Scroll untuk baca artikel
BeritaHeadline

Sutan Riska Kukuhkan Panitia MTQ ke-XII Tingkat Kabupaten Dharmasraya

12
×

Sutan Riska Kukuhkan Panitia MTQ ke-XII Tingkat Kabupaten Dharmasraya

Sebarkan artikel ini

DHARMASRAYA, JAYA POS – Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Adlisman, mengukuhkan Panitia Penyelenggara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-XII tingkat Kabupaten Dharmasraya. Acara ini berlangsung di halaman Kantor Camat Sungai Rumbai, Kabupaten Dharmasraya, Provinsi Sumatera Barat, pada Rabu, 15 Mei 2024.

Pengukuhan tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, termasuk Staf Ahli Bupati, Kepala Perangkat Daerah, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dharmasraya, Ketua MUI Kabupaten Dharmasraya, para camat, serta undangan lainnya.

Advertisement
scroll kebawah untuk lihat konten

Dalam amanat tertulis yang dibacakan oleh Sekda, Sutan Riska menegaskan bahwa MTQ adalah ajang untuk memperkenalkan keindahan Al-Qur’an kepada masyarakat, terutama generasi muda. MTQ diharapkan dapat meningkatkan persaudaraan dan menjadi energi kolektif dalam pembangunan sumber daya manusia yang beriman dan bertaqwa di Kabupaten Dharmasraya.

“MTQ bukan sekadar ajang formalitas atau mengejar prestasi, tetapi momentum untuk menyebarkan dan mengamalkan isi Al-Qur’an,” ungkapnya.

MTQ tingkat Kabupaten Dharmasraya bertujuan untuk meningkatkan kualitas peserta yang akan berlaga di tingkat selanjutnya. Selain tilawah, berbagai cabang lomba seperti Syarhil Qur’an, tartil, dan hifzil Qur’an turut diperlombakan.

Sutan Riska berharap agar panitia yang telah dikukuhkan dapat bekerja dengan ikhlas dan integritas tinggi. “Jika dilakukan dengan keikhlasan, apa yang kita harapkan akan tercapai dan mendapat balasan dari Allah,” ujarnya.

MTQ tingkat Kabupaten Dharmasraya ke-XII akan dilaksanakan di Kecamatan Sungai Rumbai dari tanggal 25 hingga 28 Juni 2024, dengan peserta dari 11 kecamatan se-Kabupaten Dharmasraya.

Sekda Adlisman juga mengingatkan bahwa MTQ harus menjadi sarana untuk memperkuat ukhuwah islamiyah di Kabupaten Dharmasraya dan menghindari persaingan tidak sehat serta isu negatif yang dapat memecah belah masyarakat. “Juara bukanlah tujuan utama. Yang terpenting adalah bagaimana nilai-nilai Al-Qur’an diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari,” tegasnya.

Dengan ribuan anggota kafilah yang akan berpartisipasi, pelaksanaan MTQ ini diharapkan dapat memperkuat nilai-nilai keagamaan dan etika di tengah masyarakat Dharmasraya. (BsC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *