Scroll untuk baca artikel
BeritaNusantara

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Tanggap Bencana Banjir dan Tanah Longsor

64
×

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Tanggap Bencana Banjir dan Tanah Longsor

Sebarkan artikel ini

PESISIR SELATAN, JAYA POS – Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar, menyampaikan langkah-langkah sigap yang diambil oleh pemerintah kabupaten untuk membantu masyarakat yang terdampak bencana banjir dan tanah longsor, termasuk penanganan langsung dan pendataan awal.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan telah mengambil tindakan sigap dalam menangani bencana banjir dan tanah longsor yang melanda wilayah tersebut. Bupati Rusma Yul Anwar menjelaskan bahwa berbagai langkah telah dilakukan, termasuk penugasan personil dari berbagai instansi terkait ke lapangan untuk membantu masyarakat yang terkena dampak.

Advertisement
scroll kebawah untuk lihat konten

Beberapa langkah yang dilakukan secara kontinu antara lain melibatkan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang, Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Lingkungan Hidup, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Pertanian, Dinas Kesehatan, Dinas Perikanan dan Kelautan, Dinas Sosial Perlindungan Perempuan dan Anak, Dinas Perhubungan, dan instansi lainnya.

Salah satu tugas utama yang dilakukan adalah pendataan awal terkait infrastruktur yang rusak dan kerugian aset milik pemerintah, serta harta benda milik masyarakat yang terdampak banjir dan tanah longsor. Staf ahli bupati beserta kepala perangkat daerah diundang untuk hadir dalam rapat tanggap darurat yang digelar pada Jumat, 8 Maret 2024, di ruang rapat bupati.

Dalam rapat tersebut, Dinas Pekerjaan Umum dan Penanggulangan Bencana Daerah menugaskan tim alat berat untuk membersihkan tanah longsor dan tim pemotongan pohon tumbang. Kantor Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran menurunkan tim pemadam kebakaran untuk membersihkan lumpur di fasilitas umum seperti kantor, sekolah, masjid, dan jalan. Sementara itu, para camat bertugas mengkoordinir pendataan dan penanggulangan darurat di wilayah kecamatan masing-masing.

Bupati Rusma Yul Anwar mengajak masyarakat untuk tetap bersabar dan mendekatkan diri kepada Allah SWT dalam menghadapi ujian ini. Ia juga mengajak semua pihak untuk bersama-sama bangkit dan menata kehidupan yang lebih baik ke depan.

Dengan langkah-langkah sigap yang diambil oleh pemerintah kabupaten dan koordinasi yang baik antarinstansi, diharapkan bantuan kepada masyarakat yang terdampak bencana banjir dan tanah longsor dapat diberikan dengan tepat dan efektif. Selain itu, ajakan bupati untuk tetap bersabar dan optimis juga menjadi semangat bagi masyarakat dalam menghadapi ujian ini.(BsC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *