Scroll untuk baca artikel
BeritaHeadlineMetro

Jokowi Resmikan Rakernas APKASI: Dorong Sinergi Pusat-Daerah, Bangkitkan Ekonomi Lokal

27
×

Jokowi Resmikan Rakernas APKASI: Dorong Sinergi Pusat-Daerah, Bangkitkan Ekonomi Lokal

Sebarkan artikel ini

JAKARTA, JAYA POS – Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka Rapat Kerja Nasional XVI APKASI Tahun 2024, APKASI Otonomi Expo 2024, dan APKASI Procurement Network 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (10/07/24). Acara yang strategis ini dihadiri oleh menteri-menteri, bupati-bupati dari seluruh Indonesia, dan sejumlah undangan lainnya. Tujuan utama kegiatan ini adalah mendorong sinergi antara kebijakan pusat dan daerah serta mempromosikan produk unggulan dari berbagai daerah.

Ketua Umum APKASI, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, menyampaikan apresiasi kepada Presiden Jokowi atas perhatian dan dukungannya terhadap APKASI. Dalam sambutannya, Sutan Riska menegaskan bahwa Rakernas APKASI 2024 bertujuan untuk mengevaluasi program kerja organisasi dan menyusun rekomendasi strategis bagi pemerintah. Selain itu, APKASI Otonomi Expo 2024 berfokus pada promosi produk daerah dan peluang investasi, sementara APKASI Procurement Network 2024 bertujuan untuk meningkatkan serapan anggaran melalui belanja barang dan jasa pemerintah.

Selama dua periode kepemimpinan Presiden Jokowi, berbagai kebijakan dan reformasi signifikan telah diterapkan, termasuk penyederhanaan birokrasi, digitalisasi layanan publik, dan pembangunan infrastruktur yang masif. Proyek-proyek strategis nasional seperti jalan tol, bandara, dan pelabuhan telah meningkatkan konektivitas antarwilayah dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang signifikan.

Presiden Jokowi dalam pidatonya mengingatkan berbagai tantangan global yang dihadapi, mulai dari krisis kesehatan hingga fluktuasi harga. Meski demikian, Indonesia berhasil mencatat pertumbuhan ekonomi sebesar 5,11 persen pada kuartal pertama 2024. Jokowi juga menekankan pentingnya inovasi dan adaptasi dalam pemerintahan daerah untuk meningkatkan daya saing global. Ia mengajak para kepala daerah untuk mengembangkan potensi lokal di berbagai sektor, termasuk pangan, energi, industri, teknologi, dan pariwisata.

Sebagai penghargaan atas kontribusinya dalam pemerataan pembangunan, APKASI menganugerahkan medali kepada Presiden Jokowi sebagai “Bapak Pemerataan Pembangunan Daerah.” Presiden juga mengajak daerah untuk mengemas potensi wisata alam Indonesia dengan lebih baik, mencontoh kesuksesan negara lain dalam menarik wisatawan berkualitas tanpa mengorbankan kelestarian alam dan kearifan lokal.

Acara ini diharapkan menjadi momentum bagi daerah untuk bangkit dan menggerakkan perekonomian lokal melalui sinergi yang kuat antara pemerintah pusat dan daerah. Dengan upaya bersama, Indonesia dapat mencapai tujuan besar menuju Indonesia Emas 2045.(BsC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *