Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
MetroPolitik

Agung Laksono: Golkar Tinggal Cari Cawapres Pendamping Airlangga

4
×

Agung Laksono: Golkar Tinggal Cari Cawapres Pendamping Airlangga

Sebarkan artikel ini
Example 468x60

JAKARTA, JAYA POS – Ketua Dewan Pakar Partai Golkar DR Dr H R Agung Laksono menegaskan, Golkar tinggal mencari calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto yang akan maju calon presiden (capres) pada Pemilu 2024. Namun demikian, Golkar harus berbicara dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dalam mencari cawapres pendamping Airlangga. KIB merupakan koalisi tiga partai politik yakni Partai Golkar, PAN, dan PPP.

“Betul sudah bulat (dorong Airlangga capres). Nanti dengan siapa pasangannya kan tentu harus bicara dengan KIB,” ujarnya dalam percakapan di Kompleks Polonia tempat tinggalnya, Sabtu (4/2/2023).

Example 300x600

Ketua DPR RI 2004-2009 ini  menjelaskan, Airlangga saat ini sedang menyiapkan langkah-langkah yang tepat untuk mencapai kriteria capres-cawapres pilihan KIB.

Untuk capres, Golkar sudah sepakat akan mengusung kader terbaik, yakni Airlangga. “Partai sudah memutuskan bahwa ada yang diusung dari kadernya sendiri, yang terbaik. Tapi tentu tidak bisa sendiri, harus dengan bentuk pasangan, dalam hal ini perlu koalisi. Kami sudah memiliki KIB,” tutur Agung Laksono.

Ia meminta semua pihak memberi waktu kepada Airlangga terkait pencapresan 2024. Agung pun yakin Airlangga sudah tahu persis langkah-langkah yang harus dilakukan, termasuk ke mana harus berkonsultasi dan berkomunikasi. “Beliau tetap melakukan komunikasi yang intens sambil menyerap aspirasi masyarakat,” tambah alumni Fakultas Kedokteran UKI ini yang hari itu diundang di rumah kediamannya.

Agung yang juga Ketua Majelis Kosgoro 1957 salah satu dari tiga organisasi kemasyarakatan pendiri Partai Golkar, yakin Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) sebentar lagi akan mendeklarasikan capres dan cawapres untuk Pilpres 2024. Pasalnya, partai-partai lain seperti PKB hingga Nasdem menyatakan segera mendeklarasikan capres-cawapres koalisi mereka masing-masing sebelum bulan puasa tahun ini.

“Oh tentu ada (deklarasi) pada waktunya, yang tidak terlalu lama. Saya percaya dalam tahun ini akan ada keputusan, karena memang tahun ini harus ada pendaftaran,” ujarnya.

Ia kemudian menekankan, internal Partai Golkar sudah sepakat mendorong Airlangga Hartarto menjadi Capres dari KIB. Kini, mereka sedang mencari pasangan yang paling tepat untuk mendampingi Airlangga.

“Betul, sudah bulat (dukung Airlangga). Nanti dengan siapa pasangannya, kan tentu harus bicara dengan KIB,” kata Agung Laksono yang juga Dewan Pertimbangan Presiden RI.

Dikatakan, Airlangga Hartarto kini Menko Perekonomian, akan melakukan langkah-langkah yang tepat demi tercapainya harapan bersama KIB. “Beliau sedang mempersiapkan dan melakukan langkah-langkah yang tepat dalam menuju apa yang menjadi harapan kami bersama, yaitu tercapainya sepasang capres-cawapres,” ungkap Agung lagi. (AR)

Example 300250
Example 120x600