Scroll untuk baca artikel
BeritaHeadline

Menteri Sosial RI Tinjau Langsung Dampak Bencana Banjir dan Tanah Longsor di Pesisir Selatan

44
×

Menteri Sosial RI Tinjau Langsung Dampak Bencana Banjir dan Tanah Longsor di Pesisir Selatan

Sebarkan artikel ini

PESISIR SELATAN, JAYA POS – Menteri Sosial Republik Indonesia, Tri Rismaharini, melakukan kunjungan ke Kabupaten Pesisir Selatan guna meninjau secara langsung dampak dari bencana banjir dan tanah longsor yang baru-baru ini melanda daerah Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat Kamis 14 Maret 2024.

Kedatangan Menteri Rismaharini disambut oleh Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, bersama dengan beberapa pejabat terkait lainnya di Painan, termasuk Kapolres AKBP Nurhadiyansah dan Forkopimda.

Advertisement
scroll kebawah untuk lihat konten

Salah satu lokasi yang disinggahi oleh Menteri Rismaharini adalah Nagari Bungo Pasang, Kecamatan IV Jurai, yang merupakan daerah yang paling parah terdampak oleh banjir yang terjadi pada Kamis, 7 Maret lalu.

Dampak dari bencana ini sangat merusak, dengan infrastruktur seperti rumah, jembatan, jalan, serta lahan pertanian dan perkebunan mengalami kerusakan signifikan. Banjir ini dipicu oleh tingginya curah hujan yang menyebabkan Batang Salido meluap, menyebabkan genangan air yang merendam pemukiman dan merusak berbagai infrastruktur.

Menteri Rismaharini menyampaikan belasungkawa yang mendalam atas musibah yang menimpa Kabupaten Pesisir Selatan, yang tidak hanya menelan korban jiwa namun juga menyebabkan kerugian materi yang besar.

“Saya meminta kepada pemerintah daerah dan pihak terkait untuk memberikan respons tanggap darurat yang maksimal dalam penanganan bencana alam ini. Pengelolaan dapur umum juga perlu dioptimalkan untuk melayani korban di lapangan,” ujar Menteri Rismaharini.

Selain itu, Menteri Rismaharini juga menekankan pentingnya keterlibatan Dinas Sosial dan tim relawan seperti Tagana untuk memberikan bantuan secara cepat dan terkoordinir kepada korban bencana.

Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, mengucapkan terima kasih atas kunjungan Menteri Rismaharini ke daerahnya, sementara menyatakan bahwa bantuan dari pemerintah dan pihak terkait sangat dibutuhkan oleh korban yang kehilangan tempat tinggal akibat bencana ini.

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto, dan Gubernur Sumatera Barat Buya Mahyeldi juga telah melakukan kunjungan ke lokasi bencana alam ini, menunjukkan komitmen pemerintah dalam memberikan bantuan dan mendukung pemulihan daerah terdampak.(BsC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *