Warga Simalungun Harap Menteri BUMN Kembalikan Kantor Direksi PTPN IV ke Bah Jambi

SIMALUNGUN, JAYA POS – Perpindahan kantor Direksi ( kandir ) PTPN IV dari Bah jambi, Kabupaten Simalungun ke Medan mengisahkan tuntutan dan harapan kepada Pemerintah Pusat melalui Menteri BUMN.

Tidak tanggung-tanggung, setelah 18 tahun lamanya berkantor di Medan, warga meminta Menteri BUMN agar mengembalikan kantor direksi ke Bah Jambi, Simalungun.

Hal itu sesuai dengan ungkapan Jonson Sinaga selaku putra Kecamatan Jawa Maraja Bah Jambi, Simalungun yang saat ini menjabat sebagai Anggota DPRD Simalungun periode 2019-2024 kepada Harian Jaya pos, Rabu (8/7/2020).

Jonson mengatakan bahwa sebelumnya kantor direksi PTPN IV berada di Bah Jambi kabupaten Simalungun. Dilokasi perkantoran terlihat fasilitas sarana dan prasarana kantor dan olah raga telah dilengkapi. Namun pada tanggal 26 September 2002 lalu Kantor para pejabat direksi PTPN IV itu dipindahkan ke kota Medan tanpa alasan yang jelas.

Padahal, sambung Jonson, PTPN IV itu memiliki unit usaha sebanyak 30 unit, dan hanya 4 unit yang berada diluar Kabupaten Simalungun. Artinya unit usaha PTPN IV itu lebih banyak di wilayah kabupaten Simalungun dengan angka 17 unit, dan 9 unit lagi berada di sekitar simalungun, urainya.

Lebih lanjut, Anggota DPRD dari Fraksi PDI Perjuangan itu mengaku sangat prihatin melihat kondisi dan situasi beberapa kecamatan di Kabupaten Simalungun yang berdampingan langsung dengan Unit usaha PTPN IV. “Infrastruktur jalannya hampir semua rusak, berlubang dan bahkan seperti kubangan kerbau. Tidak hanya itu, pada saat musim hujan, banjir pun melanda jalan raya dan bahkan meluap ke permukiman masyarakat,” keluhnya.

Jonson menerangkan hal itu terjadi tidak terlepas dari jarak tempuh kantor direksi dengan kantor unit-unit usaha di kabupaten Simalungun yang lumayan jauh, sehingga tidak termonitoring lagi pemerataan pembangunannya.

Miris melihat Situasi yang terjadi saat ini, Rakyat Simalungun yang punya tanah, tapi Medan yang punya untung. Untuk itu dirinya berharap agar kantor direksi PTPN IV agar di kembalikan ke Bah Jambi. Kita akan komunikasi dengan rekan-rekan DPRD dan juga Pemkab Simalungun kiranya bersatu dan berjuang,” harapnya.

Secara terpisah, pihak PTPN IV melalui Humasy Syahrul Siregar saat dikonfirmasi melalui telepon seluler tidak bersedia mengangkat meski terdengar suara panggilan. Pesan singkat yang dikirim melalui Whatsapp tidak mendapat tanggapan hingga berita ini dikirimkan ke meja redaksi. (ARS)

 762 total views,  3 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *