Scroll untuk baca artikel
BeritaHeadline

Diskominfo Pesisir Selatan dan BPS Gelar Kegiatan Pembinaan Statistik Sektoral

52
×

Diskominfo Pesisir Selatan dan BPS Gelar Kegiatan Pembinaan Statistik Sektoral

Sebarkan artikel ini

PESISIR SELATAN, JAYA POS – Diskominfo Pesisir Selatan bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Pesisir Selatan menyelenggarakan Kegiatan Pembinaan Statistik Sektoral Kabupaten Pesisir Selatan dan Peningkatan Capaian Indeks EPSS di Triza Hotel Painan Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat, Rabu 06 Maret 2024.

Kegiatan ini dihadiri oleh 11 Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta diundang Sekretaris Daerah Pesisir Selatan yang diwakili oleh Kepala Diskominfo Pessel, Wendi, S.H., M.Hum. Dalam sambutannya, Sekda yang diwakili oleh Kadis Diskominfo Wendy, S.H., M.Hum, menjelaskan bahwa kegiatan EPSS menghasilkan Indeks Pembangunan Statistik (IPS), di mana Kabupaten Pesisir Selatan mendapatkan nilai 1,62 pada tahun 2023, termasuk dalam kategori kurang. Oleh karena itu, kegiatan pembinaan statistik ini sangat penting untuk persiapan penilaian EPSS tahun 2024.

Advertisement
scroll kebawah untuk lihat konten

Kepala Diskominfo Pesisir Selatan menegaskan bahwa data statistik sektoral sangat penting dalam perencanaan, monitoring, dan evaluasi pembangunan. Dia berharap bahwa data statistik yang dihasilkan oleh OPD dapat membantu dalam mensejahterakan masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan.

Kepala BPS Pesisir Selatan, Hendro, juga menekankan pentingnya kualitas SDM dalam pembangunan nasional, serta harapannya agar eksistensi data sektoral dapat membaik dan menjadi rujukan bagi pemangku kepentingan.

Kegiatan ini diisi oleh narasumber dari BPS Pessel dan Diskominfo, yang memberikan materi tentang evaluasi penyelenggaraan statistik sektoral, proses bisnis statistik, SDI, sistem statistik nasional, dan kelembagaan.

Kepala Bidang Statistik dan Persandian Irwan Fahlifi, sebagai penyelenggara kegiatan, mengatakan bahwa dalam penyelenggaraan kegiatan statistik, diperlukan koordinasi dan kolaborasi antar unit kerja/perangkat daerah di suatu instansi pemerintah.

Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan capaian indeks EPPS dan kualitas data statistik sektoral di Kabupaten Pesisir Selatan.(BsC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *