Scroll untuk baca artikel
BeritaHeadline

FGD Pembinaan Statistik Sektoral 2024 di Dharmasraya Menuju Peningkatan Kualitas Data

20
×

FGD Pembinaan Statistik Sektoral 2024 di Dharmasraya Menuju Peningkatan Kualitas Data

Sebarkan artikel ini

DHARMASRAYA, JAYA POS – Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, melalui perwakilannya Sekda Adlisman, membuka Fokus Group Discussion (FGD) Pembinaan Statistik Sektoral Tahun 2024 di Auditorium Kantor Bupati Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat. Acara ini diselenggarakan oleh BPS bekerja sama dengan Kominfo Dharmasraya pada Senin, 05/02/24.

Sekda menyampaikan terima kasih kepada BPS Dharmasraya dan stafnya atas penyelenggaraan FGD ini, yang bertujuan untuk mewujudkan data yang akurat sesuai dengan Perpres Nomor 39 tahun 2019 tentang satu data Indonesia. Kebijakan ini menuntut pembentukan Forum Satu Data Indonesia di berbagai tingkatan, sebagai wadah koordinasi untuk penyelenggaraan data yang terpadu.

Advertisement
scroll kebawah untuk lihat konten

FGD ini penting untuk meningkatkan pemahaman pejabat teknis yang mengelola data informasi di Pemerintah Kabupaten Dharmasraya dan memperkuat sistem informasi data yang terintegrasi. Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPPS) tahun 2023 oleh BPS bertujuan untuk mengukur kemajuan penyelenggaraan statistik sektoral pada instansi pusat dan pemerintah daerah.

Dengan nilai Indeks Pembangunan Statistik (IPS) Pemkab Dharmasraya tahun 2023 masih kurang, FGD ini diharapkan dapat memberikan informasi dan penjelasan terkait evaluasi tahun sebelumnya serta implementasi tahun berikutnya. Komitmen dari semua pihak terkait serta kerjasama antara BPS dan Pemkab Dharmasraya diperlukan untuk meningkatkan nilai IPS dan mewujudkan Sistem Statistik Nasional yang andal, efisien, dan Satu Data Indonesia.

Sementara itu, Sekda juga menekankan pentingnya meningkatkan kualitas penyelenggaraan statistik sektoral dan penyediaan data yang akurat pada semua instansi pemerintah, khususnya pemerintah daerah, untuk perencanaan dan meningkatkan efektivitas serta efisiensi pembangunan daerah.

Selain itu, apresiasi disampaikan kepada semua pihak atas upaya, dukungan, dan komitmen dalam pembinaan statistik sektoral yang dilaksanakan oleh BPS Kabupaten Dharmasraya pada tahun 2022 dan 2023, imbuhnya. (BsC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *