Warga Desa Talang Sungai Parit Kecamatan Rakit Kulim Serahkan Buaya ke Polsek Kelayang

  • Bagikan

INHU, JAYAPOS – Warga Desa Talang Sungai Parit Kecamatan Rakit Kulim Kabupaten Indragiri Hulu Riau (Inhu) Provinsi Riau, Selasa (28/4/2020) digegerkan dengan penampakan seekor buaya sungai di aliran parit wilayah desa mereka.

Buaya jenis Sinyunong atau buaya Julung sepanjang hampir 3 meter dan berat hampir 50 kg tersebut ditangkap warga saat buaya itu naik ke permukaan sebuah parit sekunder tempat pemandian warga di areal PTPN V Kebun Talang Sungai Parit, Kecamatan Rakit Kulim. Kemudian Buaya remaja ini diserahkan ke Mapolsek Kelayang dan selanjutnya pihak Polsek Kelayang menyerahkannya ke BKSDA Wilayah I Rengat Kabupaten Inhu.

Hal ini disampaikan Kapolsek Kelayang AKP Rinaldi Parlindungan SH, Rabu (28/4/2020). Menurutnya, buaya itu diserahkan warga dan diterima oleh anggotanya, Selasa (27/4/2020) sekira pukul 15.00 Wib di Desa Talang Sungai Parit, dan kemudian diserahkan ke BKSDA Wilayah I Rengat.

“Ya, buaya jenis Sinyunong berkelamin betina, tangkapan warga ini telah kita serahkan ke BKSDA Wilayah I Rengat, Selasa (27/4/2020) sekira pukul 17.00 Wib,” katanya.

Kepada warga Kapolsek menyampaikan terima kasih kepada warga karena sudah menangkap satwa yang dilindungi dan kooperatif menyerahkan ke Mapolsek,” ujarnya.

Dijelaskan, buaya itu ditangkap warga saat naik ke daratan tepi parit sekunder ketika saat itu hujan. “Takut ada korban jiwa, warga menangkapnya dan selanjutnya menyerahkan ke kami,” katanya lagi.

Pihaknya menghimbau agar warga berhati-hati saat beraktifitas di sekitar lokasi ditemukannya buaya. “Bahkan jika perlu jangan beraktifitas dulu di sekitar lokasi,” ucapnya.(JHS)

 175 total views,  2 views today

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *