Scroll untuk baca artikel
BeritaNusantara

Gizi Buruk di Pessel: Balita Fathul Pasha Siap Dirujuk ke Jakarta untuk Operasi Jantung

21
×

Gizi Buruk di Pessel: Balita Fathul Pasha Siap Dirujuk ke Jakarta untuk Operasi Jantung

Sebarkan artikel ini

PESISIR SELATAN, JAYA POS – Petugas gizi dari Puskesmas Surantih, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat, melakukan kunjungan ke rumah balita gizi buruk di Kampung Pasar Taratak, Nagari Taratak, Senin 08 Juli 2024.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Pessel, Intan Novia Fatma Nanda, menjelaskan bahwa kunjungan tersebut dilakukan untuk memberikan bantuan dan evaluasi langsung kepada balita bernama Fathul Pasha, 17 bulan, anak dari Hendri Putra (36) dan Fitria (32). “Petugas kami turun langsung ke rumah balita yang mengalami gizi buruk tersebut pada Jumat (6/7) lalu, didampingi bidan desa,” ujar Intan.

Fathalul Pasha, yang lahir pada 11 Januari 2023, direncanakan akan dirujuk ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo di Jakarta pada 13 Juli 2024 untuk operasi jantung bocor. “Melalui bantuan Dompet Dhuafa, Fathalul akan tinggal di Rumah Singgah Salter Sehati selama menjalani pengobatan, yang diperkirakan memakan waktu hingga 6 bulan,” jelasnya.

Selama kunjungan, petugas gizi memberikan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) sebagai Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MP-ASI) kepada Fathalul dan melakukan penyuluhan tentang gizi kepada orang tua balita. “Kami juga memberikan motivasi dan semangat agar operasi berjalan lancar,” tambah Intan.

Kasus ini menunjukkan pentingnya perhatian terhadap kesehatan gizi anak-anak di Pesisir Selatan, dan upaya pemerintah daerah dalam menangani kasus gizi buruk secara langsung dan terencana.(BsC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *