Scroll untuk baca artikel
Nasional

Pesta Pilwana Berlangsung Sukses, Bupati Berikan Hak Pilih

61
×

Pesta Pilwana Berlangsung Sukses, Bupati Berikan Hak Pilih

Sebarkan artikel ini

DHARMASRAYA JAYA POS – Pemilihan Wali Nagari Secara serentak di Kabupaten Dharmasraya berjalan dengan sukses tanpa ada kendala. Kelangsungan Pesta demokrasi tingkat Kenagarian itu berlangsung pada hari kamis 20 oktober 2022 dan diikuti dari sejumlah 127 orang calon dari 43 Nagari.

Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, beserta istri, Ny. Dewi Lopita Sari memberikan hak pilihnya di TPS Nagari Sungai Rumbai.

Advertisement
scroll kebawah untuk lihat konten

Dalam pemilihan pemimpin di tingkat pemerintahan terujung itu, rata-rata partisipasi masyarakat dalam mengikuti pemilihan mencapai 70 persen.

Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, selesai mempergunakan hak pilihnya bersama istri tercinta Ny Puti Intan Dewi Lopita Sari di Kenagarian Sungai Rumbai, langsung melakukan monitoring dengan berkeliling dari nagari ke Nagari. Hal ini, dalam rangka memastikan, pelaksanaan pemilihan berjalan dengan aman dan tertib.

Walaupun Pemerintah Kabupaten Dharmasraya telah membentuk Tim Monitoring ditugaskan di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) tersebar di 11 se-Kabupaten Dharmasraya. Walaupun dalam hematnya tidak ada kendala, namun tetap waspada.

Menurut Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku kerajaan dalam harapan ketika itu “Semoga seluruh pemimpin terpilih memiliki kualitas dan dapat berkolaborasi dengan kepala daerah untuk menjadikan Dharmasraya lebih baik” ungkapnya.

Ia juga mengajak kepada seluruh calon dan pendukung, baik terpilih maupun tidak, agar menerima hasil pemilihan dengan kepala dingin. Agar kontestasi Pilwana tidak menimbulkan perpecahan di tengah masyarakat.

“Bagi pemenang jangan melakukan euphoria berlebihan, sedangkan bagi peserta belum beruntung, terima hasil penghitungan dengan lapang dada. Apabila merasa ada kemungkinan pelanggaran dalam penyelenggaraan. Ikuti saja mekanisme aturan yang jelas dan benar,” tambahnya lagi.

Adapun hasil pemilihan Pilwana serentak menyebar di 11 Kecamatan se-Kabupaten Dharmasraya, di Kecamatan Pulau Punjung pemilihan Wali Nagari Sungai Dareh diungguli oleh Irwadi, ST dengan perolehan suara 2.090, mengungguli calon Incumbent Hendrianto, S. E., mengumpulkan suara sebanyak 1.232. Selanjutnya M Taufik, memperoleh suara sebanyak 1.237.

Sementara itu, Nagari Tebing tinggi diungguli oleh Sepriandy. S. Kom., dengan perolehan suara 1.277, Kenagarian Sikabau diungguli oleh Abdul Razak dengan perolehan suara sebanyak 2.137. Nagari IV Koto Pulau Punjung diraih oleh David Iskan perolehan suara sebanyak 1.369. Nagari Sungai Kambuh, diraih oleh Adrian Ambri dengan total suara 2.290. Kenagarian Gunung Selasih di ungguli Harison Panglimo Putiah, dengan perolehan suara 1.712.

Di Kecamatan IX Koto, Kenagarian Silago diungguli Muhammad Ramli dengan perolehan suara 593. Nagari Lubuk Karang diungguli oleh Apridoni Nasar, 317 suara. Nagari Koto Nan Ampek Dibawah didapatkan oleh Mukhlis Dt Rajo Sampono dengan perolehan suara 1.376, sedangkan Kenagarian Banai dipercaya oleh masyarakat setempat kepada H. Irmandes. S. Pdi, dengan perolehan suara 993.

Kecamatan Sitiung, Kenagarian Sungai Duo masih tetap dipercayakan kepada Ali Amran dengan perolehan suara 2.999. Di Kecamatan Sitiung juga di menangkan Incumbent, Julisman dengan perolehan suara 2.490.

Kecamatan Koto Baru, Kenagarian Koto Padang diraih oleh Zainal Arifin dengan perolehan suara 1.461, Nagari Ampang Kuranji dipercayakan kepada Nobon dengan perolehan suara 886. Siang Gaung diraih oleh Aris Gunawan, mendulang suara sebanyak 1.722. Nagari Koto Baru di dapatkan oleh Ns Anggun Saputra SKep, dengan meraih suara sebanyak 3.154.

Kecamatan Sungai Rumbai, adapun Kenagarian Kurnia Koto Salak didapatkan oleh Takwan. S. Pt, perolehan suara 1.185. Kenagarian Sungai Rumbai diraih oleh Sutan Riska, dengan perolehan suara 2.347. Kenagarian Sungai Rumbai Timur, di raih oleh Arisman Bagindo Sutan, SSos, perolehan suara 1.172.

Kecamatan Timpeh, Kenagarian Taratak Tinggi didapatkan oleh Debita Darni Sumarja, perolehan suara sebanyak 1.577, Nagari Tabek didapatkan Hermanto, perolehan suara sebanyak 1.161. Nagari Panyubarangan diraih oleh Bakrie dengan perolehan suara sebanyak 889. Nagari Ranah Palabi di ungguli Viko Andesta Putra perolehan suara 491, dan Kenagarian Timpeh didapatkan oleh Febri Gusneli Yunus, dengan perolehan suara 284.

Kecamatan Koto Salak, Kenagarian Ampalu didapatkan oleh Fahmi Akbari, NR, SH dengan perolehan suara sebanyak 765, Nagari Padukuan diraih oleh Sice SSos dengan perolehan suara 1.736. Kenagarian Pulau Mainan didapatkan oleh Asrizal Ricelin Dt Tipak Rajo, dengan perolehan suara sebanyak 1.111. Kenagarian Simalidu akan dipimpin oleh Saleh dengan perolehan suara 1.034, sedangkan Kenagarian Koto Salak diungguli oleh Afriwandi SHi dengan perolehan suara 1.520.

Kecamatan Tiumang, Kenagarian Sungai Langkok di menangkan oleh Syaiful SE peroleh suara sebanyak 1.079. Nagari Koto Beringin diungguli oleh Suherman SH, perolehan suara 725. Nagari Tiumang didapatkan Zulkifli. S. Ag., dengan perolehan suara sebanyak 1.542.

Kecamatan Padang Laweh, Kenagarian Muaro Sopan diraih oleh Andri Ogi, SPd, dengan perolehan suara sebanyak 424. Kenagarian Sopan Jaya, dimenangkan ST Riza Arianda. S. Tp., dengan perolehan suara sebanyak 679. Dan Kenagarian Padang Laweh di dapatkan oleh NS Fahrul Rozi. SKep, dengan perolehan suara sebanyak 434.

Kecamatan Asam Jujuhan, kenagarian Alahan Nan Tigo di dapatkan oleh Ismet Suhendro, mendapatkan suara sebanyak 811., Nagari Lubuk Besar diraih oleh Burhanuddin, perolehan suara sebanyak 426., Nagari Tanjung Alam dimenangkan NS. M Hefi Suryadi, S Kep, dengan mendapatkan suara 290. Nagari Sinamar diungguli oleh Desi Irawan. SE dengan perolehan suara sebanyak 481.

“Kecamatan Koto Besar, Nagari Koto Tinggi dimenangkan Hendri dengan Perolehan suara 655, Nagari Koto Gadang dipercayakan kepada Mesra Weni, dengan perolehan suara sebanyak 1050. Nagari Bonjol, diungguli oleh Walkasri dengan perolehan suara 1020. Terakhir, Kenagarian Koto Laweh, didapatkan Didik Roby Cahyadi. A. Md, dengan memperoleh suara sebanyak 1.430,” jelasnya. (Basrul Chaniago)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *