Scroll untuk baca artikel
BeritaHeadline

Pemkab Dharmasraya Gelar Apel Gabungan untuk Awal Bulan Februari 2024

18
×

Pemkab Dharmasraya Gelar Apel Gabungan untuk Awal Bulan Februari 2024

Sebarkan artikel ini

DHARMASRAYA, JAYA POS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dharmasraya menggelar Apel Gabungan di halaman kantor bupati setempat, Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya Provinsi Sumatera Barat. Senin, (05/02/2024).

Dalam sambutan Pemimpin Apel Gabungan, Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, mengucapkan selamat dan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat, terutama kepada Sekda Dharmasraya, Adlisman, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan pejabat atau petugas penyusun Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Daerah (LPPD) di masing-masing OPD.

Advertisement
scroll kebawah untuk lihat konten

Bupati menyampaikan keberhasilan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah pada tahun 2022 yang dilaporkan melalui LPPD Kabupaten Dharmasraya tahun 2022, yang telah mendapat peringkat 9 nasional. Dalam harapan Bupati, capaian tersebut dapat dipertahankan dan kinerja bisa lebih baik lagi ke depannya.

Saat ini, pada awal bulan Februari 2024, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Dharmasraya tahun 2024 sudah disahkan menjadi peraturan daerah. Bupati mengajak seluruh pihak untuk memanfaatkan dan mengoptimalkan penggunaan anggaran tersebut agar manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat.

Selanjutnya, Bupati menekankan pentingnya persiapan pelaporan dan program penyusunan seperti Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ), LPPD, laporan Penerapan Standar Pelayanan Minimal (SPM), Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP), dan laporan keuangan oleh seluruh OPD. Khususnya, OPD pelaksana SPM diminta untuk menerapkan SPM secara efektif pada tahun 2024 dengan target capaian 100 persen.

Bupati juga menyampaikan pentingnya inovasi dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, serta penghargaan penilaian inovasi oleh Kementerian Dalam Negeri yakni Innovative Government Award (IGA). Pemkab Dharmasraya telah mengembangkan inovasi layanan administrasi kependudukan di tingkat nagari melalui Inovasi Si Gading Emas, yang memungkinkan warga nagari untuk mengurus berbagai dokumen kependudukan secara cepat dan mudah tanpa harus melakukan perjalanan jauh ke Pulau Punjung.

Pada kesempatan tersebut, Bupati juga memberikan penghargaan kepada OPD yang berprestasi selama tahun 2024.(BsC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *