Alber park, Melbourne, Minggu (18/3). Pebalap  asal Inggris tersebut menguasai lomba yang menempuh 58 lap dan mencatat total waktu 1 jam 34 menit 09,565 detik.

Posisi kedua direbut Sebastian vettel yang menyentuh finish 2,100 detik di belakang Button, diikuti Lewis Hamiltom di urutan ketiga dan pebalap tuan rumah Mark Webber posisi keempat.

Hamilton start spin

Button melakukan start dengan sempurna, sementara rekan setimnya Hamilton tampak roda belakang spin.
Kondisi itu sangat menguntungkan Button yang lebih dulu masuk tikungan pertama. Setelah itu ia langsung membuat jarak 3 detik dan terus menjaga posisi terdepannya.

Dua mobil Mercedes, sempat menggebrak dengan merebut posisi ketiga dan keempat melalui kedua pebalapnya, Michael Schumacher dan Nico Rosberg. Namun masuk lap kedua, Vettel yang start dari urutan ke lima dapat menggeser Rosberg naik jadi keempat. Tak lama setelah itu, tepatnya lap ke-10, giliran Schumi yang dilibasnya dan pebalap Red Bull tersebut bertengger ketiga.

Jarak Button dan Hamilton kian renggang sampai 10 detik ketika Hamilton melakukan pitstop pertama. Saat masuk lintasan ia berada di belakang Kimi Raikkonen (Lotus) dan Sergio Perez (Sauber).

Balapan seri pembuka ini juga diwarnai adegan kecelakaan di antaranya dialami Romain Grosjean. Pebalap Lotus yang start ketiga, mulanya melorot urutan keenam dan jadi penonton di lap kedua setelah senggolan kuat sama Pasto Maldonado (Williams).

Pebalap Williams maldonado toga lap kemudian ke louar lintasan di tikungan keenam dan masuk gravel.Meski bisa lolos, namun kecelakaan hebat kembali menimpanya di lap terakhir mobil menghantam dinding pembatas dengan keras dan rusak parah.

Adegan senggolan lain juga terjadi antara Mark Webber dengan Nico Hulkenberg di tikungan pertama. Pebalap asal Jerman Hulkenberg dari tim Force India itu akhirnya tak dapat melanjutkan lomba.

Lomba sempat "diganggu" dengan masuknya safety car pada lap 37 setelah pebalap caterham Vitaly Petrov menghentikan mobilnya di trek lurus akibat gangguan pada setir.

Ketika mobil pemandu masuk lintasan, Button dengan cepat masuk pit mengganti ban, yang kemudian diikuti rekan setimnya Hamilton. Keduanya memakai ban kompon keras.

Sementara Red Bull memilih strategi tetap jalan. Padahal, jika Vettel ikut masuk ganti ban, saat masuk trek pun bisa berada di belakang duo McLaren.

Nasib sial dialami Felipe Massa yang habis fight dengan Daniel Ricciardo (Toro Rosso) di tikungan pertama lap 47. Satu lap kemudian, Bruno Senna (Williams) yang baru menyalip Ricciardo langsung menekan Massa di tikungan 3. Akibatnya, senggolan keras tak terelakkan dan Massa tidak bisa melanjutkan lomba.

Beruntung Ferrari masih ada Fernando Alonso yang finish di urutan ke lima. Hasil yang tidak buruk, meski diakuinya F2012 masih kalah cepat dengan McLaren dan Red Bull.

Sabastian Puas

Pebalap Red Bull Sebastian Vettel mengaku puas dengan finis kedua F1.
Hasil ini, katanya, membuktikan RB8 dalam kondisi lebih baik dari kualifikasi. "Selamat kepada McLaren dan Jenson (Button). Ia mengendarai mobil sangat fantastis dan tak ada duanya hari ini. Saya sendiri senang dengan kedua," komentar juara dunia 2010 dan 2011.

Pengakuan Vettel soal RB8 lebih baik memang telah dibuktikannya sejak awal lomba. Dengan start dari posisi kelima, pebalap Jerman ini mampu melibas Nico Rosberg dari urutan keempat dan naik lagi jadi ketiga kala Michael Schumacher berhenti pada lap 11.

Urutan kedua didapatnya dari Lewis Hamilton (McLaren) di pitstop terakhir. Setelah itu, Vettel coba mengejar Button yang berada di depan, namun tidak punya waktu.

Dikatakannya bahwa RB8 punya kecepatan yang belum dimanfaatkan dan dipertunjukkan di Melborune. Dengan finis kedua, Vettel mengaku senang karena akhir pekan ini terberat bagi timnya.

Hasil lomba
 1.  Button          McLaren-Mercedes           1h34:09.565
 2.  Vettel           Red Bull-Renault                +     2.100
 3.  Hamilton       McLaren-Mercedes              +     4.000
 4.  Webber         Red Bull-Renault                +     4.500
 5.  Alonso           Ferrari                              +    21.500
 6.  Kobayashi     Sauber-Ferrari                    +    36.700
 7.  Raikkonen     Lotus-Renault                    +    38.000
 8.  Perez            Sauber-Ferrari                    +    39.400
 9.  Ricciardo       Toro Rosso-Ferrari               +    39.500
10.  Di Resta       Force India-Mercedes          +    39.700
11.  Vergne         Toro Rosso-Ferrari               +    39.800
12.  Rosberg       Mercedes                            +    57.600
13.  Maldonado    Williams-Renault                 +     1 lap
14.  Glock           Marussia-Cosworth                +     1 lap
15.  Pic               Marussia-Cosworth               +    2 laps
16.  Senna          Williams-Renault                  +    4 laps


0 Komentar













Isi Komentar :
Nama :
Komentar:
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 



TerpopulerProyek Kawasan Wisata Penataran Blitar Abaikan Spek Kadis dan Satker Disbudpar Lempar Tanggung Jawab (59927)Walikota Tanjungbalai Hadiri Seminar Nasional Yang Diselenggarakan Pusat Kajian Selat Malaka USU Me (54179)Kejanggalan Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kab Sidoarjo Terciu (51773)Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kab Pasuruan, Realisasi Drainase di Desa Rejosari Kecamatan (15267)Perempuan Misterius Titip Bayi, Gegerkan Warga Kolelet Picung (14539)BPPT MoU Dengan Pemkab Natuna Kaji Pemanfaatan Teknologi Guna Mendukung Percepatan Pembangunan Dae (14350)Sepasang Kekasih Tewas Di Hotel Kisaran (14062)Kejahatan Freddie Tan, Menjual Aset Triliunan Milik Pemprov DKI Jakarta (13611)Sintong Gultom Bubarkan Rapat Banmus DPRD Setiran Bonaran Situmeang (13465)Perselingkuhan Antar Kepsek Akhirnya Terbongkar (9564)
Bedah JayaposPAD Dishub Bukittinggi Diduga Terjadi Kebocoran, Oknum ASN Tidak Beretika Perlu PembinaanBukittinggi, Jaya Pos Tingkat kebocoran sektor Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi perparkiran di ...


Kasektor Citata Kramat Jati Diduga Lindungi Bangunan BermasalahProyek Jalan PUPR Lahat AmburadulPT DWK Diduga Produksi CPO Dioplos MikoTiang Oktagonal Segi 8 Bengkok, Dishub Surabaya Lakukan PembiaranKegiatan Pamsimas di Kabupaten Sidoarjo Diduga Mark UpPembangunan Gerai Pusat Oleh-Oleh Diduga Gunakan Bangunan LamaPendataan Dinas Sosial Bukittinggi Diduga Pilih Kasih Pada Warga Miskin
Laporan KhususPemkab Gumas Raih Penghargaan Dari Menkumham RIKuala Kurun, Jaya Pos Pemerintah Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Bagian ...


Menjelang Hari Jadi Kabupaten Indramayu Lantik WabupWalikota Padang Panjang Kembali Terima Penghargaan Pembina ProklimPemkab Bantaeng Raih Penghargaan STBM Award Tingkat NasionalJumaga Nadeak Kembali Dilantik Pimpin DPRD KepriPimpinan Tiga Daerah ke Bantaeng Ikuti Monev Bersama KPKHari Kesaktian Pancasila Pemkot Manado Gelar Upacara Bendera45 Anggota DPRD Labuhanbatu Periode 2019 - 2014 Dilantik