Scroll untuk baca artikel
BeritaHeadline

Ribuan Jamaah Padati Masjid Agung Dharmasraya untuk Sholat Idul Adha 1445 H

36
×

Ribuan Jamaah Padati Masjid Agung Dharmasraya untuk Sholat Idul Adha 1445 H

Sebarkan artikel ini

DHARMASRAYA, JAYA POS – Ribuan jamaah memadati Masjid Agung Dharmasraya pada 17 Juni 2024, untuk melaksanakan Shalat Idul Adha 1445 H. Acara yang diorganisir oleh Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat, berlangsung di Masjid Agung Gunung Medan, Kecamatan Sitiung.

Imam Shalat Idul Adha kali ini adalah Ustad Dolizal Putra, seorang qori nasional asal Dharmasraya yang juga imam tetap Masjid Agung. Bertindak sebagai khatib adalah Ustad Asrizal Mochtar, Ketua Bidang Ekonomi Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Barat.

Sebelum shalat dimulai, Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, menyampaikan sambutan di hadapan para jamaah. Sebagai Ketua Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi), ia mengajak masyarakat untuk meneladani ketaatan, kesabaran, dan ketaqwaan keluarga Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS.

“Belanja online yang tidak terkendali rentan menimbulkan konflik rumah tangga,” ujar Sutan Riska, menyoroti kecenderungan masyarakat yang konsumtif. Ia juga menyinggung masalah kecanduan judi online yang mulai menjangkiti kaum laki-laki, yang berdampak negatif pada peran mereka sebagai kepala keluarga.

Sutan Riska mengajak umat Islam untuk meningkatkan hubungan dengan Allah (hablum minallah) dan dengan sesama manusia (hablum minannas), dengan melaksanakan kewajiban agama, menjauhi larangan, dan memperbaiki hubungan sosial.

Dalam khutbahnya, Ustad Asrizal Mukhtar menguraikan kekuatan dan keteguhan keluarga Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS dalam menaati perintah Allah SWT. “Mereka sangat patuh dan taat kepada perintah Allah, meskipun putra semata wayangnya diperintahkan untuk disembelih melalui mimpi,” ujarnya.

Ustad Asrizal menjelaskan bahwa keikhlasan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail dalam menjalankan perintah Allah berbuah pada penggantian sembelihan dengan seekor kibas oleh Allah. “Semoga kisah ini memotivasi kita untuk meningkatkan keimanan, ketaqwaan, dan pengorbanan dalam pengertian yang luas,” tutupnya.

Turut hadir dalam acara ini Ketua DPRD Dharmasraya, Pariyanto, Kapolres Dharmasraya, AKBP Bagus Ikhwan, Ketua Pengadilan Agama Dharmasraya, M Rifai, Ketua Pengadilan Negeri Dharmasraya, Diana Dewiyani, Sekda H. Adlisman, Ketua TP-PKK Dharmasraya, Ny. Dewi Sutan Riska, dan sejumlah kepala OPD.(BsC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *