Scroll untuk baca artikel
Nusantara

Dharmasraya Menerima Satya Lencana Wira Karya Di Ajang Penas 2023 Dari Presiden RI

45
×

Dharmasraya Menerima Satya Lencana Wira Karya Di Ajang Penas 2023 Dari Presiden RI

Sebarkan artikel ini

DHARMASRAYA, JAYA POS – Kerja yang terukur dan terstruktur dapat menghasilkan produk berkualitas dan berpotensi dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan pada sektor Pertanian mulai hulu hingga hilir, dengan hasil kiranya dapat dirasakan para peserta dari Kabupaten Dharmasraya yang mengikuti acara Pekan Nasional Tani, dan Nelayan Indonesia (Penas Tani) dan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke XVI tahun 2023 di Area Lapangan Udara (Lanud) Sutan Syahrir Padang, Sumatera Barat, Sabtu (10/06/2023).

Stand pameran produk pertanian pemkab Dharmasraya mendapatkan apresiasi dari Presiden Joko Widodo, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi sebagai stand berkategori dengan dengan jumlah pengunjung terbanyak.

Advertisement
scroll kebawah untuk lihat konten

Banyaknya peserta Penas Tani XVI yang berkunjung ke Stand Pemkab Dharmasraya yang baru dibuka dua hari lalu, diyakini karena penasaran melihat jejeran buah berukuran super. Dimana buah Durian Montong yang berukuran besar dengan berat kurang lebih 10 kg itu menjadi primadona di acara Penas Tani , demikian juga dengan Nanas Kursel juga memiliki ukuran super melebihi ukuran Nenas pada umumnya. Selain itu ada buah lengkeng Kursel, Salak Pondoh Dharmasraya, Jeruk Manis Siguntur, serta produk olahan Kelompok Wanita Tani (KWT) seperti keripik tempe, rendang paku, aneka kerupuk, serta pisang sale menambah warna pada acara tersebut.

Tidak hanya itu, yang tak kalah menariknya dari stand Pemkab Dharmasraya adanya produk jadi dari olahan buah kelapa sawit seperti minyak, sabun, dan coklat yang menambahkan rasa penasaran pengunjung.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Dharmasraya Darisman, S.Si, MM, saat berada di acara Penas Tani XVI Minggu (11/06/2023) menyampaikan, Pemkab Dharmasraya sukses menerima hadiah Satya Lencana Wira Karya dari Presiden RI di acara yang dihadiri ribuan peserta dari kabupaten dan kota se Indonesia itu.

”Alhamdulillah, Kabupaten Dharmasraya hari ini Sabtu tanggal 08 Juni 2023, baru saja menerima hadiah Satya Lencana Wira Karya Dari Presiden RI yang diberikan Menteri Pertanian Syahril Yasin Limpo di acara ajang Penas Tani XVI ini. Lencana tersebut diberikan kepada kita untuk kategori stand dengan jumlah pengunjung terbanyak,”ucap Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Dharmasraya itu.

Kadis Pertanian Darisman menambahkan,” Satya Lencana Wira Karya dari Presiden RI ini merupakan satu-satunya lencana yang diberikan kepada ASN atas nama saudari Wesi Arlen selaku Penyuluh Pertanian Ahli Pertama Dinas Pertanian (PPPK) Kabupaten Dharmasraya yang telah berperan aktif dalam bidang pertanian melalui penerapan teknologi penanaman padi dengan metode Tanam Sabatang (PTS), Teknologi Lado -21 (lingkungan akar dioksidasi 21 hari), Pendampingan Kegiatan Desa Mandiri Benih dan pengembangan budidaya padi M70D, serta pembinaan kelompok tani di tiga wilayah binaan yakni nagari Siguntur, Sitiung dan Nagari Sikabau sehingga meningkatkan kesejahteraan petani Kabupaten Dharmasaraya,” ungkap Kadis Pertanian Darisman menjelaskan.

Tentu saja Satya Lencana Wira Karya ini menjadi deretan prestasi yang berhasil diperoleh Dinas Pertanian Kabupaten Dharmasraya tentunya hal ini turut mengharumkan nama Kabupaten di Penas Tani ke XVI ini yang disaksikan ribuan peserta dari kabupaten dan kota seluruh Indonesia. Dengan adanya acara Penas Tani ini, banyak sisi positif yang bisa kami dapatkan salah satunya adalah ilmu pengetahuan yang bisa kami terapkan juga di tempat kita, jelas Darisman. (BsC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *