UPTD Perikanan Kecamatan Kertasemaya Lakukan Pemeriksaan Penyakit Ikan

  • Bagikan
Ket Poto : Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Perikanan melakukan pemeriksaan terhadap penyakit Ikan Gurame di Desa Kertasemaya, Kecamatan Kertasemaya, Kabupaten Indramayu

INDRAMAYU,JAYA POS – Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Perikanan  Kecamatan Kertasemaya Kabupaten Indramayu melakukan pemeriksaan terhadap  penyakit Ikan Gurame di Desa Kertasemaya, Kecamatan Kertasemaya, Kabupaten Indramayu, Rabu (2/3/2022).

Camat Kertasemaya Ade Sukma menyampaikan, atas nama masyarakat Kertasemaya dan pelaku budidaya Ikan Gurame yang berada di Desa Kertasemaya menyambut baik atas perhatian Pemerintah Kabupaten Indramayu yang terus peduli kepada para pelaku budidaya ikan.

“Pastinya masyarakat kami sangat antusias untuk mendukung program dari UPTD Perikanan agar budi daya ikan di wilayah kami bisa berkembang dan produksi ikan bisa meningkat  juga,” terangnya

Menurutnya, pelaku budidaya ikan di Kecamatan Kertasemaya cukup banyak dengan memanfaatkan kolam-kolam atau kali mati seperti di wilayah Desa Kertasemaya, Desa Kliwed, dan Desa Sukawera.

“Kalau kita hitung tidak terlalu banyak, mereka mampu memanfaatkan kolam-kolam dan kali mati. Kalau binaan ada 6 kelompok, 1 kelompok terdiri dari 10 orang mulai dari budidaya ikan lele, nila, dan gurame, sedangkan yang perorangan sekitar 100 orang,”ungkapnya.

Ade berharap, dengan adanya  perhatian pemerintah daerah dalam memberikan pembinaan dan pemberdayaan kepada pelaku budidaya ikan di Kecamatan Kertasemaya ini, dapat berbuah hasil positif dan mengulang kembali sejarah seperti halnya di Desa Sukawera sempat menjadi Icon Desa Penghasil Lele.

“Harapannya bisa berkembang lagi seperti dulu, namun sekarang sudah pudar karena banyak yang beralih usaha lain,” terangnya.

Terlebih ungkap Camat Ade, wilayah Kecamatan Kertasemaya menjadi wilayah pemasok Ikan Gurame, sehingga dengan geografis Indramayu yang sekarang ini upaya peningkatan budidaya ikan gurame dapat meningkat dan berkembang.

“Sekarang adanya budidaya ikan gurame ini mudah-mudahan cocok dengan kondisi geografis Indramayu, sehingga bisa berkembang dan menjadi pemasok ikan gurame. Kita berharap juga kedepan bisa bekerjasama dengan para pelaku ekonomi lain degan memanfaatkan kreatifitas masyarakat, seperti di Desa Kliwed sudah ada produksi berbagai macam olahan dari Ikan Lele,” pungkasnya (Red)

 282 total views,  2 views today

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *