Scroll untuk baca artikel
BeritaNusantara

Bupati Pessel Diapresiasi: Normalisasi Sungai Bayang Sani Akhiri Banjir 70 Tahun

19
×

Bupati Pessel Diapresiasi: Normalisasi Sungai Bayang Sani Akhiri Banjir 70 Tahun

Sebarkan artikel ini

PESISIR SELATAN, JAYA POS – Tokoh masyarakat Koto Barapak, Kecamatan Bayang, menyampaikan apresiasi terhadap Bupati Pesisir Selatan (Pessel), Rusma Yul Anwar, yang mengalokasikan anggaran untuk normalisasi Batang Bayang Sani, sungai yang selama puluhan tahun menjadi sumber banjir.

Hal ini diungkapkan oleh Khairizal, seorang tokoh masyarakat Nagari Koto Barapak, saat menerima kunjungan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Baiturrahmah di lokasi normalisasi pada Selasa, Juli 2024.

“Kegiatan yang berlangsung saat ini merupakan normalisasi Bayang Sani yang sumber pembiayaannya dari APBD atas kebijakan Bupati Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat,” jelas Khairizal.

Khairizal menjelaskan bahwa normalisasi Bayang Sani yang dilakukan tahun ini sangat mendesak. Menurutnya, sudah lebih dari 70 tahun sungai tersebut tidak pernah dikeruk.

“Sepengetahuan saya, sudah lebih 70 tahun sungai Bayang Sani ini tidak pernah dilakukan normalisasi. Jadi wajar selama ini air tidak terarah dan memicu terjadinya banjir,” terangnya.

Adam, warga setempat, juga menyampaikan hal yang sama. Menurutnya, normalisasi Bayang Sani akan membantu mengarahkan aliran sungai yang selama ini mengalami pendangkalan dan kerap menyebabkan banjir saat hujan.

“Sejak terjadi pendangkalan tersebut, kampung kami sering dilanda banjir saat hujan. Bahkan, hujan di hulu pun bisa memicu banjir,” jelas Adam. “Kami sangat berterima kasih kepada pemerintah kabupaten, khususnya Bapak Bupati yang telah menanggapi permohonan kami.”

Khairizal juga menyampaikan terima kasih kepada Wali Nagari Koto Barapak yang gigih menyampaikan keluhan masyarakat kepada Bupati. Ia berharap kegiatan normalisasi ini dapat membantu pencegahan banjir yang selama ini menghantui warga Koto Barapak.

“Atas kegigihan kami bersama mendatangi Bupati, Alhamdulillah permintaan ini dikabulkan. Mudah-mudahan kegiatan ini berjalan lancar,” ujarnya.(BsC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *