Scroll untuk baca artikel
BeritaNusantara

Dorong Produktivitas dan Kurangi Pencemaran: Petani Pesisir Selatan Diminta Beralih ke Pupuk Organik

17
×

Dorong Produktivitas dan Kurangi Pencemaran: Petani Pesisir Selatan Diminta Beralih ke Pupuk Organik

Sebarkan artikel ini

PESISIR SELATAN, JAYA POS – Untuk meningkatkan kualitas kesuburan lahan dan mengurangi pencemaran lingkungan, masyarakat petani diimbau untuk mulai menggunakan pupuk organik. Hal ini disampaikan oleh Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kecamatan Ranah Ampek Hulu (Rahul) Tapan Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat, Selasa 09 Juli 2024.

Suraida menjelaskan bahwa penggunaan pupuk organik dalam jangka panjang dapat meningkatkan produktivitas lahan dan mencegah degradasi tanah. “Untuk mencapai harapan tersebut, tahun ini kami kembali menyalurkan bantuan pupuk organik kepada Kelompok Tani (Keltan) Talang Balarik III, Nagari Talang Balarik, Kecamatan Rahul Tapan,” katanya.

Penyaluran bantuan pupuk organik ini dilakukan oleh Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Rahul Tapan. Selain penyaluran, sosialisasi mengenai manfaat pupuk organik juga diberikan kepada petani.

“Pupuk organik berasal dari materi-materi makhluk hidup seperti pelapukan sisa-sisa tanaman, hewan, dan manusia. Pupuk ini mengandung banyak bahan organik dibanding kadar haranya,” tambah Suraida.

Ia berharap agar Kelompok Tani Talang Balarik III dapat menggunakan pupuk organik sesuai dengan petunjuk yang telah disampaikan di lapangan. Dengan demikian, diharapkan produktivitas pertanian dapat meningkat dan lingkungan terjaga dari pencemaran yang disebabkan oleh penggunaan pupuk kimia.(BsC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *