Scroll untuk baca artikel
Nusantara

LKPP Saksikan, Penandatanganan Kerjasama Proyek Peningkatan Infrastruktur PJU  Melalui skema KPBU

85
×

LKPP Saksikan, Penandatanganan Kerjasama Proyek Peningkatan Infrastruktur PJU  Melalui skema KPBU

Sebarkan artikel ini

DHARMASRAYA ,JAYA POS – Bupati Dharmasraya, Sutan Riska melaksanakan penandatangan perjanjian kerjasama proyek peningkatan infrastruktur penerangan jalan umum melalui skema Kerjasama antara Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) , di gedung Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang / Jasa Pemerintah (LKPP), Jakarta, Selasa (19/09/2023).

Penandatangan ini melibatkan PT. Dharmasraya Kilau Abadi selaku badan usaha pelaksana, serta turut disaksikan Kepala LKPP, diwakili Direktur Pengembangan strategi dan Kebijakan pengadaan khusus, Shahandra Hanitiyo.

Advertisement
scroll kebawah untuk lihat konten

Dalam sambutannya, Sutan Riska mengemukakan, dengan jumlah penduduk yang terus bertambah dan sebaran lokasi yang begitu luas, infrastruktur untuk 3 mobilitas dan keamanan menjadi sangat penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Dijelaskan, infrastruktur jalan adalah salah satu yang sedang di genjot oleh pemerintah pusat dan daerah di wilayah Kabupaten Dharmasraya. Kondisi jalan yang baik harus diberi penerangan yang layak sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Namun demikian untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan penganggaran pendanaan yang relatif besar, sedangkan kemampuan daerah dan pusat sangat terbatas. Maka peran swasta sangat dibutuhkan untuk pendanaan pembangunan di daerah melalui skema KPBU,” katanya.

Ketua Umum Apkasi itu menerangkan, dengan PJU yang tersedia nanti akan menjadikan Dharmasraya terang dan aktivitas berkendara atau pengguna jalan lainnya akan lebih nyaman meskipun pada malam hari, mobilitas masyarakat akan lebih tinggi dan akan mendorong pertumbuhan ekonomi Dharmasraya.

“Dengan PJU ini, tidak hanya pertumbuhan ekonomi masyarakat Dharmasraya. Anggaran pemerintah secara relatif juga dapat ditekan pengeluarannya,” harapnya

Kemudian, berdasarkan studi kelayakan pemrakarsa, jenis lampu yang ditawarkan mencapai efisiensi 72%, hal tersebut dapat menghemat pengeluaran daerah melalui Pajak Penerangan Jalan

“Dengan nilai yang akan dikeluarkan pemerintah tersebut, pemerintah Dharmasraya menerima layanan penerangan jalan dari BUP sesuai dengan Perjanjian Kerjasama. BUP yang akan mengoperasikan PJU dan pada akhir masa kontrak/konsesi, seluruh aset, teknologi atau hal-hal lainnya akan diserahkan kepada pemerintah daerah sesuai dengan Perjanjian yang akan segera ditandatangani,” lanjutnya.

Sutan Riska berharap proyek KPBU Kabupaten Dharmasraya ini dapat menjadi pilot projek yang dapat ditiru dan dilaksanakan di daerah lainnya, sebagai alternatif pembiayaan infrastruktur.

Di akhir sambutannya Sutan Riska tak lupa kami ucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang selama ini, mendampingi membantu, membimbing, memfasilitasi pemerintah daerah Kabupaten Dharmasraya, yakni Kemendagri, Bappenas, Kemenkeu, LKPP, Kementerian ESDM, Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal BKPM, Pemda Provinsi Sumatera Barat, direktur Adlight, Konsultan Hukum, teknis dan ekonomi/keuangan, dan berbagai pihak lainnya.

“Pemerintah Daerah dan BUP agar sama-sama menjaga komitmen untuk melaksanakan Perjanjian kerjasama yang telah ditandatangani. Sehingga manfaat yang diterima oleh masyarakat atas ketersediaan layanan penerangan jalan umum di Kabupaten Dharmasraya dapat dirasakan secara maksimal,” tutupnya.(BsC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *