Scroll untuk baca artikel
Nasional

Kapolres Hadiri Pembukaan MTQ Nasional Ke XI Tingkat Kabupaten Dharmasraya 2022

70
×

Kapolres Hadiri Pembukaan MTQ Nasional Ke XI Tingkat Kabupaten Dharmasraya 2022

Sebarkan artikel ini

DHARMASRAYA JAYA POS – Kapolres Dharmasraya AKBP Nurhadiansyah S.I.K menghadiri acara Pembukaan MTQ Nasional ke XI tingkat Kabupaten Dharmasraya di lapangan Bola Kaki Sopan Jaya Kecamatan Padang Laweh Kabupaten Dharmasraya, Kamis  (17/11/2022)  berkisar pada pukul 13.30 wib.

Kegiatan pembukaan MTQ Nasional ke-XI dikutip dari 500 peserta yang tergabung dalam utusan Kafilah dari 11 kecamatan yang ada di kabupaten Dharmasraya.

Advertisement
scroll kebawah untuk lihat konten

Pembukaan diawali dengan pembacaan doa dari  Ketua Kemenag Kabupaten Dharmasraya H. Okto Verisman, S.Ag,M.A selanjutnya Sambutan dari  ketua  Panitia  menyampaikan bahwa  tujuan diselenggarakan MTQ ini adalah

  1. untuk meningkatkan syiar agama di kabupaten Dharmasraya.
  2. Menumbuhkan pemahaman Alquran pada generasi muda kabupaten Dharmasraya
  3. Mendorong dan menumbuh kembangkan TPQ/TPSQ yang ada di kabupaten Dharmasraya.
  4. Agar nilai-nilai yang terkandung dalam mudah di pahami dalam kehidupan sehari-hari.

Musabaqoh Tilawatil Qur’an  Nasional XI tingkat Kabupaten Dharmasraya ini melombakan 20 cabang yang terdiri dari, Cabang Tilawatil Qur’an, Hafizil Qur’an, Tartil Qur’an, Khotmil Qur’an, Tahlil Qur’an, Khutbah Jumat dan azan, kitab standar, Bintang Qosidah, Seni Kaligrafi Alquran, yang bertemakan ” Alquran membumi Generasi Berbudaya” tegasnya.

Pada kesempatan itu, Kepala Kantor Wilayah Kemenag Prov. Sumatera Barat yang diwakili Kabid Penerangan Agama Islam H. Yusrizal, S.Ag.,M.A. pada sambutannya   menyampaikan

Kegiatan MTQ adalah perhelatan yang sudah melekat dihati masyarakat Indonesia yang diadakan  secara rutin dan berjenjang mulai tingkat nagari/desa sampai ke tingkat Nasional.

MTQ ini bukan hanya sekedar untuk di perlombakan, dan membaca saja, akan tetapi untuk dijadikan pedoman dan edukasi kepada Umat untuk  lebih mencintai dan membumikan Al Quran, tambahnya.

Kegiatan selanjutnya  Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Dewan Hakim oleh Bupati Dharmasraya  serta  Penyerahan Tropi bergilir oleh Juara Umum MTQ Nasional & Tingkat kab. Dharmasraya Tahun 2018 Kepada Bupati Dharmasraya.

Puncak kegiatan adalah  sambutan dari Bupati Kabupaten Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, S.E. yang menyampaikan dan  mengajak seluruh masyarakat Dharmasraya menjadikan momentum MTQ  sebagai salah satu upaya untuk lebih menyiarkan agama Islam.

kegiatan  ini ditutup dengan Pengibaran Bendera MTQ yang  Diiringi Hymne MTQ dan  dilanjutkan dengan Mars MTQ

serta  Devile Kafilah dari 11 Kecamatan (Kafilah dan Ketua Rombongan Setiap Kecamatan) yang diakhiri Penampilan Seni masal dan Budaya dari pelajar SD dan SMP se kecamatan Padang laweh.

Pada kesempatan yang terpisah Kapolres Dharmasraya AKBP Nurhadiansyah ,S.I.K menyampaikan untuk pengamanan penyelenggaraan MTQ Nasional Ke-XI di Padang Laweh Kabupaten Dharmasraya pihak Polres menurunkan personil untuk melakukan pengaman dan mendukung penuh kegiatan MTQ tingkat Kabupaten yang dilaksanakan selama 3 hari (17 sampai 20 September 2022).

“Kami menurunkan 54 personel yang akan  memberikan pengamanan kegiatan mulai dari kegiatan Pembukaan hingga Penutupan nanti. Selain Personil Polri dari Polres Dharmasraya juga ada unsur pengamanan lain yang ikut mengamankan kegiatan MTQ ini seperti dari TNI (Koramil Kota baru, Satpol PP dan Dishub Kab. Dharmasraya,”ujar Kapolres. (Basrul Chaniago)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *