Scroll untuk baca artikel
BeritaHeadline

Program Gaung Pasisia di Radio 91.20 Langkisau FM: Pentingnya Menjadi Peserta JKN

52
×

Program Gaung Pasisia di Radio 91.20 Langkisau FM: Pentingnya Menjadi Peserta JKN

Sebarkan artikel ini

PESISIR SELATAN, JAYA POS – Gaung Pasisia di Radio 91.20 Langkisau FM, diadakan acara yang mendatangkan narasumber dari BPJS Tenaga Kesehatan Cabang Padang. Narasumber tersebut membahas tema “Kesadaran Pentingnya Menjadi Peserta JKN (Jaminan Kesehatan Nasional)” serta memperkenalkan Program Donasi JKN. Di Painan Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat, Kamis 07 Maret 2024.

Kepala Bagian Kepesertaan BPJS Kesehatan Cabang Padang, Faisal Hutama Putra, hadir langsung di studio untuk menjelaskan tentang program JKN dan upaya meminimalisir kendala yang ada. Faisal mengungkapkan bahwa kondisi kepesertaan di Kabupaten Pesisir Selatan masih di bawah rata-rata nasional, dengan hanya 86,39% penduduk menjadi peserta JKN pada Februari 2024.

Advertisement
scroll kebawah untuk lihat konten

Faisal menegaskan pentingnya dukungan dari semua stakeholder dan masyarakat Pesisir Selatan untuk mensukseskan program JKN ini. Dia juga menyampaikan hak dan kewajiban peserta JKN, termasuk mendaftar sebagai peserta, membayar iuran secara rutin, melaporkan perubahan kepesertaan, dan menaati prosedur untuk memperoleh manfaat pelayanan kesehatan.

Selain itu, Faisal menjelaskan perbedaan antara JKN dan BPJS, di mana JKN merupakan program jaminan sosial perlindungan kesehatan bagi yang telah membayar iuran, sementara BPJS adalah badan hukum publik yang bertanggung jawab langsung terhadap presiden dalam menyelenggarakan program JKN.

Peserta JKN memiliki hak untuk menentukan fasilitas kesehatan yang terdaftar, memanfaatkan NIK atau aplikasi mobile JKN, mendapatkan informasi tentang hak dan kewajiban, serta menyampaikan pengaduan kepada BPJS Tenaga Kesehatan.

Untuk warga Pesisir Selatan yang ingin mendaftar, mereka dapat mengunjungi kantor BPJS di Painan, mendaftar melalui WA pandawanya pada hari kerja, atau melalui aplikasi mobile JKN. Mereka juga dapat menunggu kehadiran BPJS keliling yang terjadwal rutin di setiap kecamatan untuk pembukaan pendaftaran.(BsC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *