Scroll untuk baca artikel
BeritaHeadline

Sosialisasi Pelaksanaan Poskesri dan Posyandu Prima: Langkah Inovatif Puskesmas Tanjung Beringin

97
×

Sosialisasi Pelaksanaan Poskesri dan Posyandu Prima: Langkah Inovatif Puskesmas Tanjung Beringin

Sebarkan artikel ini

PESISIR SELATAN, JAYA POS – Puskesmas Tanjung Beringin, Kecamatan Lunang, Kabupaten Pesisir Selatan menggelar kegiatan Sosialisasi Pelaksanaan Poskesri dan Posyandu Prima Nagari Lunang Barat Tahun 2024 di aula kantor wali nagari Lunang Barat Kecamatan Lunang Silaut Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat, Kamis (22/2/2024).

Kepala Puskesmas Tanjung Beringin, Yanti Novita, SKM, M.KM, menyampaikan bahwa sebagai pusat layanan kesehatan masyarakat tingkat pertama, Puskesmas memiliki peran vital dalam menjaga kesehatan masyarakat. Dengan adanya integrasi layanan primer, diharapkan pemenuhan kebutuhan di posyandu dan puskesmas dapat lebih terjamin.

Advertisement
scroll kebawah untuk lihat konten

Poskesri dan Posyandu Prima merupakan bagian dari transformasi sistem kesehatan yang bertujuan untuk memberikan pelayanan yang optimal dari berbagai tahapan kehidupan. Mulai dari ibu hamil, bayi balita, remaja putri, usia produktif, hingga lansia, setiap siklus kehidupan tersebut akan mendapatkan pelayanan yang terintegrasi.

Pelaksanaannya mencakup skrining kesehatan awal yang dilanjutkan dengan tindak lanjut di Puskesmas jika ditemukan kondisi kesehatan yang abnormal. Selain itu, penyuluhan terkait dengan masalah kesehatan serta pemberian pengobatan juga menjadi bagian dari program ini.

Integrasi program ini memungkinkan pelaksanaan posyandu bayi/balita, ibu hamil, posyandu lansia, posyandu remaja, dan posbindu PTM secara serentak, mencapai sasaran yang lebih luas, dan meningkatkan koordinasi dalam peningkatan pelayanan kesehatan.

“Nagari Lunang Barat menjadi nagari pertama di Kecamatan Lunang yang dilakukan sosialisasi. Direncanakan pelaksanaan posyandu prima pada awal bulan Maret 2024 dengan melibatkan 2 posyandu di Nagari Lunang Barat yaitu Posyandu Anggrek dan Posyandu Melati 2B yang menjadi posyandu prima percontohan bagi posyandu di nagari lain di wilayah kerja Puskesmas Tanjung Beringin,” ujar Yanti Novita.(BsC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *