Scroll untuk baca artikel
BeritaHeadlineHukum & Kriminal

Pungli Masih Meyelimuti PKB Kedauang Kaliangke Jakarta Barat

61
×

Pungli Masih Meyelimuti PKB Kedauang Kaliangke Jakarta Barat

Sebarkan artikel ini
Kantor PKB Kedaung Kaliangke Jakarta Barat.

JAKARTA, JAYA POS – Pelayanan di Balai Pengujian Kenderaan Bermotor (PKB) Keadaung Kaliangke Jakarta Barat saat ini belum ada perubahan signifikan, bahkan pungli semakin terorganisir oleh oknum oknum petugas PKB Kedaung Kaliangke Jakarta Barat.

Dari investigasi wartawan JAYA POS dilapanagan, bahwa setiap mobil yang masuk dibawa oleh biro jasa untuk melakukan KIR dikenai Rp 100.000, biaya itu diluar biaya resmi yang sudah ditentukan oleh pemerintah.

Advertisement
scroll kebawah untuk lihat konten

Seorang biro jasa inisial M  yang sering berurusan di UP PKB Kedaung Kaliangke mengatakan, bahwa uang pelicin Rp 100.000 perunit mobil yang masuk untuk diuji sudah bukan rahasia umum lagi. “ Kami kan cari makan disini Bang, jika itu tidak diberikan, kami akan dipersulit untuk mengurus uji kenderaan tersebut, dengan terpaksa itu kami berikan kepada oknum orang dalam ” ujar M kepada JAYA POS.

Menurut M,  90 % pengurus uji KIR adalah biro jasa. Jika pemiliknya langsung  melakukan diuji KIR, kebanyakan gagal, sehingga mereka tidak mau repot berurusan dengan pelayan uji KIR dan meyerahkan kepada biro jasa untuk diuruskan.

JAYA POS melayangkan surat konfirmasi kepada Kepala Unit PKB Kedaung Kaliangke Jakarta Barat Cristianto ATD, MT, membantah adanya pungli dipelayanan uji KIR PKB Kedaung Kaliangke.

Biaya Distrubusi

Berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2015 Tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2012 Tentang Retribusi Daerah, terdapat 5 (lima) jenis kendaraan yang dilakukan pengujian dan memiliki biaya retribusi sebagai berikut:

Mobil barang: Rp 87.000

Mobil bus: Rp 87.000

Kereta tempel dan gandengan: Rp 87.000

Kendaraan jenis IV/bajaj: Rp 71.000

Mobil penumpang umum: Rp 62.000

(Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *