Scroll untuk baca artikel
NusantaraTNI & Polri

Kapolres Pimpin Apel “Gelar Pasukan Operasi Lilin Singgalang 2022

62
×

Kapolres Pimpin Apel “Gelar Pasukan Operasi Lilin Singgalang 2022

Sebarkan artikel ini

DHARMASRAYA JAYA POS – Kapolres Dharmasraya AKBP Nurhadiansyah S.I.K menjadi Inspektur pada Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Singgalang 2022, di halaman Kantor Bupati Dharmasraya, Kamis 23 desember 2022.

Sementara itu, Kapolres Dharmasraya AKBP Nurhadiansyah S.I.K dengan sambutannya membacakan amanat dari Kapolri,  bahwa Operasi Lilin 2022 yang diselenggarakan oleh Polri ini dilaksanakan secara serentak di seluruh jajaran Polri, mulai dari tingkat Mabes Polri hingga kesatuan yang ada di wilayah.

Advertisement
scroll kebawah untuk lihat konten

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, juga  mengucapkan terimakasih dan  apresiasi setinggi-tingginya, kepada seluruh pihak yang  telah mengikuti apel gelar pasukan Operasi Lilin 2022, yang  merupakan bentuk  pengecekan akhir kesiapan personel maupun  sarana prasarana diharapkan  pengamanan dapat terselenggara secara optimal dan  sinergi, sehingga perayaan Natal 2022 serta Tahun  Baru 2023 (Nataru) mampu berjalan dengan kondusif. Mengingat pertumbuhan Covid-19 sudah terkendali sehingga pemerintah memberikan pelonggaran berbagai aktivitas masyarakat dan menetapkan seluruh wilayah berada pada PPKM Level 1.

Adapun alhasil survei dari Kemenhub, bahwa diperkirakan meningkatnya mobilitas penduduk, akan ada 44,17 juta orang melakukan pergerakan pada Nataru tahun ini. Oleh sebab itu, Polri dengan dukungan TNI, K/L, Pemerintah Daerah, Mitra Kamtibmas serta stakeholder terkait menggelar Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi Operasi Lilin 2022 selama 11 hari, mulai 23 Desember 2022 s.d. 2 Januari 2023, serta dilanjutkan dengan KRYD mulai 3 Januari s.d. 9 Januari 2023.

Operasi Lilin 2022 terdiri dari total 166.322 personel gabungan yang ditempatkan pada 1.845 pos pengamanan, 695 pos pelayanan dan 89 pos terpadu, guna mengamankan 52.636 objek pengamanan.

Pada pengamanan Nataru, terdapat berbagai potensi gangguan yang harus diwaspadai.

Perketat izin kegiatan keramaian dengan melakukan asesmen, bekerjasama dengan penyelenggara dan stakeholder terkait, terutama kegiatan-kegiatan yang melibatkan massa dalam jumlah besar

Dalam kesempatan ini, Kapolres AKBP NURHADIANSYAH juga menambahkan pelaksanaan operasi lilin Singgalang 2022, dengan  mengedepankan Tindakan  preemtif dan preventif serta humanis. Kapolres  menegaskan  personel operasi lilin Singgalang 2022 diharapkan mampu menjamin kenyamanan dan keamanan masyarakat sepanjang libur Natal dan tahun baru,  Penegakan hukum secara tegas dan profesional, serta menghimbau tetap menerapkan protokol kesehatan, sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman

Guna mengantisipasi kemungkinan hal buruk,  sekecil apapun, Kapolres   meminta pada seluruh personel untuk memetakan  potensi kerawanan di masing-masing wilayah dan menentukan cara bertindak yang tepat.

Demi Pengamana NATARU  di wilayah hukum Polres Dharmasraya telah didirikan 2 Pospam  yaitu pospamPulau Punjung dan  Pospam Sungai Rumbai. Untuk  pengamanan Rumah Ibadah dipusatkan  di Rumah buk trisula Lubis di kecamatan Pulau Punjung, Rumah pak Jaiman kecamatan Sitiung, gedung serba guna HKBP, rumah pendeta Naibaho, Rumah Singgah Katolik kecamatan, mes Pabrik PT. Incasi Raya kecamatan Sungai Rumbai dan rumah Pendeta leonardo di kecamatan Koto Besar. (BsC)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *