Scroll untuk baca artikel
BeritaNusantara

Puskesmas Air Haji Gelar Skrining Merokok bagi Pelajar Usia 10-18 Tahun di Pesisir Selatan

29
×

Puskesmas Air Haji Gelar Skrining Merokok bagi Pelajar Usia 10-18 Tahun di Pesisir Selatan

Sebarkan artikel ini

PESISIR SELATAN, JAYA POS – Puskesmas Air Haji, menggelar skrining merokok bagi pelajar usia 10-18 tahun di sekolah sekolah Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat Senin 27 Mei 2024.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menangani perilaku merokok di kalangan remaja, yang semakin mengkhawatirkan.

Advertisement
scroll kebawah untuk lihat konten

Petugas Puskesmas Air Haji yang terlibat dalam kegiatan ini, Violetta Rezki dan Ns. Rahmadial Fitri, S.Kep, menjelaskan bahwa skrining dilakukan melalui program Penyakit Tidak Menular (PTM) dan Usaha Berhenti Merokok (UBM). Kegiatan ini diawali dengan perkenalan petugas, pembagian kuesioner, serta edukasi mengenai bahaya merokok.

“Tujuan dari skrining ini adalah untuk mendapatkan data awal tentang perilaku merokok di lingkungan sekolah, baik dari siswa, guru, maupun orang-orang yang terlibat dalam proses belajar mengajar. Ini merupakan langkah awal untuk program Usaha Berhenti Merokok,” ungkap Violetta Rezki.

Perilaku merokok yang kini tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa tetapi juga oleh kalangan remaja, menjadi perhatian serius bagi pihak sekolah, orang tua, dan elemen masyarakat lainnya. Melalui kegiatan skrining ini, diharapkan dapat ditemukan solusi yang tepat untuk mengurangi dan mencegah perilaku merokok di kalangan remaja.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan, Intan Novia, memberikan apresiasi kepada Puskesmas Air Haji atas inisiatif dan upaya mereka dalam melakukan skrining merokok di sekolah-sekolah. “Perilaku merokok saat ini tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa, tetapi juga oleh kalangan remaja. Hal ini perlu menjadi perhatian serius kita bersama,” ujarnya.

Intan Novia menekankan pentingnya kerja sama antara sekolah, orang tua, dan masyarakat dalam menangani masalah ini. “Kami berharap melalui kegiatan seperti ini, kesadaran akan bahaya merokok di kalangan remaja dapat meningkat, dan upaya untuk mengurangi perilaku merokok dapat berjalan lebih efektif,” tambahnya.

Dengan adanya kegiatan skrining ini, diharapkan dapat diperoleh gambaran yang lebih jelas mengenai prevalensi perilaku merokok di kalangan pelajar, sehingga langkah-langkah pencegahan dan penanggulangan dapat disusun dengan lebih baik.

Puskesmas Air Haji berkomitmen untuk terus melakukan edukasi dan program-program yang mendukung kesehatan masyarakat, khususnya dalam menangani perilaku merokok di kalangan remaja, demi menciptakan generasi muda yang sehat dan bebas dari bahaya rokok. (BsC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *