Scroll untuk baca artikel
BeritaHeadline

Forum Koordinasi RAD-PG Gelar Rapat Koordinasi Tingkatkan Ketahanan Pangan Dan Gizi

78
×

Forum Koordinasi RAD-PG Gelar Rapat Koordinasi Tingkatkan Ketahanan Pangan Dan Gizi

Sebarkan artikel ini

PESISIR SELATAN, JAYA POS – Forum Koordinasi Rencana Aksi Daerah Pangan dan Gizi (RAD-PG) mengadakan rapat koordinasi di Gedung Aula Bapedalitbang Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat Selasa 27 Februari 2024.

Pembentukan forum ini merupakan implementasi dari ketentuan Pasal 63 ayat 3 Undang-Undang Nomor 18 tentang Pangan.

Advertisement
scroll kebawah untuk lihat konten

Kepala Bapedalitbang, Hadi Susilo, S.STP, M.Si., yang diwakili oleh Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan, Suryatmono. S.Si, menyampaikan hal tersebut dalam pembukaan acara. “Forum RAD-PG ini terdiri dari Forum Pengarah dan Forum Teknis yang akan menyelaraskan perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, evaluasi, serta pengendalian terkait program dan kegiatan pangan dan gizi,” ujarnya.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Pemkab Pessel, Mimi Rianty Zainul, S.E., dalam arahannya mengatakan bahwa melalui Forum RAD-PG, diharapkan dapat meningkatkan koordinasi secara terpadu untuk menjaga ketahanan pangan dan pemenuhan gizi masyarakat. “RAD-PG disusun dengan berorientasi pada ketahanan pangan dan gizi hingga ke tingkat rumah tangga melalui penguatan di empat aspek ketahanan pangan dan gizi, yaitu aspek ketersediaan, keterjangkauan, pemanfaatan, kelembagaan sistem pangan, dan gizi,” jelasnya.

Pihaknya juga menekankan bahwa RAD-PG perlu menyusun kebijakan dan langkah terpadu yang selaras dengan kebijakan pembangunan nasional, disesuaikan dengan kondisi wilayah, serta mengedepankan aspek keterpaduan dan keberlanjutan dalam pelaksanaannya.

RAD-PG Kabupaten Pesisir Selatan perlu disusun mengacu pada Rencana Aksi Nasional Pangan dan Gizi (RAN-PG) serta RAD-PG Provinsi Sumatera Barat, dengan melibatkan Forum Koordinasi yang dibentuk oleh Bupati.(BsC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *