Scroll untuk baca artikel
BeritaHeadline

Pemkab Pessel Gelar Upacara Memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-116 Berjalan Khidmat

34
×

Pemkab Pessel Gelar Upacara Memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-116 Berjalan Khidmat

Sebarkan artikel ini

PESISIR SELATAN,JAYA POS – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan menggelar upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-116 tahun 2024 di halaman Kantor Bupati Pesisir Selatan pada Senin (20/05). Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, bertindak sebagai inspektur upacara.

Acara tersebut dihadiri oleh anggota Forkopimda Kabupaten Pesisir Selatan, Sekretaris Daerah, Asisten Sekda, Staf Ahli, pimpinan OPD, kepala bagian lingkungan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, dan pimpinan Cabang Bank Nagari Painan.

Advertisement
scroll kebawah untuk lihat konten

Dalam sambutannya, Bupati Rusma Yul Anwar membacakan amanat Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Budi Arie Setiadi. Ia menyampaikan bahwa lebih dari seabad lalu, tepatnya pada 20 Mei 1908, berdirilah Organisasi Boedi Oetomo yang menjadi tonggak awal cita-cita kemerdekaan Indonesia. Hari berdirinya Boedi Oetomo inilah yang kini diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional.

“Boedi Oetomo menjadi tempat awal di mana orang belajar dan berdiskusi tentang banyak hal, seperti pentingnya pendidikan Barat bagi rakyat Hindia Belanda serta penyebaran pendidikan bagi seluruh lapisan masyarakat tanpa memandang status sosial. Dari sana timbul pula pemikiran tentang pentingnya memperluas keanggotaan yang mencakup seluruh rakyat Hindia Belanda,” kata Bupati Rusma Yul Anwar mengutip amanat Menkominfo.

Bupati juga menambahkan, sebelum adanya Boedi Oetomo, sudah ada Kartini, seorang perempuan dari kota kecil Jepara yang mengawali lahirnya gagasan kemerdekaan, kebebasan, kesetaraan, keadilan, persaudaraan, dan kemajuan melalui tulisan-tulisannya yang tersebar ke penjuru dunia.

“Apa yang digagas oleh Boedi Oetomo, Kartini, dan para pendiri bangsa kemudian dirumuskan oleh Bung Karno sebagai ‘Jembatan Emas’. Kemerdekaan dibayangkan oleh Bung Karno sebagai sebuah ‘Jembatan Emas’ yang akan membawa bangsa Indonesia menuju kehidupan yang sejahtera lahir dan batin di atas tanah sendiri,” ujar Bupati Rusma Yul Anwar.(BsC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *