Scroll untuk baca artikel
BeritaHeadline

Ketua DPRD Dharmasraya Hadiri Upacara Hari Lahir Pancasila 2024

22
×

Ketua DPRD Dharmasraya Hadiri Upacara Hari Lahir Pancasila 2024

Sebarkan artikel ini

DHARMASRAYA, JAYA POS – Ketua DPRD Dharmasraya, Pariyanto, S.H, menghadiri upacara memperingati Hari Lahir Pancasila tahun 2024 yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Dharmasraya di Halaman Kantor Bupati Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat, pada Sabtu (1/6/2024).

Upacara tersebut dipimpin oleh Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Dharmasraya, Adlisman. Acara ini juga dihadiri oleh berbagai pejabat penting, termasuk Kapolres Dharmasraya, Dandim 0310/SSD, Kajari, Ketua Pengadilan Negeri Pulau Punjung, Ketua Pengadilan Agama, Kalapas Kelas III Dharmasraya, Ketua MUI, staf ahli bupati, asisten, kepala OPD, mahasiswa, ASN, serta TNI/Polri.

Advertisement
scroll kebawah untuk lihat konten

Dalam sambutannya, Sekda Adlisman membacakan pesan dari Kepala Badan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi, yang menekankan pentingnya Hari Lahir Pancasila. “Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 ini mengusung tema ‘Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045’. Tema ini menegaskan bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa. Dalam menyongsong 100 tahun Indonesia emas yang maju, mandiri, dan berdaulat,” ujar Sekda Adlisman.

Sekda menambahkan bahwa Pancasila adalah anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa yang menjadi pedoman kehidupan bangsa, memuat nilai-nilai luhur seperti inklusivisme, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada adalah berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika”.

“Dalam momentum bersejarah ini, saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk membumikan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” lanjutnya.

Pancasila harus senantiasa dijadikan pedoman agar menjadi ideologi yang bekerja dan dirasakan manfaatnya oleh seluruh rakyat Indonesia. Selain regulasi yang berlandaskan Pancasila, diperlukan juga keteladanan yang tercermin dari etika, integritas, dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia.

Sekda juga menyoroti pesatnya kemajuan teknologi informasi yang harus dimanfaatkan untuk menyiarkan konten-konten positif yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila di tengah masyarakat.

“Saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk mengarusutamakan Pancasila dengan metode dan cara kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa,” harapnya.

Dengan semangat Pancasila, Sekda yakin bangsa Indonesia akan mampu menghadapi berbagai tantangan dan menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik. Keberhasilan ini adalah hasil gotong royong seluruh anak bangsa dengan ideologi Pancasila sebagai fondasi dasarnya.

“Saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni. Kita harus bekerja sama menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala senantiasa memberikan perlindungan dan petunjuk kepada kita semua untuk kejayaan bangsa dan negara Indonesia,” pungkasnya.(BsC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *