Scroll untuk baca artikel
BeritaNusantara

Bupati Hadiri Penilaian Lomba Gerakan PKK Tingkat Provinsi Sumbar 2024

19
×

Bupati Hadiri Penilaian Lomba Gerakan PKK Tingkat Provinsi Sumbar 2024

Sebarkan artikel ini

DHARMASRAYA, JAYA POS – Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Kabupaten Dharmasraya, Lasmita, mewakili Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan, menghadiri dan memberikan sambutan dalam Kegiatan Penilaian Lomba Gerakan PKK Tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2024. Acara ini berlangsung di Nagari Tebing Tinggi, Kecamatan Pulau Punjung, pada Kamis (30/05/2024).

Acara tersebut turut dihadiri oleh Ketua TP PKK Kabupaten Dharmasraya Dewi Sutan Riska, Kepala Dinas PMD Hasto Kuncoro, sejumlah Kepala OPD, Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Barat, Tim Penilai Lomba Gerakan PKK Provinsi, serta undangan lainnya.

Advertisement
scroll kebawah untuk lihat konten

Dalam sambutannya, Lasmita menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam persiapan penilaian, khususnya keluarga besar TP PKK Kabupaten Dharmasraya, Wali Nagari Tebing Tinggi, serta Ketua TP PKK Nagari Tebing Tinggi beserta jajarannya. Ia menekankan pentingnya kerjasama, koordinasi, dan komunikasi yang baik antar semua unsur TP PKK, baik di tingkat kabupaten, kecamatan, maupun nagari.

“Ini adalah hasil dari kerjasama yang baik. Terus pupuk dan jalin hal-hal positif yang telah berjalan, sehingga TP PKK Kabupaten Dharmasraya dapat terus berkiprah dan memberikan yang terbaik bagi Kabupaten Dharmasraya,” ujar Lasmita.

Lasmita juga menyoroti peran strategis Tim Penggerak PKK sebagai mitra kerja pemerintah dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat. Menurutnya, PKK yang berhubungan langsung dengan keluarga memiliki peran penting dalam membina dan memaksimalkan potensi keluarga sebagai fondasi awal dan modal dasar pembangunan.

“Keluarga adalah lingkungan sosial pertama dalam kehidupan manusia, dan dari keluargalah diharapkan lahir generasi penerus bangsa yang dapat meneruskan tongkat estafet pembangunan, khususnya di Kabupaten Dharmasraya,” tambahnya.

Ia menjelaskan bahwa pembangunan di Kabupaten Dharmasraya saat ini menitikberatkan pada keterlibatan masyarakat dalam proses perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pembangunan. Melalui gerakan PKK dengan program-program pokoknya, berbagai kegiatan produktif dan inovatif diharapkan dapat terwujud.

Ketua TP PKK Dharmasraya, Dewi Sutan Riska, dalam kesempatan tersebut juga menekankan pentingnya gerakan PKK dalam pemberdayaan masyarakat. Menurutnya, pemberdayaan dimulai dari diri sendiri, keluarga, hingga masyarakat, yang pada akhirnya memberikan kontribusi signifikan dalam pembangunan berkelanjutan.

“Penilaian ini menjadi momen silaturahmi sekaligus evaluasi pelaksanaan program-program PKK. Tidak hanya mengejar predikat juara, tetapi yang lebih penting adalah realisasi dari 10 program PKK untuk mewujudkan keluarga sejahtera sebagai unit terkecil dari masyarakat,” kata Dewi.

Ia juga mengajak semua pihak untuk kembali membudayakan gotong royong di tengah masyarakat, sehingga pemerintah dan masyarakat dapat saling bahu-membahu untuk mewujudkan Kabupaten Dharmasraya yang maju, mandiri, dan berbudaya.(BsC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *