Scroll untuk baca artikel
BeritaHeadline

Kominfo Dukung Digitalisasi Transaksi Pemerintahan di Pesisir Selatan

19
×

Kominfo Dukung Digitalisasi Transaksi Pemerintahan di Pesisir Selatan

Sebarkan artikel ini

PESISIR SELATAN,JAYA POS – Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Pesisir Selatan semakin memperkuat sinergi dan komunikasi konstruktif dengan berbagai pihak untuk mendukung digitalisasi pemerintahan di daerah Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat Minggu 2 Juni 2024.

Kepala Bidang Aptika Diskominfo Pesisir Selatan, Syafrudin, menegaskan bahwa digitalisasi pemerintahan daerah adalah suatu keharusan yang tidak bisa dihindari.

Advertisement
scroll kebawah untuk lihat konten

“Pesisir Selatan merupakan salah satu kabupaten yang menunjukkan kemajuan pesat di bidang digital atau elektronik,” ujar Syafrudin. Menurutnya, seluruh transaksi belanja Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Pesisir Selatan telah dilakukan secara digital. “Beberapa tahun terakhir, semua pengeluaran dan pendapatan sudah dilakukan secara non tunai,” tambahnya.

Syafrudin juga menyatakan bahwa digitalisasi penerimaan atau pendapatan daerah terus dikembangkan. “Akhirnya, nanti semua penerimaan atau pendapatan daerah akan diberlakukan secara digital,” jelas Syafrudin, alumni Magister Perencanaan Pembangunan Universitas Andalas.

Kepala Dinas Kominfo Pesisir Selatan, Wendi, menambahkan bahwa pada tahun 2023, indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Kabupaten Pesisir Selatan mencapai 4,17, menempati peringkat ke-11 nasional di tingkat kabupaten. “Alhamdulillah, berkat komitmen bupati dan segenap pimpinan OPD Pemkab Pessel, kami berhasil mendukung digitalisasi,” tutur Wendi.

Wendi menjelaskan bahwa SPBE merupakan amanat Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018. Sejak itu, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan bertekad membangun SPBE yang unggul. “Indeks SPBE kami awalnya cukup, yaitu 2,59, dan bertahap meningkat menjadi baik (3,34), kemudian 3,48 pada 2022, dan mencapai 4,17 pada 2023, yang dinilai sangat baik,” urai Wendi.

Ia memprediksi bahwa indeks SPBE Pesisir Selatan pada tahun 2024 akan meningkat menjadi memuaskan. “Kami optimis dengan upaya dan komitmen yang kuat, Pesisir Selatan akan terus menjadi pionir dalam digitalisasi pemerintahan,” tutupnya.(BsC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *