TNI Bantu Korban Luapan Air Sungai Taler Di Kelurahan Papakelan Kecamatan Tondano Timur

MINAHASA , JAYAPOS – Masih dalam situasiWabah Covid-19  bencana alam  kembali disebabkan Kondisi Cuaca tidak menentu yang melanda Provinsi Sulawesi Utara khususnya Kabupaten Minahasa saat ini,

Hal tersebut mengakibatkan  6 ( Enam ) Unit Rumah Warga yang berada di Wilayah Kelurahan Papakelan Kecamatan Tondano Timur Kabupaten Minahasa pada Jumat (24/04/2020) pukul 15.05 wita, terkena luapan Air dari Sungai Taler akibat intensitas Hujan yang cukup tinggi sehingga ke 6 Unit Rumah Warga tersebut tergenang Air.

Saat berita ini diturunkan, Babinsa ( Bintara Pembina Desa  Komando Rayon Militer ( Koramil ) 1302-01/Tondano Serda, Muhammad Lazim pada saat kejadian menceritakan bahwa, berita kebanjiran yang menimpa Wilayah Binaannya tersebut, pertama kali diperolehnya dari Palak ( Kepala Lingkungan )-V Kelurahan Papakelan Alex Poluan ( 64 ).

Muhammad Lazim saat di konfirmasi Media Center Kodim mengatakan, “Saat Saya tiba dilokasi kejadian, luapan Air yang menggenangi Wilayah Binaan Saya saat itu sudah mencapai tinggi kurang lebih 100 cm dan sudah melanda pada 4 ( Empat ) Lingkungan yaitu Lingkungan 1,2,3 dan 5, “Jelasnya.

Kepada wartawan M. Lazim menyampaikan, “Melihat akan kondisi saat itu, Saya langsung berusaha membantu Warga yang terdampak Banjir tersebut, dengan membawa mereka ketempat yang lebih aman untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, “tambahnya.

Lebih lanjut Serda Lazim menjelaskan, “Untuk penyebab luapan air sungai tersebut, akibat guaca yang tidak menentu saat ini ditambah dengan Intensitas hujan yang cukup tinggi serta masih kurangnya kesadaran warga untuk tidak membuang sampah sembarangan khususnya kedalam sungai, sehingga sungai yang berada di Kelurahan Papakelan tersebut tidak mampu mengalir dengan baik sehingga meluap dan menggenangi beberapa rumah Warga, “ucapnya.

“Untungnya, setelah menjelang sore, luapan air yang menggenangi rumah warga di Kelurahan Papakelan tersebut, lambat laun menjadi surut, dan dari kejadian itu, saya bersama Aparat Kelurahan kembali menghimbau kepada seluruh Warga agar tidak membuang sampah secara sembarangan, serta selalu menjaga kebersihan dilingkungan masing-masing, sehingga kejadian ini tidak terulang kembali, ” pungkasnya. ( Udin ).

 

 

 119 total views,  1 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *