Scroll untuk baca artikel
BeritaHeadline

Anjangsana di Makam Bupati Pertama Dharmasraya Nampak Berlangsung Khidmat

39
×

Anjangsana di Makam Bupati Pertama Dharmasraya Nampak Berlangsung Khidmat

Sebarkan artikel ini

DHARMASRAYA,JAYA POS – Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Dharmasraya ke-20 seperti tahun sebelumnya, melakukan anjangsana ke makam Penjabat Bupati Dharmasraya pertama, Almarhum Ahmad Munawar di Nagari Koto Padang, Kecamatan Koto Baru kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat Sabtu (06/01/24).

Dalam suasana lembab dan dingin di tengah rintikan hujan yang turun dari semalam di wilayah Dharmasraya. Acara anjangsana dan tabur bunga  tetap berlangsung dilakukan.

Advertisement
scroll kebawah untuk lihat konten

Acara dimulai dengan pembacaan do’a, dan dilanjutkan pembacaan riwayat hidup Almarhum Ahmad Munawar, oleh Kepala BKPSDM Dharmasraya, Yusrizal. Lalu mendengarkan sepatah kata dari ahli waris keluarga Ahmad Munawar. Kemudian sepatah kata dari Bupati Dharmasraya, serta meletakkan papan karangan bunga, tabur bunga, ritual penyiraman dan ditutup dengan do’a.

Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, dalam sambutannya dalam sambutannya menuturkan, anjangsana yang dilakukan setiap tahunnya dilakukan merupakan bentuk penghargaan dan penghormatan kepada Almarhum Ahmad Munawar.

Atas perjuangan dan pengabdiannya untuk Kabupaten Dharmasraya semasa hidup. Namun pada tahun ini  dalam suasana berbeda di musim penghujan, untung disediakan tenda sebagai tempat berteduh bagi peziarah.

Sutan Riska menyampaikan bahwa, Ahmad Munawar merupakan Bupati pertama yang merintis dasar pemerintahan Kabupaten Dharmasraya. Perjuangan dan pengorbanan beliau dengan tokoh pemekaran saat itu sangatlah banyak sebagai pejabat Bupati dapat dibayangkan betapa sulitnya beliau menjalankan roda pemerintahan saat itu.

“Atas nama pemerintahan daerah dan masyarakat kami ucapkan terimakasih kepada masyarakat Nagari Koto Padang yang melahirkan putra terbaiknya. Dan telah berkontribusi nyata dalam penyelenggaraan pemerintahan. Ini sebagian dari rasa penghormatan kita pada almarhum sebagai seorang pejabat negara, dan pamong senior yang telah banyak meletakkan dasar-dasar penyelenggaraan pemerintah pada daerah otonomi baru Dharmasraya. Kemudian  kami datang untuk mengenang, mendoakan, serta menyampaikan rasa bangga dengan perjuangan dan pengabdian almarhum untuk kabupaten tercinta ini,” kata Sutan Riska.

Sementara itu, ahli waris yakni Riri, Putri dari Almarhum Ahmad Munawar, dalam kesempatan yang sama menyampaikan rasa terima kasih kepada segenap rombongan yang hadir dalam anjangsana tersebut. Yang setiap tahun terus menyempatkan diri untuk berziarah ke makam ayahanda.

“Semoga dengan kedatangan kita semua  yang datang untuk memberikan doa dapat menjadi penyejuk dan pelapang kubur almarhum ayahanda,”  kata Anak almarhum Ahmad Munawar.

Putri  Almarhum Ahmad Munawar tersebut menyatakan bersenang hati melihat kemajuan Dharmasraya di di bawah pimpinan bupati sekarang ini.

“Dharmasraya dulu dan sekarang jauh lebih berbeda, dharmasraya sudah lebih maju bahkan dikenal di penjuru Indonesia”, tutupnya

Turut hadir dalam kesempatan itu, anggota DPRD Provinsi Sumbar, Leli Arni, Sekda Adlisman, Forkopimda, Asisten, Staf Ahli dan jajaran lainnya di pemerintahan Dharmasraya. Kemudian LKAAM, Ketua MUI, para niniak mamak, alim ulama, cadiak pandai, tokoh masyarakat, bundo kanduang lainnya dan keluarga dari almarhum Ahmad Munawar. (BsC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *