Scroll untuk baca artikel
Nasional

MTQ XI Tingkat Kabupaten 2022 Akan Digelar

61
×

MTQ XI Tingkat Kabupaten 2022 Akan Digelar

Sebarkan artikel ini

DHARMASRAYA, JAYA POS – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke XI Tingkat Kabupaten Dharmasraya akan digelar pada 17 sampai 19 November 2022.

Perlombaan Musabaqah Tilawatil Qur’an tingkat Kabupaten Dharmasraya tepatnya diadakan di Kecamatan Padang Laweh ini mengangkat tema “Qurani Membumi, Generasi Berbudaya” yang mana acara Seremoni pembukaan tersebut akan digelar di mimbar utama tepatnya di lapangan Sepak Bola Nagari Sopan Jaya, Kecamatan Padang Laweh pada hari Senin 17 November 2022.

Advertisement
scroll kebawah untuk lihat konten

Pelaksanaan MTQ yang sebelumnya sempat tertunda selama dua tahun ini karena Covid-19, terus dipersiapkan oleh panitia bersama pemerintahan Kecamatan Padang Laweh sebagai tuan rumah, mulai dari kesiapan sarana atau lokasi lomba, hingga persiapan susunan acara yang sampai hari ini terus dimatangkan panitia.

Sekretaris Daerah Kabupaten Dharmasraya, Adlisman, melalui Kepala Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat (Kesra), Sarbaini, di ruang kerjanya menyampaikan, sesuai arahan Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan, gelaran MTQ tahun ini harus lebih sukses dari penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, serta membawa pengaruh positif bagi masyarakat Kabupaten Dharmasraya.

“Instruksi Bupati, seluruh OPD, camat, dan masyarakat Dharmasraya harus dapat mensukseskan MTQ tahun ini, sesuai peran kerjanya masing-masing, ” kata Sarbaini, Rabu (19/10/2022)

Dijelaskan Sarbaini, MTQ XI ini ada 10 Cabang yang akan dilombakan, yakni; 1. Cabang Tilawah yang terdiri dari empat golongan, TK, Anak-anak, Remaja, dan Dewasa.

2. Cabang Tartil terdiri Tartil Dasar, Tartil Menengah, dan Umum.

3. Tahfidz Quran terdiri dari, Golongan 10 Juz, Golongan 20 Juz, Golongan 30 Juz, Golongan 1 dan 5 Juz, Tilawah Golongan 1 dan 5 Juz Non Tilawah.

4. Fahmil Qur’an,

5. Khattil Quran yang terdiri dari Golongan Naskah, Golongan Hiasan Mushaf, Golongan Dekorasi, dan Golongan Kontemporer.

6. Khutbah Jumat dan Adzan.

7. Musabaqah Syahril Qur’an (MSQ)

8. Kitab Standar.

9. Bintang Qosidah yang terdiri Golongan Anak-anak, Golongan Remaja, dan Golongan Dewasa, dan

10. Cabang lomba Karya Tulis Ilmiah Al-Quran (PTIQ)

“Sedangkan untuk Dewan Hakim sebanyak 50 orang yang terdiri dari, dewan hakim Kabupaten sebanyak 35 orang, dan dewan hakim Provinsi sebanyak 15 orang. Sementara untuk susunan acara dan lokasi lomba dalam persiapan panitia,” ucap Sarbaini.

Sarbaini menyampaikan bahwa MTQ XI tersebut akan diikuti oleh 11 kafilah kecamatan se Kabupaten Dharmasraya. Berdasarkan data sementara, tidak kurang dari 1000 orang peserta dan official akan ambil bagian memperebutkan posisi terbaik di setiap kategori lomba.

Selain itu, untuk semaraknya penyelenggaraan MTQ kali ini, juga akan didukung pameran UMKM yang diselenggarakan Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil, Menengah, dan Perdagangan (Kumperda), dan Bazar sembako murah Dinas Pertanian Kabupaten Dharmasraya (Basrul Chaniago)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *